15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021

Seruni.id – Desain ruang tamu minimalis modern, kini banyak dicari oleh mereka yang baru ingin membangun rumah, atau hendak mengulang kembali desain yang sudah ada. Kebanyakan dari mereka, ingin memiliki ruang tamu yang nyaman dan indah. Sebab, ruangan tersebut menjadi bagian penting dari sebuah rumah.

Tidak hanya terkait dengan fungsinya sebagai ruang untuk menerima tamu, tapi juga karena ruang ini biasanya menjadi area utama yang kita akses setiap kali masuk ke dalam rumah. Selain itu, ruang tamu juga menjadi jantung rumah yang digunakan untuk kumpul keluarga. Dengan begitu, keharmonisan keluarga bisa tetap terjaga dengan baik. Nah, berikut ini Seruni inign merekomendasikan beberapa desain ruang tamu minimalis modern yang bisa kamu tiru:

1. Desain Ruang Tamu Tanpa Sofa

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
arsitag.com

Untuk menciptakan ruang tamu minimalis modern, tak melulu harus menggunakan sofa, loh. Sebab, keberadaannya hanya memenuhi tempat saja, apalagi kalau ruangan yang kamu miliki tidak terlalu luas. Selain itu, ruangan pun akan tampak lebih serius.

Jika ingin membuat ruangan keluarga lebih playful, gantilah sofa tersebut dengan karpet permadani berwarna natural. Dengan begitu, ruang tamu pun bisa lebih banyak menampung orang daripada menggunakan sofa. Jangan lupa berikan bean bag sebagai tempat bersantai.

2. Ruang Tamu Minimalis 3×3

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
febilio.com

Sofa berkaki memang paling cocok diaplikasikan pada ruang tamu dengan sofa matras. Meski demikian, tak ada salahnya mencoba sofa matras sebagai dekotasi utama deain ruang tamu minimalis modern 3×3.

Sebab, sofa matras tidaklah memakan banyak tempat dan tidak sulit untuk memadukannnya. Kamu bisa memadukannya dengan karpet bermotif khas Timur Tengah dan lukisan kontemporer pada desain ruang tamu minimalis 3×3 menjadi perpaduan sempurna untuk ruang tamu sederhana yang memiliki nilai estetika di rumah kecil.

3. Ruang Tamu Type 36

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
rumahpedia.info

Dengan kreativitas tanpa batas, serta penataan yang tepat, keterbatasan ruang tidak lagi jadi penghalang untuk memiliki ruang tamu minimalis modern. Terlebih bagi kalian yang memiliki rumah dengan type 36. Untuk menghilangkan kesan sempit dan sesak, buatlah ruangan yang terang secara maksimal.

Bagaimana caranya? Selain mengatur pencahayaan alamai dari jendela atau tambahan dari lampu, pemilihan warna yang tepat juga sangat berpengaruh, loh. Untuk ruang tamu type 36, sebaiknya pilihlah dominasi warna yang terang, contohnya putih. Agar ruangan tampak cantik dan tidak monoton, tak ada salahnya untuk mengombinasikan dengan warna terang lainnya. Namun, hindari penggunaan kombinasi warna yang terlalu banyak, agar tidak terlihat ramai dan sesak.

Untuk desain ruang tamu minimalis type 36, gunakan furniture dan perabot yang simple dan seperlunya saja. Pilihlah sofa, karpet, dan dinding dengan warna yang senada untuk memperindah tampilan ruang tamu. Supaya ruang tamu jauh dari kesan membosankan, tidak ada salahnya jika menggunakan tanaman-tanaman hias sebagai dekorasi ruang tamu minimalis type 36 milikmu.

4. Ruang Tamu Modern Kontemporer yang Intensif

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021

Demi menciptakan hunian yang kekinian, desain kontemporer sepertinya akan menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, desain ruang tamu minimalis modern ini juga akan memberikan kehangatan intens dalam bercengkrama bersama keluarga. Hal ini didukung dengan lantai beton modern yang dipadukan dengan tembok berwarna putih, ornamen kayu dan jendela besar yang membiarkan cahaya bebas masuk dengan visual indah di baliknya.

