10 Tips Memasak Kentang Mustofa yang Kriuk dan Tahan Lama

10 Tips Memasak Kentang Mustofa yang Kriuk dan Tahan Lama

Seruni.id – Kering kentang atau sering disebut kentang mustofa sangat cocok dimakan bersama nasi hangat. Irisan kecil kentang ini jadi favorit banyak orang, selain rasanya yang enak dan renyah kentang mustofa juga lebih tahan lama.

10 Tips Memasak Kentang Mustofa yang Kriuk dan Tahan Lama

Memasak kentang mustofa ini sebenarnya sangat mudah, tetapi tak sedikit orang yang gagal ketike membuatnya. Hasilnya tak renyah, menggumpal, matangnya tidak merata, atau ukurannya yang tidak seragam. Nah, agar kering kentang buatanmu terasa nikmat dan renyah, yuk simak beberapa cara membuat kentang mustofa tidak melempem berikut ini.

1. Pemilihan Kentang

Untuk membuat kentang mustofa yang renyah dan anti gagal, pastikan kamu memilih kentang yang tepat, ya. Pilihlah kentang yang sudah tua dengan seluruh bagiannya masih mulus dan segar. Hindari kentang yang masih muda, apalagi jika ada bagian yang terlihat membusuk. Karena ini hanya akan membuat olahan kentang menjadi kurang enak.

2. Kupas Kentang

Setelah pemilihan kentang selesai, jangan lupa untuk mengupas kulit kentang hingga bersih, ya. Jika sudah, kamu bisa langsung mengirisnya seperti batang korek api. Pastikan ukuran dan ketebalannya sama, agar matangnya pun merata. Tapi, kalau kamu ingin yang lebih simpel, kamu bisa memanfaatkan parutan keju.

3. Rendam Potongan Kentang

Tentunya kamu ingin menghasilkan kentang mustofa yang renyah dan tahan lama, ‘kan? Jadi, sebelum mengolahnya lebih lanjut, kentang harus lebih dulu direndam dengan air dingin yang telah dicampurkan bersama kapur sirih. Kemudian biarkan kentang di dalam air tersebut selama kurang lebih 30 menit.

4. Cuci Kentang Sebanyak 7 Kali

Setelah selesai direndam, kemudian kentang harus dibilas. Namun, membilasnya tidak bisa asal-asalan, ya. Pastikan kamu telah mencuci kentang selama 7 kali. Cara ini dilakukan agar saat membuat kentang mustofa, kentang tersebut tidak menggumpal ketika digoreng dan getah pada kentangnya pun hilang. Kalau sudah dicuci, jangan lupa meniriskannya hingga benar-benar kering.

5. Gunakan Minyak Cukup Banyak

Rahasia kentang mustofa yang kriuk salah satu terdapat pada minyak goreng. Jika kamu menggunakan minyak dengan takaran yang cukup banyak, maka kentang pun akan lebih renyah daripada hanya menggunakan sedikit minyak. Pastikan juga minyak sudah mendidih saat memasukkan kentang.

6. Jangan Terlalu Sering Mengaduknya

Banyak orang yang berpikir, sering mengaduk kentang saat digoreng adalah salah satu cara agar tidak hangus alias gosong. Padahal, cara ini hanya akan membuat kentang hancur dan matangnya tidak merata, loh. Jadi, hindarilah terlalu sering mengaduk kentang, tapi jika sesekali tidak masalah.

7. Segera Angkat Kentang

Ketika potongan kentang sudah mengapung dan kekuningan, itu tandanya kentang sudah matang. Segeralah angkat agar tidak gosong, tiriskan minyak sampai tuntas, agar nantinya kentang mustofa tidak lembek.

8. Hindari Penggunaan Bawang Merah

Saat membuat kentang mustofa, sebaiknya hindarilah bawang merah ke dalam bumbu halus, ya. Karena jika kamu menambahkan, hanya akan membuat kentang lembak dan warnanya menjadi tidak menarik.

9. Masukkan Kentang dengan Waktu yang Tepat

Agar tidak gagal saat memasak kentang mustofa, pastikan kamu memasukkan potongan kentang di waktu yang pas. Karena kalau terlalu awal, bisa membuat kentang melempem alias lembek. Begitu pun ketika telat, hanya akan membuat kentang matang tidak merata.

10. Tambahkan Kacang Tanah Goreng

Ingin teksturnya lebih nikmat? Kamu bisa menambahkan kacang tanah goreng atau ikan teri medan yang digoreng garing. Dijamin kering kentang buatanmu akan lebih crunchy dan sedap.

Itulah beberapa tips memasak kering kentang yang dijamin bakal renyah tahan lama. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.