Ingin Tetap Langsing di Usia 40 Tahun? Hindari 5 Makanan ini!

  • Bagikan
Ingin Tetap Langsing di Usia 40 Tahun? Hindari 5 Makanan ini!
instagram.com/itsrossa910

Seruni.id – Menua adalah hal yang tidak bisa kita hindari, setiap orang pasti akan melaluinya. Namun, memiliki tubuh yang sehat dan tetap langsing di usia 40 tahun adalah pilihan. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satunya adalah memiliki pola hidup sehat dengan mengatur asupan makanan yang dikonsumsi.

Seiring bertambahnya usia, tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi. Ada kalanya, kita harus memilih dan membatasi asupan yang akan dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang seharusnya dihindari, tentu saja hal ini bertujuan agar tubuh tetap sehat dan tetap langsing di usia 40 tahun. Makanan apa saja sih yang mesti dihindari? Simak jawabannya di bawah ini, yuk.

 

Daftar Isi

1. Kentang Goreng

Ingin Tetap Langsing di Usia 40 Tahun? Hindari 5 Makanan ini!
freepik.com

Kentang adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat, tak heran kalau kentang goreng sering kali dijadikan sebagai cemilan yang mengenyangkan. Namun sayangnya, seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dan tidak lagi bisa menangani kalori ekstra yang berasal dari makanan berminyak.

Penelitian menunjukkan bahwa pemrosesan energi pada orang di usia 40 tahun akan lebih efisien dengan kalori yang lebih sedikit per harinya. Lemak makanan sehat, tentu saja diperlukan untuk kulit yang sehat dan tampak awet muda. Namun, tidak dengan kentang goreng yang justru memberikan efek sebaliknya.

 

2. Karbohidrat Olahan

Ingin Tetap Langsing di Usia 40 Tahun? Hindari 5 Makanan ini!
freepik.com

Agar tatap langsing di usia 40 tahun, kamu juga harus menghindari makanan dengan karbohidrat olahan. Seperti pasta, pretzel, bagel, dan sereal. Sebab, jenis makanan tersebut memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik sendiri adalah ukuran untuk menentukan seberapa cepat makanan diubah menjadi gula darah. Ketika skornya semakin tinggi, maka gula darah pun semakin tinggi.

Dengan gula darah yang tinggi, maka akan berisiko menyebabkan penyakit jantung, penambahan berat badan, hingga diabetes. Selain itu, karbohidrat olahan juga tidak baik untuk kulit yang dapat meningkatkan hormon yang merangsang produksi minyak. Hormon tersebut, dapat mengubah komposisi minyak di kulit, membuatnya rentan terhadap jerawat.

 

3. Sup Kalengan

Ingin Tetap Langsing di Usia 40 Tahun? Hindari 5 Makanan ini!
fimela.com

Sup kalengan banyak dipilih karena memang lebih praktis, instan, dan mudah. Namun, agar tetap langsing di usia 40 tahun, mengonsumsi makanan instan seperti sup kalengan ini harus dihindari, ya. Salah satu alasannya karena di dalam sup kaleng mengandung banyak natrium, sedangkan di usia 40 tahun tubuh manusia tidak dapat melakukan penyaringan natrium seperti saat masih muda.

Tingkat natrium yang cukup tinggi, juga dapat menyebabkan tekanan darah, dan meningkatkan risiko osteoporosis. Semakin bertambah usia, manusia lebih rentan terhadap retensi air, yakni kondisi ketika kelebihan cairan menumpuk dalam tubuh. Sehingga, mengurangi konsumsi natrium dapat mengurasi rasa kembung. Jika ingin mengonsumsi sup, akan lebih baik untuk membuatnya sendiri di rumah.

 

4. Makanan Manis

Ingin Tetap Langsing di Usia 40 Tahun? Hindari 5 Makanan ini!
lifestyle.kompas.com

Makanan manis memang cukup menggugah selera. Namun, mengonsumsi gula secara berlebihan adalah hal yang harus dihindari ketika memasuki usia 40 tahun. Gula dalam bentuk apa pun, akan menyebabkan banyak perubahan, dari membran sel dan arteri hingga hormon, sistem kekebalan, kesehatan usus, dan bahkan mikrobioma.

Mengonsumsi makanan manis berlebihan, bukan hanya meningkatkan insulin dan peradangan saja, tapi juga bisa menyebabkan kulit menua lebih cepat melalui proses glikasi. Glikasi sendiri adalah istilah biokimia untuk ikatan molekul dengan protein, lemak, dan asam amino yang merupakan ciri utama penuaan. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih buah-buahan yang kaya akan serat.

 

5. Minuman Elektrolit

Ingin Tetap Langsing di Usia 40 Tahun? Hindari 5 Makanan ini!
idntimes.com

Agar tetap langsing di usia 40 tahun, cobalah hindari mengonsumsi minuman elektrolit. Sebab, minuman yang satu ini mengandung banyak gula. Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman ini juga bisa menaikkan berat badan, loh.

Lebih menakutkannya lagi, sering mengonsumsi minuman elektrolit yang tinggi gula, juga bisa mempercepat penuaan, meningkatkan peradangan, dan berdampak buruk pada memori dan pembelajaran. Penelitian telah menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa tidak membutuhkan minuman olahraga ketika berolahraga. Mengonsumsi air putih adalah pilihan terbaik. Jadi, sebagai gantinya, cobalah untuk memperbanyak mengonsumsi air putih, ya.

Baca Juga: 6 Artis Indonesia yang Tetap Cantik dan Awet Muda Meski Berusia 40 Tahun

Jadi, sudah tahu kan jenis makanan apa saja yang mesti dihindari jika ingin tetap langsing di usia 40 tahun? Yuk perlahan-lahan tinggalkan makanan yang tidak sehat dan beralih ke makanan sehat.

  • Bagikan