5. Ruang Tamu dengan Desain Vintage

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
dekoruma.com

Kalau desain ruang tamu modern minimalis yang berikut ini, merupakan besutan dari desainer asal Polandia, Loft Kolaninski dan firma arsitek Eike Becker Architekten. Ruangan ini tampak begitu luas, ditambah lagi dengan adanya jendela tanpa gorden, sehingga lebih terasa segar. Meski tidak ada hal yang berlebiha, tetapi para desainer memadukan dekorasi vintage dan minimalis secara bersamaan.

Salah satu yang menarik perhatian adalah karpetnya. Ternyata karpet tersebut merupakan desain yang sudah ada sejak abad pertengahan dari Republik Ceko. Konsep ruang tamu besutan arsitek Polandia ini, cocok sekali diaplikasikan untuk desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3 rumah kamu.

6. Desain Ruang Tamu dengan Gaya Casual

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021

Ruang tamu minimalis modern yang mengedepankan fungsi daripada tampilan, akan membuat penikmatnya lebih rilks dan nyaman, loh. Di mana ruang tamu bergaya casual ini menyajikan nuansa tropis dengan perabotan yang menyegarkan dan fleksibel. Jangan lupa tambahkan karya seni pada ruangan tersebut. Bisa berupa lukisan pemandangan atau tanaman hias sebagai penyempurnannya.

7. Ruang Tamu dengan Pemandangan Alam

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
casaindonesia.com

Duduk bersantai di ruang tamu sambil menikmati pemandangan alam adalah hal yang menyenangkan. Apalagi di tambah dengan segelas teh atau kopi hangat, kesempurnaan akan semakin nikmat terasa. Tak sulit untuk menciptakan ruang tamu minimalis modern seperti gambar di atas. Sebab, kamu hanya perlu menempatkan furnitur di tepi jendela, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan dengan nyaman.

Aplikasikanlah sofa memanjang yang sesuai dengan ukuran ruang, kamu bisa memaksimalkan sudut ruangan yang sebelumnya tidak terpakai. Selain itu, aplikasikanlah kabinet yang melekat di dalam dinding agar terkesan rapi. Meski dapat menciptakan nuansa luas pada ruangan, furnitur custom built memiliki kekurangan yakni tidak fleksibel ketika ditukar atau dipindahkan. Desain dan perakitannya pun juga membutuhkan biaya relatif besar dibandingkan furnitur siap pakai.

8. Ruang Tamu Bergaya Bohemian

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021

Ruang tamu minimalis modern dengan nuansa netral, seperti putih, putih gading, abu-abu, dan krem selalu memberikan tampilan yang cerah dan terlihat bersih. Warna netral bergaya Bohemian ini merupakan reflektor cahaya yang mengaggumkan, sehingga ruangan lebih cerah dengan pencahayaan alami. Perpaduan warna dan aksesoris menciptakan kehangatan yang bikin tenang. Perpaduan warna dan aksesoris menciptakan kehangatan yang bikin tenang.

9. Ruang Tamu Simpel Tapi Mewah

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021

Pernahkah kamu melihat desain ruang tamu minimalis modern yang simpel, tapi tetap memperlihatkan kesan mewah? Kamu juga bisa menerapkannya pada rumahmu, loh. Seperti contoh di atas, ruang tamu tersebut memang tampak sederhana, tapi tak meninggalkan kesan yang elegan. Ruangan tersebut dilengkapi dengan beberapa furnitur dan barang tambahan.

Mulai dari sofa dan meja tamu, karpet bermotif zig-zag, dau lamu duduk berwarna putih bergagang emas, perapian, lukisan, hingga meja kecil berwarna silver. Hal yang paling menarik dari ruangan tersebut adalah adanya lampu gantung berbentuk bola. Kalau kamu mendesain seperti ini, dijamin siapa pun akan betah berlama-lama.

