Hati-hati, Ini 8 Akibat Bermain Handphone Sebelum Tidur

  • Bagikan
Hati-hati, Ini 8 Akibat Bermain Handphone Sebelum Tidur
today.line.me

Seruni.id – Penggunaan handphone atau ponsel saat ini seolah sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang sulit dilepaskan dari genggaman. Bahkan, banyak dari kita yang sering kali bermain handphone sebelum tidur. Meski demikian, ketergantungan ini dapat berdampak buruk pada tubuh, loh.

Hati-hati, Ini 8 Akibat Bermain Handphone Sebelum Tidur
suara.com

Salah satu bagian tubuh yang dapat terkena dampak buruk ini adalah mata. Kebiasaan ini dapat merusak retina, apalagi jika dilakukan sebelum tidur. Selain menyebabkan masalah pada mata, bermain handphone sebelum tidur juga bisa berdampak pada kesehatan lainnya seperti:

1. Kualitas Tidur Menjadi Terganggu

Dampak negatif main HP sebelum tidur yang pertama adalah dapat menganggu kualitas tidur. Ketika bermain handphone sebelum tidur, mata akan sulit untuk terpejam, sehingga waktu tidur pun akan berubah, apalagi jika hal ini dilakukan secara berulang setiap harinya. Siklus tidur akan menjadi kacau dan kegiatan yang akan dilakukan esok hari menjadi terganggu.

Bukan hanya itu saja, bermain handphone sebelum tidur juga berdampak pada suasana hati, loh. Di mana kamu akan sulit mengontrol emosi karena rasa lelah. Untuk mengantur kembali waktu tidur menjadi lebih baik, sebaiknya kurangi penggunaan HP sebelum tidur secara perlahan, hingga akhirnya kamu terbiasa tidak bermain handphone saat hendak tidur.

2. Menyebabkan Depresi dan Gangguan Bipolar

Bermain handphone sebelum tidur dapat menyebabkan depresi dan gangguan bipolar. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang melibatkan ribuan siswa. Dari hasil penelitian tersebut menemukan adanya hubungan antara penggunaan ponsel menjelang tidur dengan penurunan adaptasi lingkungan di kemudian hari. Penurunan kesehatan mental dapat terjadi apabila main handphone ketika hendak tidur, seperti mood depresi dan penurunan harga diri.

3. Menurunnya Hormon Melatonin

Hormon melatonin berperan penting dalam membantu kita untuk tertidur. Selain itu, hormon tersebut juga memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, bermain handphone dengan cahaya blue light yang menyinari mata dapat menyebabkan kita sulit terlelap, hal ini karena hormon tersebut menurun.

Jika ingin bermain ponsel, sebaiknya gunakanlah ‘mode malam’ untuk mengurangi efek blue light. Dengan menggunakan mode tersebut akan membuat matamu beristirahat sehingga kamu dapat merasakan kantuk lebih cepat.

4. Kesehatan Mata Menurun

Seperti yang kita tahu, terlalu sering menatap layar handphone dapat berdampak buruk pada kesehatan mata, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini lantaran pancaran blue light alias sinar biru yang dapat menyebabkan kerusakan retina, berupa degenerasi macular.

Jika kebiasaan ini masih terus dilakukan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan. Kendati demikian, belum ada penelitian yang dapat memastikan berapa lama reaksi sinar biru dari ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada mata, tapi sangat dianjurkan untuk membatasi penggunaannya di malam hari.

5. Menyebabkan Perasaan Was-was

Tanpa kita sadari, bermain handphone sebelum tidur dapat menyebabkan perasaan was-was yang berlebih. Mengapa demikian? Mungkin saja kita tidak sadar, bahwa tubuh akan selalu terjaga untuk melihat kondisi ponsel sehingga perlahan akan menimbulkan perasaan was-was jika harus melepasnya dari genggaman. Hal ini juga yang membuat kamu sulit untuk tidur, hingga akhirnya kualitas tidur menjadi kurang baik.

6. Meningkatkan Risiko Kanker

Dampak buruk lainnya dari bermain ponsel menjelang tidur adalah meningkatnya risiko untuk terkena kanker. Hal ini karena meletonin adalah antioksidan kuat yang sangat penting untuk kemampuan tubuh seseorang melawan kanker secara alami. Namun, ketika produksi hormon melatonin menurun, risiko terkena kanker menjadi naik.

Terganggunya hormon tersebut pada satu malam memang tidak memberikan efek yang parah. Namun, kalau hal ini dilakukan secara berulang, maka risiko terjadinya pun akan besar dan signifikan. Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan menurunnya fungsi kekebalan tubuh.

7. Otak Menjadi Lelah

Otak akan mudah lelah ketika kamu memiliki kebiasaan bermain handphone sebelum tidur. Hal ini lantaran durasi waktu tidur menjadi berkurang. Alhasil, aktivitas di keesokan harinya akan terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

8. Obesitas

Bermain handphone sebelum tidur, bisa memicu rasa lapar yang berlebih. Hal ini karena  hormon di dalam tubuh yang secara otomatis memberikan dorongan untuk makan. Apabila kebiasaan ini dilakukan terus menerus, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur, sehingga dapat mengakibatkan obesitas.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan dengan Smartphone

Itulah sejumlah dampak akibat bermain handphone sebelum tidur. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka mulai sekarang batasilah penggunaan ponsel pada malam hari, terutama sebelum tidur.

  • Bagikan
seruni.id