Jaga Keharmonisan Persahabatan Agar Tetap Utuh dengan 8 Cara Ini

Jaga Keharmonisan Persahabatan Agar Tetap Utuh dengan 8 Cara Ini
suara.com

Seruni.id – Berbicara masalah persahabatan, seperti tak ada habisnya. Sebab, mereka bukan hanya sekedar teman saja, melainkan ada yang menganggap bahwa sahabat sebagai keluarga. Seorang sahabat, tak hanya menjadi tempat untuk mendengar namun juga saling berbagi, entah kebahagiaan pun kesedihan.

Jaga Keharmonisan Persahabatan Agar Tetap Utuh dengan 8 Cara Ini
happyfresh.id

Banyak orang yang tentu ingin menjaga keharmonisan persahabatan mereka agar tetap utuh, hingga usia tua menyapa. Untuk itu, kita harus tahu apa saja sikap terbaik dalam membangun persahabatan dan cara menjaganya. Seperti apa sih caranya? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Saling Menjaga Komunikasi

Merawat persahabatan layaknya merawat sebuah tanaman. Harus disiram dan dijaga dengan baik agar tetap tumbuh. Merawat persahabatan bisa dengan menajaga komunikasi satu sama lain. Sebab, dengan terjalinnya komuniakasi, akan mengurangi rasa kesalahpahaman antar sesama sahabat. Tak harus setiap hari, tiap jam, pun tiap detik. Melainkan sesekali ketika memiliki waktu senggang, sekedar menanyakan kabar, sepertinya itu sudah cukup.

2. Berbagi Rasa

Persahabatan yang baik, adalah persahabatan yang di dalamnya saling berbagai rasa, entah suka ataupun duka. Dengan saling berbagi rasa ini, kamu maupun sahabat bisa lebih memahami satu sama lain. Kalian juga bisa saling memberikan dukungan pun nasehat.

3. Saling Terbuka dan Percaya

Cara menjaga persahabatan agar tetap utuh selanjutnya adalah dengan saling terbuka dan percaya satu sama lain. Jika kita selalu jujur dan percaya terhadap apapun dan bagaimana pun mengenai sifat dalam persahabatan, maka akan terjalin rasa kebahagiaan di dalamnya. Selalu percaya akan hal yang sifatnya masih positif dan apa adanya terhadap teman dekat dan tidak melebih-lebihkan.

4. Saling Toleransi

Terjalinnya pertemanan dengan waktu yang lama, sudah tentu kamu dan sahabatmu sudah mengetahui sifat dan karakter masing-masing. Jadi, cobalah untuk saling toleransi antara satu sama lain. Jika terdapat perdebatan, cobalah untuk saling mengalah. Terpenting, jangan suka ikut campur urusan sahabat yang sifatnya pribadi. Jadilah sahabat yang pengertian dengan mengetahui batas-batas persahabatan kalian. Jika berbuat salah, jangan segan meminta maaf dan saling memaafkan.

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Kadangkala, teman dekat kita hanya ingin didengarkan ketika menceritakan sesuatu yang menjadi permasalahan hidupnya. Meskipun sebenarnya kita sendiri ingin berbagi cerita. Namun rasanya, sifat seperti ini harus dihilangkan. Sebab, hanya akan menimbulkan pemikiran negatif dan kurang adanya kepercayaan antar teman.

6. Selalu Ada di Saat-saat Penting

Sebagai sahabat yang baik, kamu tak ingin kan melewatkan momen penting bagi sahabatmu? Untuk itu, sebisa mungkin, kamu harus selalu ada untuknya, begitu pun sebaliknya. Apalagi, jika sahabatmu sedang dalam masalah, tentu kamulah orang pertama yang harus menghiburnya. Meski hanya dukungan melalui pesan singkat dan telepon, hal ini tentu akan membuat persahabatan tetap harmonis.

7. Jangan Malu untuk Meminta Maaf

Sulitnya untuk memaafkan dan saling minta maaf diantara hubungan persahabatan justru akan membuat hubungan persahabatan semakin tidak baik. Jadi, jangan sungkan untuk meminta maaf, karena dengan begitu, sebesar apapun masalah yang kamu hadapi bisa diselesaikan dengan baik.

8. Quality Time

Melakukan liburan bersama sahabat adalah hal yang menyenangkan, bukan? Demi menjaga keharmonisan persahabatan, penting sekali untuk merencanakan liburan bersama. Karena dengan quality time tersebut, kamu bisa saling mengerti satu sama lain dan bisa memberikan kedekatan diantara hubungan persahabatan.

Baca Juga: 7 Cara Elegan Menghadapi Lingkup Pertemanan Toxic

Itulah beberapa cara menjaga keharmonisan antar sahabat yang bisa kalian lakukan. Semoga dapat membantu para kalian mengukuhkan pertemanan hingga hari tua nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.