20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis

  • Bagikan
20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
rumahterkini.com

Seruni.id – Memilih warna cat ruang tamu ternyata tidak bisa sembarangan, loh. Sebab, ruangan tersebut menjadi tempat penting untuk menerima tamu atau sekadar kumpul dan bersenda gurau bersama keluarga. Terlebih bagi kalian yang memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas. Karena sulitnya mendesain ruang tamu yang sempit, sehingga tak sedikit orang yang mengeluhkan akan hal ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena keluhan tersebut dapat teratasi dengan cara memadukan warna cat ruang tamu.

Artinya pemilihan warna cat ruang tamu dan perpaduan yang tepat dapat menciptakan ruang tamu yang tampak luas dan sejuk. Nah, apa saja pilihan warna cat ruang tamu dan perpaduan warna yang tepat untuk menciptakannya? Yuk simak pilihan warna cat ruang tamu berikut ini:

1. Putih

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis

Salah satu rekomendasi warna cat ruang tamu yang sejuk adalah putih. Warna yang melambangkan kesucian ini kerap dipilih oleh banyak orang, karena ternyata selain menyejukan, warna putih dapat memberikan kesan ruangan lebih luas, terang, rapi, dan bersih. Oleh karena itu, untuk membuat ruang tamu yang sempit, kamu bisa mengaplikasikan warna putih pada ruang tamu di rumahmu.

Apalagi, warna putih ini merupakan warna yang netral, sehingga sangat cocok jika dipadukan dengan furniture apa pun di rumahmu. Keuntungan lainnya kalau kamu memilih warna putih untuk ruang tamu, kamu bisa mendekorasi dinding ruang tamu dengan hiasan unik, seperti ukiran dinding atau lukisan.

2. Hijau Toska

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis

Memilih warna hijau toska atau turqoise sebagai warna cat ruang tamu akan menciptakan kehangatan dan kenyamanan saat berkumpul. Jangan lupa berikan aksen cat dengan teknik pewarnaan satu atau dua dinding dengan warna berbeda dan lebih menonjol daripada warna lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan ilusi luas pada ruang tamu.

3. Biru Navy

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis

Kalau kamu ingin menciptakan suasana ruang tamu bernuansa maskulin dan industrial, cobalah pilih warna cat ruang tamu biru navy. Warna ini tidak terlalu gelap dan mampu memantulkan cahaya natural, sehingga akan menciptakan ruang tamu yang sempurna. Tidak hanya itu, warna cat ruang tamu yang satu ini memberikan kedalaman tersendiri, yakni memberikan efek tiga dimensi di ruang tamu. Bagi kamu yang mengoleksi pajangan dinding berwarna terang, dengan menerapkan warna navy akan lebih menonjolkan warna hiasan dinding.

4. Kuning

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis

Sebagian orang mungkin tidak menyukai ruang tamu berwarna kuning. Sebab, warna kuning memberikan kesan yang menyilaukan dan kurang menarik. Namun sebenarnya, warna kuning ini bisa memberikan ilusi ruangan tampak lebih luas, loh. Selain itu juga bisa menyegarkan pikiran dan menumbuhkan semangat bagi penghuninya. Kamu bisa mencoba mengecat dinding ruang tamu di rumah dengan warna kuning dan turunannya, seperti kuning terang, kuning lemon, atau kuning muda. Namun, disarankan memadukan dengan furniture berwarna lebih gelap, misalnya hijau daun, merah maroon, dan cokelat tua.

5. Beige

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis

Warna cat ruang tamu yang sejuk berikutnya ada warna beige atau lebih dikenal dengan krem. Warna ini merupakan salah satu warna netral yang kerap dipilih oleh desainer interior untuk membangun ruangan bergaya retro dan shabby chic. Beige memberikan kesan yang lembut, sehingga cocok untuk interior shabby chic dan retro yang mengandalkan furniture antik, usang, dan lusuh. Sekilas memang tampak seperti kapur di dinding, tapi tidak terlalu mencolok untuk dijadikan ruangan bersantai atau menjamu tamu. Apalagi, warna ini dengan mudah dipadukan dengan warna lainnya, baik itu tua maupun muda.

6. Merah Muda Pastel

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
id.pinterst.com

Untuk kamu yang suka warna-warna pastel, warna merah muda yang satu ini seperti cocok untuk dijadikan sebagai pilihan. Warna cat ruang tamu yang satu ini terkesan netral dan akan berperan sebagai background sempurna untuk pajangan rumah berwarna metalik. Efeknya hampir sama dengan krem, yaitu membawa suasana shabby chic yang lembut ke dalam ruang tamu. Sebagai aksen tambahan, kamu bisa menaruh sedikit warna-warna gelap agar ruangan tidak terlihat terlalu kosong.