10. Ruang Tamu Outdoor

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
casaindonesia.com

Ruang tamu indoor mungkin sudah biasa, tapi mungkin belum banyak yang memiliki ruang tamu outdoor seperti ini. Terlihat simpel dan cukup menarik. Dengan efek psikologis yang begitu positif, menjadikan ruang tamu minimalis modern ini dapat dijadikan sebagai tempat aktivitas. Mulai dari bersantai, melepas rasa jenuh, berkumpul bersama teman atau keluarga, mencari inspirasi, hingga bekerja.

Namun, karena ruangan ini tidak beratap, sangat disarankan untuk menggunakan bangku kayu atau besi. Sebab, jika memakai sofa ketika hujan akan sulit kering dan menimbulkan aroma tak sedap. Nah, kalau kamu ingin membuat yang berbeda, misalnya dengan menambahkan kanopi pun tak masalah, loh. Oh ya, jangan lupa taruh beberapa jenis tanaman agar tampak lebih asri, ya.

11. Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Makan

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
grid.id

Efisiensi penggunaan ruang bisa kamu maksimalkan dengan membagi satu ruang menjadi dua area, loh. Misalnya area makan serta ruang televisi yang berdekatan. Tak masalah jika ruang tamu-mu kecil, karena yang terpenting adalah meletakkan furnitur dengan tepat. Begitu pun dengan pencahayaan alami, bisa dioptimalkan dengan membuka jendela yang langsung menghadap ke taman. Dengan adanya cahaya langsung dari sinar matahari, membuatmu jadi lebih hemat penggunaan lampu.

12. Ruang Tamu Minimalis Modern nan Simpel

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021

Elemen terpenting dalam menciptakan ruangan minimalis adalah bentuk yang sederhana dan organik. Atau dengan kata lain ‘membumi’. Disebut membumi karena segalanya sederhana dan didukung meja beralaskan lantai yang unik, bangku kayu alami hingga rak buku sebagai pelengkap. Rasa nyaman akan mengalir begitu saja secara natural.

13. Ruang Tamu Kecil

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
insinyurbangunan.com

Meski ruang tamu minimalis modern ini harus berbagi dengan dapur dan meja makan, bukan berarti tidak bisa tampil menawan, ya. Dengan hanya memiliki satu sofa dan meja tamu, ruang tamu ini tetap cantik dengan pemilihan bantal kata-kata sebagai pemercantik sofanya. Tak lupa beberapa hiasan dan lampu duduk mungil yang diletakkan pada meja turut menyumbang kesan manis.

14. Ruang Tamu dengan Pintu Kaca Geser

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
casaindonesia.com

Kamu bisa mengoptimalkan tampilan tropis pada hunianmu. Caranya dengan mendesain ruang tamu pada ruang semi terbuka. Pintu geser dengan kaca lebar merupakan solusi bagimu yang menginginkan pendingin ruang tetap efektif namun cahaya alami tetap leluasa masuk atau melindungi serangga pada malam hari. Tidak lupa, menmabah beberapa tanaman khas tropis kekinian harus menjadi salah satu daya tarik pada interior ruang tamu pada hunian.

15. Ruang Tamu dengan Taman Vertikal

15 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru 2021
casaindonesia.com

Sebuah bangunan tentunya terdapat pintu untuk akses keluar masuk, kan? Beragam model pintu bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi si penghuni rumah. Pastinya harus disesuaikan dengan seleranya, mulai dari material, motif, desain, dan warna. Ruang tamu dengan pintu geser memiliki dua fungsi, loh. Bisa menjadi pintu atau jendela yang memberikan kualitas cahaya dan udara.

Ditambah dengan adanya taman vertikal disamping rumah yang membawa suasana terasa lebih segar. Taman vertikal bisa kamu aplikasikan dengan tiga cara, yaitu menggunakan pot gantung dengan tali, menjajarkan pot di dinding, dan menanam tanaman rambat. Trik untuk menjajarkan pot di dinding bisa dengan meletakkan pot yang menggantung secara zig-zag.

