Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh!

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh!

Seruni.id – Batuk tak kunjung sembuh? Hal ini tentu membuatmu bertanya-tanya, apakah ada penyakit lainnya yang diderita atau karena faktor lain. Meski umumnya batuk bukan penyakit yang serius, tapi ketidaknyamanan yang ditimbulkan sangat menganggu aktivitas harian.

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh!

Kondisi ini sebenarnya tidak memerlukan perawatan yang serius, karena umumnya batuk akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Asalkan kamu mendapatkan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan banyak minum air putih agar tubuh cepat pulih. Jika cara tersebut sudah dilakukan, tapi belum bisa meredakan batuk, mengonsumsi obat bisa menjadi salah satu solusinya.

Namun, apabila batuk yang diderita tak kunjung sembuh, jangan disepelekan, kondisi ini harus kamu waspadai. Sebab, pada sejumlah kasus, batuk tak kunjung sembuh bisa menjadi tanda adanya penyakit lain yang diderita. Kamu ingin tahu apa penyebabnya? Berikut Seruni berikan ulasannya:

1. Terpapar Polusi Udara

Polusi udara sangat tidak baik untuk kesehatan. Debu yang terhidup atau masuk ke saluran pernapasan, bisa saja mengandung kuman dan bakteri, sehingga menyebabkan batuk tak kunjung sembuh. Oleh karena itu, selalu gunakan masker ketika keluar rumah maupun saat kamu berkendara.

2. Asam Lambung Naik (GERD)

Batuk tak kunjung sembuh karena asam lambung bisa saja terjadi. Terlebih gejala yang ditimbulkan karena asam lambung naik cukup tidak nyaman, yakni seperti sensasi terbakar pada bagian dada atau heartburn. Bahkan, bisa dikatakan bahwa GERD menjadi salah satu penyebab batuk kronis yang paling umum, meski hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya.

3. Asma dan Alergi

Batuk tak kunjung sembuh, bisa menjadi tanda bahwa kamu menderita asma atau alergi, apalagi jika kondisi tersebut disertai dengan sesak napas. Untuk mengetahui apakah batuk tersebut disebabkan oleh asama atau bukan, cobalah perhatikan beberapa kondisi tubuhmu. Misalnya, apabila batuk yang kamu derita semakin parah ketika menyentuh hewan berbulu, terkena dabu, atau menghirup serbuk sari, kemungkinan besar batuk yang kamu derita disebabkan oleh alergi atau asma.

4. Pertusis atau Batuk Rejan

Penyebab batuk tak kunjung sembuh berikutnya adalah pertusis atau batuk rejan. Pertusis adalah pennyakit yang menyerang pernapasan, kondisi ini juga dapat menular melalui mulut dan hidung akibat adanya infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan. Gejalanya hampir sama seperti flu, yaitu munculnya batuk ringan, demam, dan pilek. Namun, karena adanya infeksi ini, batuk akan menjadi sulit sembuh, bahkan tak jarang bisa menyebabkan seseorang sulit bernapas.

5. Tuberkulosis

Tuberkulosis memiliki gejala yang sangat umum terjadi, yakni batuk yang tak kunjung sembuh. Penyakit ini disebabkan oleh kuman tuberkulosis, biasanya kondisi ini tidak hanya ditandai dengan batuk saja, tetapi juga disertai oleh gejala lain. Seperti nyeri dada, kelelahan, penurunan berat badan, demam, berkeringat di malam hari, hingga batuk berdarah.

Jika kamu sedang mengalami batuk yang tak juga sembuh, disertai dengan gejala-gajala yang Seruni sebutkan, sebaiknya segeralah periksankan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sebab, bisa jadi batuk yang kamu alami berkaitan dengan adanya penyakit tuberkulosis yang bersarang pada tubuh.

6. Penumonia

Perlu kamu tahu,batuk yang sulit sembuh juga berkaitan dengan penyakit pneumonia, loh. Jika batuk yang kamu alami tak kunjung sembuh setalah 10 hari, dan gejala lain seperti nyeri dada, demam, sulit bernapas, detak jantung cepat, mual dan muntah, keluar lendir berwarna hijau atau kekunngan saat batuk, ada baiknya unutk memeriksakan diri ke dokter. Karena gejala tersebut menjadi bagian dari penyakit pneumonia.

7. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Penyebab batuk tak kunjung sembuh berikutnya bisa jadi karena adanya Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Biasanya kondisi ini ditandai dengan batuk yang tak kunjung sembuh, disertai dengan dahak yang berwarna kuning atau hijau, sesak napas, napas berbunyi, lemas, serta nyeri dada. Meski umumnya kondisi ini lebih banyak diderita oleh para perokok, tapi tak menutup kemungkinan siapa saja bisa menderita, terlebih jika memiliki riwayat keturunan.

Baca Juga: 10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui

Itulah 7 penyebab batuk tak juga sembuh. Sebagai saran, segeralah periksakan diri ke dokter dan temukan jenis penyebab utamanya, lalu segera atasi dengan pengobatan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.