Hendak Membeli Sepeda Lipat? Perhatikan 8 Tips Ini Yuk!

Hendak Membeli Sepeda Lipat? Perhatikan 8 Tips Ini Yuk!
artikel.rumah123.com

Seruni.id – Hobi persepeda nampaknya sedang populer saat ini. Salah satu jenis yang paling simpel dan banyak dicari adalah sepeda lipat. Selain praktis di bawa ke mana-mana, sepeda ini juga memiliki desain stylish yang bisa menunjang penampilanmu saat gowes bersama teman.

Hendak Membeli Sepeda Lipat? Perhatikan 8 Tips Ini Yuk!
pegipegi.com

Apakah kamu tertarik untuk membelinya? Kalau iya, kamu bisa simak dulu beberapa tips penting saat memilih sepeda lipat, jangan sampai salah, ya!

1. Pilih Berdasarnkan Tipe dan Sesuai dengan Kebutuhanmu

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tipenya. Pada dasarnya sepeda llipat lebih efisein dan praktis untuk dibawa ke mana-mana. Namun, yang menjadi pembeda antara sepeda biasa adalah tipenya. Ada yang bertipe city tour atau pun sepeda lipat gunung. Ada diferensiasi tipe antara brand lokal, indie, maupun yang sudah terkenal.

Untuk sepeda yang memiliki diferensiasi utama dari segi brand, umumnya sepeda lipat dari brand terkenal memiliki desain yang lebih menarik dan komponen utama yang lebih berkualitas dan kuat. Tapi, kamu tak perlu pusing memikirkan hal tersebut. Sebab, setiap brand memiliki keunikan tersendiri. Tinggal kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu.

2. Perhatikan Kualitas Spare Part-nya

Selain itu, jangan lupa mengecek kualitas dari bahan spare-part yang ada pada sepeda tersebut. Kamu harus memerhatikan, apakah bahannya kokoh atau tidak. Contohnya pada merek Brompton. Wajar saja jika sepeda ini dibanderol dengan harga mahal, karena bahannya saja titanium yang kokoh namun tetap ringan. Perhatikan juga bagian-bagian penting seperti bagian transmisi gear type, electric- assisted, compact model, dan lain-lain.

3. Perhitungkan Massa Jenis atau Bear Sepeda Lipat

Sepeda yang terlalu berat akan mengurangi efisiensi dan kepraktisan sepeda itu sendiri. Sebab, pada umumnya sepeda lipat dikenal memiliki efisiensi dan lebih praktis dari sepeda lainnya. Pilihlah sepeda dengan massa jenis total antara 10 hingga 20 kg. Usahakan tidak terlalu berat dan pastikan sesuai dengan tenagamu, agar beban berat bisa kamu bawa ke mana-mana. Semakin ringan sepeda maka akan semakin nyaman digunakan. Dengan begitu, membawa sepeda ke mana pun kamu pergi akan terasa lebih mudah dan praktis.

4. Perhatikan Ukuran Ban

Sepeda lipat memiliki ukuran ban yang bervariasi, mulai dari yang sangat kecil hingga sedang. Nah, ini juga harus dipertimbangkan sebelum membeli, ya. Biasanya sepeda lipat memiliki ukuran ban sekitar 15 – 26 inci. Semakin kecil ukurannya, maka akan semakin ringan pulat berat sepedanya. Akan tetapi, ukuran ban yang terlalu kecil dapat membuatmu menjadi tidak nyaman saat mengendarainya. Jadi, penting untuk mencoba berbagai dimensi ukuran sepeda lipat yang sesuai dengan kenyamanmu.

5. Perhatikan Cara Melipatnya

Berbeda tipe dan brand sepeda biasanya berbeda pula cara melipatnya. Namun yang pasti, setiap sepeda lipat memiliki komponen untuk lipatan di bagian kerangka utama dan stang sepeda. Ada pula sepeda yang hampir semua komponennya bisa dilipat-lipat. Memang, akan semakin mudah di bawa ke mana-mana jika dilipat hingga bentuk terkecilnya. Namun, semakin banyak komponen yang perlu dilipat akan semakin ribet bagi kamu, kan?

6. Sesuaikan Harga dengan Budget yang Dimiliki

Kalau kamu ingin memiliki sepeda dengan kualitas baik dan harga terjangkau, maka tak perlu ragu untuk menanyakan kekurangan dan kelebihan sepeda yang kamu inginkan. Namun, jika kamu memang memiliki budget yang cukup besar untuk membeli sepeda lipat dari brand ternama, maka tidak ada salahnya juga, kok untuk membeli sepeda lipat yang kamu inginkan tersebut. Namun, pastikan pula kamu juga memiliki budget untuk membeli perlengkapan kebutuhan sepeda lainnya, seperti helm yang berkualitas, bel sepeda, celana khusus sepeda hingga masker yang juga berkualitas.

7. Lakukan Pengecekan Ekstra pada Sepeda Lipat Second

Kalau budgetmu tidak cukup untuk membeli sepeda baru, kamu bisa kok membeli yang second alias bekas. Nah, tips-tips di atas harus kamu cek secara ekstra. Jangan sampai sepeda yang kamu beli tidak bertahan lama, karena terlalu banyak kerusakan di dalamnya.

8. Beli Jadi atau Rakit Sendiri

Bagi kamu yang masih pemula di dunia persepedaan, sebaiknya belilah sepeda yang sudah jadi. Selain dari segi harga yang jauh lebih murah, membeli sepeda yang sudah jadi akan menghemat waktumu karena tidka perlu merakit. Berbeda jika kamu termasuk yang sudah ahli dalam sepeda lipat. Membeli sepeda per komponen dan merakitnya sendiri akan menjadi hal yang memuaskan, karena kamu bisa memilih sesuai dengan spesifikasi yang kamu inginkan.

Baca Juga: 6 Tips Agar Olahraga Bersepeda Menjadi Berpahala

Nah, itulah delapan tips dalam memilih sepeda yang harus kamu jadikan bahan pertimbangan utama sebelum benar-benar membelinya. Sudah yakin untuk membeli sepeda model lipat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.