Trik Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Setelah mengetahui beberapa desainnya, kini kamu harus tahu bagaimana caranya agar ruangan tersebut tampak lebih indah dan hidup. Dan yang terpenting dapat memberikan kehangatan bagi keluarga. Adapun triknya yakni sebagai berikut:

Desain dengan Warna Cerah

Gunakanlah warna-warna yang cerah untuk menghiasi ruang tamu yang mungil. Seperti biru muda, kuning, atau hijau. Sebab, warna yang terkesan cerah akan membuat suasana ruangan menjadi lebih terbuka dan nyaman. Sebaiknya hindari penggunaan warna gelap, ya. Karena hanya akan membuat ruangan tampak sempit.

Memasang Cermin untuk Memberikan Kesan Luas

Agar ruangangan terkesan luas, kamu bisa menambahkan cermin. Pilihlah dinding yang berhadapan langsung dengan jendela yang ada di dalam ruangan tersebut, hal ini dilakukan agar cermin turut merefleksikan cahaya alami dari luar. Alternatif lainnya, kamu juga bisa bereksperimen dengan lampu-lampu dan penataan furnitur yang ada di ruang tamu kecil tersebut.

Hindari Pola Berlebihan untuk Desain Ruang Tamu Kecil

Mengaplikasikan pola-pola tertentu pada ruangan memang akan memberikan kesan hidup dan dinamis. Akan tetapi, untuk ruang tamu yang mungil, pola yang berlebihan hanya akan membuat ruangan terasa sempit dan sesak. Jika kamu memang pecinta pola, aplikasikan pola-pola pada elemen dekoratif seperti taplak, bantal sofa atau benda kecil lainnya pada desain ruang keluarga mungil milikmu dan biarkan elemen lainnya tampil polos.

Hindari Sofa yang Terlalu Besar

Keberadaan sofa di ruang keluarga sudah menjadi hal yang wajib. Namun, kalau kamu memiliki ruang yang sempit, hindarilah membeli sofa dengan ukuran besar. Untuk mendapatkan kesan minimalis, kamu bisa memilih sofa dengan dua atau tiga dudukan saja. Kamu bisa padukan kursi sofa tersebut dengan coffee table kecil, baik yang terbuat dari kaca atau motif kayu.

Pentingnya Pencahayaan

Trik desain ruang tamu mungil selanjutnya adalah memastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup. Sebab, ruangan yang terlalu gelap hanya akan menimbulkan kesan ruangan yang sempit dan sesak. Cobalah manfaatkan pencahayaan alami dengan memilih genteng kaca atau jendela yang sesuai agar ruangan tampak lebih terbuka.

Tambahkan Tanaman Indoor untuk Memberikan Kesan Asri

Kehadiran tanaman di ruang keluarga, tentu akan mempercantik ruangan. Namun, pilihlah tanaman hijau yang daya tahan hidupnya tidak terlalu bergantung pada sinar matahari. Hal ini agar kamu tidak akan terlalu repot untuk membawa tanaman tersebut ke luar setiap hari. Selain jenisnya, kamu juga harus kembali memperhatikan ukuran yang pas dan cocok untuk diletakan di ruang tamu kecil kamu.

Tambahkan Lukisan atau Karya Seni untuk Mempercantik Ruang Tamu

Jika memiliki ruang yang kecil dengan plafon tinggi, kamu bisa memanfaatkannya sebagai area kamu untuk memamerkan karya seni atau kolase bingkai foto. Kalau ingin mendapatkan kesan yang mewah namun tidak terlalu berlebihan, kamu harus bisa memilah koleksi apa saja yang akan dipajang. Dengan pencahayaan lampu dan penataan yang pas, tamu yang datang pun akan lebih betah saat berada di ruang kecil kamu.

Pasang Wallpaper

Belum banyak yang tahu, bahwa wallpaper dinding juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Yang penting, wallpaper dinding dirawat secara berkala. Sebenarnya semua ini bergantung pada motif wallpaper dinding yang kamu pilih. Hindarilah motif-motif besar maupun berwarna gelap. Tentunya pemilihan wallpaper dinding ini juga harus disesuaikan dengan furniture favoritmu yang ada di ruang kecil.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

Itulah beberapa rekomendasi desain ruang tamu minimalis modern beserta trik menatanya agar lebih nyaman dan estetik. Yuk segera terapkan di rumahmu. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.