Insecure Karena Bentuk Tubuh? Ikuti Tips ini untuk Mengatasinya Yuk!

  • Bagikan
Insecure Karena Bentuh Tubuh? Ikuti Tips ini untuk Mengatasinya Yuk!
freepik.com

Seruni.id – Perasaan insecure karena bentuk tubuh, sering kali muncul dalam diri seseorang. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah komentar dari orang sekitar. Seperti “Kenapa sih kok kamu gemuk banget?” atau “Kok kamu kurus banget sih?”

Insecure Karena Bentuh Tubuh? Ikuti Tips ini untuk Mengatasinya Yuk!
freepik.com

Terkesan sepele memang, tapi kata-kata tersebut justru membuat seseorang sulit sekali percaya diri. Apalagi, di era medial sosial seperti saat ini, rasa tidak percaya diri akan lebih mudah timbul. Misalnya, ketika melihat seseorang dengan bentuk tubuh yang proporsional. Sehingga muncul perasaan insecure karena bentuk tubuh. Lalu, bagaimanakah caranya agar perasaan tersebut tidak selalu muncul? Yuk simak tipsnya berikut ini:

 

1. Meminimalisir Bermain Media Sosial

Sekian persen rasa insecure karena bentuk tubuh sering kali dihadirkan karena seringnya bermain media sosial. Sebab, di sana, kamu akan melihat semua orang cantik menurut kacamatamu. Misalnya, pipi tirus, tubuh ramping, kulit putih, dan sebagainya. Lalu, kamu menganggap bahwa cantik yang sesungguhnya itu harus seperti mereka. Percayalah, bahwa setiap orang diciptakan dengan rupa yang berbeda-beda. Cantik itu tidak ada standarnya, karena setiap orang punya versi cantik menurut dirinya masing-masing. Jadi, kamu tidak perlu lagi insecure karena bentuk tubuh.

 

2. Jangan Memandang Rendah Dirimu

Orang akan memandang kita sebagaimana kita memandang diri kita sendiri. Jadi, cobalah untuk mulai belajar berbicara positif pada diri sendiri. Mungkin merasa insecure karena bentuk tubuh, karena bentuk rambut yang berbeda, warna kulit, tinggi badan dan sebagainya. Namun, bukan berarti rambut keriting atau tubuh yang pendek itu menandakan kamu jelek. Semua orang itu, terlahir unik dengan ciri khasnya masing-masing.

 

3. Fokus pada Kenyamanan

Kenyamanan adalah kunci dalam membangun kepercayaan diri, dan hal tersebut bisa muncul dalam berbagai bentuk. Termasuk memiliki gaya rambut yang kamu sukai, atau pakaian yang membuatmu lebih bebas bergerak. Kamu tidak perlu memaksa diri untuk terus mengikuti tren. Namun, jangan lupa untuk tetap merawat diri.

 

4. Memandang Sisi Positifnya

Untuk mengatasi rasa insecure karena bentuk tubuh, cobalah mulai dengan mengubah cara pandangmu terhadap sesuatu. Hal ini, juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Kalau kamu merasa insecure dan tidak percaya diri akan bentuk tubuhmu, misalnya karena pipi yang tidak tirus dan tubuh tidak tinggi. Maka, cobalah untuk memandang dari sisi positifnya, orang dengan pipi chubby itu terlihat awet muda begitu juga dengan orang bertubuh pendek.

 

5. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Dalam lingkup pergaulan, kita akan menemukan banyak orang dengan penampilan dan ciri khas yang berbeda-beda. Kadang kala, kita kerap kali membandingkan diri dengan orang lain dengan mengatakan, “Seandinya aku seperti dia”atau “Coba saja kalau aku mancung seperti dia” dan sebagainya. Membandingkan diri sendiri seperti ini, hanya akan membuatmu semakin terpuruk dan merasa insecure karena bentuk tubuh. Sehingga membuat pikiranmu terpenuhi dengan hal-hal negatif.

 

6. Kelilingi Dirimu dengan Teman yang Supportive

Agar tidak insecure karena bentuk tubuh dan pikiranmu terpenuhi dengan hal negatif, cobalah luangkan waktu untuk sekadar bertemu dengan teman-teman yang supportive. Alih-alih berteman dengan banyak orang, kamu berhak kok untuk memmilih circle-mu. Fokuslah pada mereka yang bisa membuatmu selalu berkembang, jangan dekati teman yang kerap menjatuhkanmu. Ingatlah untuk bersandar pada orang yang mengingatkanmu bahwa kamu cantik apa pun yang terjadi.

 

7. Menerima Diri Apa Adanya

Kamu tidak perlu insecure karena bentuh tubuh. Sebab, bentuk fisik dan segala yang ada pada tubuhmu, adalah hal yang alami sejak kamu dilahirkan. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah menerima diri sendiri sepenuhnya. Anggaplah kelebihan pada dirimu adalah anugrah dan kekurangan sebagai keunikan yang tak semua orang lain miliki. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih percaya diri, dan yang terpenting adalah selalu bersyukur.

Baca Juga: 7 Cara Agar Tidak Mudah Diremehkan Orang Lain

Demikian beberapa tips yang dapat Seruni bagikan untuk mengatasi rasa insecure karena bentuk tubuh. Namun percayalah, sejatinya semua orang terlahir dengan ciri khasnya masing-masing. Yang kamu perlukan hanyalah merawat dan memprioritaskan kenyaman diri, tanpa harus melihat apa yang ada pada diri orang lain. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id