7. Broken White

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
99.co

Warna cat ruang tamu yang berikut ini merupakan warna ideal bagi kamu yang menginginkan ruang tamu minimalis, tapi tidak membosankan. Broken white memiliki undertone kuning hangat, sehingga membuat ruang tamu tampak nyaman. Beruntungnya, warna ini bisa diterapkan untuk berbagai tipe rumah, baik yang minimalis, shabby chic, vintage, maupun industrial. Namun, semuanya tetap tergantung dengan jenis furniture yang kamu pilih.

8. Abu-abu

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
nakita.grid.id

Abu-abu adalah salah satu warna cat ruang tamu agar terlihat luas. Selain itu, memilih warna abu-abu akan memberikan kesan klasik atau modern ke dalam setiap ruang. Sebagai pelengkap, jangan lupa tambahkan aksesori dan hiasan berwarna lebih cerah. Dengan begitu, ruang tamu yang sempit akan terlihat begitu luas.

9. Merah

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
99.co

Cat dinding berwarna merah terlihat begitu cerah, tak heran kalau warna ini identik dengan sesuatu yang energik dan agresif. Oleh karenanya, warna merah ini teramsuk salah satu rekomendasi warna cat ruang tamu yang bisa kamu terapkan. Ternyata menerapkan warna merah untuk dinding rumah tamu dapat memberikan efek ruangan menjadi lebih luas dan sejuk. Namun, disarankan untuk mengecat bagian plafon di ruang tamu dengan warna cerah. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan efek kontras dan menyiasati agar dinding ruang tamu tampak tinggi. Kalau kamu tertarik memilih warna ini, jangan lupa padukan dengan perabot dan furniture warna putih, ya.

10. Peach Coral

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
desainrumahid.com

Tidak ada pilihan warna cat ruang tamu yang lebih chic daripada peach coral. Sebab, warna ini mampu menciptakan kesan yang lebih fun dan energetik. Selain itu, warna mencoloknya juga tidak menghapus elemen sederhana dan minimalis di dalam rumah, menjauhkan dari kesan norak dan jadul. Bahkan, pemakaian warna peach coral mulai banyak terlihat di rumah-rumah modern di tahun 2019 dan tampaknya kepopulerannya tidak memudar hingga beberapa tahun ke depan.

11. Lemon

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
interiordesign.id

Warna yang satu ini merupakan warna turunan dari kuning yang bisa kamu pilih sebagai warna dinding ruang tamu. Lemon yang memiliki warna cerah ini, akan melahirkan suasana yang nyaman dan riang. Pilihan warna ini juga mampu memberikan kesan ruang yang lapang. Kamu bisa mengkreasikannya dengan menambahkan foto pada dinding atau bunga hias aneka warna sebagai aksen dekorasi.

12. Merah Anggur

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
interiordesign.id

Warna merah anggur atau lebih sering disebut sebagai maroon, memiliki kesan yang sedikit gelap. Meski demikian, warna ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjadikan ruangan sempit terlihat luas. Kamu bisa memadukan warna ini dengan warna abu-abu, sehingga keduanya dapat menciptakan kesan luas sekaligus elegan. Jangan lupa tambahkan lukisan, gorden, atau soda berwarna soft yang bisa memberikan kesan elegan.

13. Cokelat Muda (Nutmeg)

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
bagikancontoh.bogspot.com

Setiap orang tentunya ingin memiliki ruang tamu yang luas dan menyejukan, kan? Tapi terkadang ada saja kendalanya, seperti rumah yang minimalis. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ya. Sebab, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih warna cat ruang tamu cokelat muda. Warna ini akan memberikan kesan luas pada ruang tamu yang sempit. Selain itu, warna ini juga dapat menghadirkan suasana ruangan yang sejuk dan lembut. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mengecat ruang tamu dengan warna cokelat mudah ini, ya.

14. Olive

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
dekoruma.com

Mungkin kamu belum terlalu familier dengan warna cat ruang tamu yang satu ini, yaitu captivated atau olive. Warna ini adalah perpaduan antara hijau dengan semburat tone kecokelatan atau identik dengan warna jus alpukat yang kecokelatan. Ternyata, warna cat ruang tamu yang satu ini dapat memberikan dimensi agar ruangan tampak luas, loh. Selain itu, warna ini dapat membuat pandangan menjadi lebih fresh.

15. Ungu

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
orami.co.id

Siapa yang suka dengan warna ungu? Bagi kamu pencinta warna ungu, tak ada salahnya mengecat dinding ruang tamu dengan warna ini, ya. Sebab, ungu dapat memberikan kesan mewah dan elegan, loh. Padukanlah warna ini dengan warna abu-abu yang lebih lembut untuk menciptakan kesan luas. Untuk dekorasi yang mendukung agar terlihat mewah, seperti lukisan. goreden, atau sofa berwana lebih kalem.

16. Cokelat dan Krem

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
saktidesain.com

Ingin warna cat ruang tamu 2 warna? Kamu bisa memadukan cokelat dan krem. Kedua warna ini cocok sekali dipadukan dengan furniture berbahan kayu. Keserasian kedua warna cat ruang tamu ini, dipercaya mampu menciptakan suasana yang harmonis ke dalam ruang tamu milikmu. Perpaduan yang sempurna dari dua warna ini, juga bisa kamu terapkan di ruang tamu dengan furniture berbahan logam untuk menghasilkan kesan industrialis yang lebih kuat.

17. Putih dan Kuning

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
rukita.co

Warna putih tak melulu dibiarkan menyendiri mewarnai ruang santai di rumah. Agar terlihat lebih segar, kamu bisa memadukannya dengan warna kuning pada sisi dinging yang menjadi point of interest ruang tamu. Efek elektik hasil dari kontras dua warna cat ruang tamu ini akan semakin hidup saat dipadukan dengan furnitur dan elemen dekor ruangan berwarna cerah, seperti sofa bed biru pada inspirasi di atas.

18. Hijau Terang dan Hijau Lumut

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
saktidesain.com

Memilih warna cat ruang tamu turunan dari hijau, dipercaya dapat menghilangkan ketegangan saat menjamu tamu di rumah, sehingga terciptalah kenyamanan dan kebersamaan. Jika kamu menerapkan dua warna kombinasi ini, seperti hijau terang dan hijau lumut, sebaiknya pencahayaan alami yang masuk tidak terlalu banyak, karena warna hijau lumut bisa terlihat redeo saat terpantul cahaya berlebih.

19. Pink dan Biru Navy

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
saktidesain.com

Memilih warna-warna pastel akan memberikan kesan yang manis. Namun, ruangan bisa tampak pucat, jika kamu menaruh furtiture dengan warna senada. Agar komposisi warna seimbang, kamu bisa memilih warna pink dan biru navy sebagai warna cat ruang tamu di rumahmu. Untuk menciptakan kombinasi warna yang padu, model gorden rumah berwana abu bertekstur bisa dipasang untuk menjadi penengah antara kedua warna ini.

20. Turunan Warna Abu Berpola

20 Ide Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Minimalis
dekoruma.com

Konsep back to basing memang berisiko membuat suasana ruang tamu menjadi monoton. Namun, hal ini bisa disiasati dengan warna cat ruang tamu yang dicat dengan teknik aplikasi yang unik, seperti membentuk pola garis-garis vertikal maupun horizontal. Dengan pola garis vertikal ruangan akan tampak lebih tinggi, sedangkan pola horizontal akan membuang ruangan terlihat lebih luas.

Manfaat atau Fungsi Mengecat Ruang Tamu

Mengecat ruang tamu dengan warna-warna pilihanmu, ternyata memiliki manfaat tersendiri, loh. Berikut ini Seruni akan menjabarkan beberapa manfaat atau fungsi dari mengecat ruang tamu:

1. Mencerminkan Karakter Pemilik Rumah

Dalam memilih warna cat ruang tamu merupakan prefensi pribadi pemilik rumah. Biasanya mereka yang menyukai warna netral, tidak akan memilih warna cat yang terang apalagi mencolok, seperti kuning atau merah. Dari pilihan warna cat, tamu juga bisa mengetahui karakter si pemilik rumah, loh. Misalnya, jika kamu memilih warna terang dan mencolok, tamu akan menilai bahwa kamu adalah seseorang yang ceria dan suka keramaian.

2. Estetika

Dari sisi estetika, warna cat dinding merupakan salah satu daya tarik utama yang akan menarik pandangan seseorang saat memasuki ruangan. Pemilihan warna yang apik dapat berfungsi untuk menghilangkan suasana kusam dan memberikan kesan terawat pada sebuah ruangan.

3. Manipulasi

Warna juga dapat memanipulasi suatu ruangan. Misalnya, cat putih pada ruang tamu dapat memberikan kesan luas dan lapang dibandingkan warna lainnya.

4. Memengaruhi Psikologis

Warna juga memiliki efek psikologis. Setiap warna memiliki efek terentu, mulai dari efek positif hingga negatif, yang bisa dimanfaatkan untuk memengaruhi pikiran, tubuh, dan emosi seseorang. Dilansir dari Kompas, warna yang berbeda akan memberikan pengaruh yang berbeda pula pada psikologis orang yang melihat.

Baca Juga: 15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021

Itulah beberapa rekomendasi warna dinding untuk ruang tamu minimalis yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Meski minimalis, bukan berarti kamu tidak bisa bermain dengan banyak warna, loh. Jika menggunakan warna yang sedikit mencolok, sebaiknya hindari penggunaan banyak dekorasi agar ruangan tidak terlihat penuh. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id