10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
halodoc.com

Seruni.id – Ketika batuk menyerang, tenggorokan terasa tidak nyaman, gatal, dan mengganggu segala aktivitas. Terlebih bagi ibu yang sedang menyusui. Terkadang, suara berisik yang muncul saat batuk bisa membuat si kecil terbangun dari tidurnya. Jika tidak segera ditangani, batuk bisa bertahan lama dan akan semakin menganggu. Tapi tenang saja, karena ada beberapa obat batuk alami yang bisa membantu menyembuhkannya, loh. Berikut ini telah Seruni rangkum obat batuk yang aman dikonsumsi ibu menyusui.

1. Madu

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
review.bukalapak.com

Madu bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi batuk yang kamu alami. Kamu bisa mengonsumsinya baik secara langsung atau mencampurkannya dengan teh hangat. Atau bisa dengan dicampurkan bersama teh herbal dan perasan jeruk lemon, dengan begitu madu akan lebih efektif dalam melegakan tenggorokan.

2. Probiotik

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
sehatq.com

Sistem imun merupakan benteng pertahanan tubuh dalam melawan segala virus dan bakteri penyebab batuk. Ketika bakteri baik dalam tubuh jumlahnya kurang, maka tubuh akan menjadi lebih riskan terserang penyakit. Umumnya, 80 persen dari sistem imun ditemukan dalam sistem pencernaan. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga tingkat probiotik yang cukup dalam sistem pencernaan.

Bakteri baik dan mikroba hidup yang ada di saluran pencernaan bukan hanya membantu menjaga kesehatan saja, loh. Namun, juga bisa mencegah serangan bakteri maupun virus menyebar semakin luas. Termasuk ketika kamu terserang flu atau batuk.

Jadi, usahakan untuk bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh, dengan cara mengonsumsi probiotik. Misalnya seperti yogurt untuk membantu menguatkan sistem imun. Dengan begitu, virus serta bakteri penyebab batuk akan lebih mudah dikalahkan oleh tubuh.

3. Nanas

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
doktersehat.com

Obat batuk alami yang satu ini sangat mudah ditemukan dan rasanya pun enak. Tentunya kamu akan suka. Nanas bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui ketika mereka terserang batuk. Sebab, nanas mengandung bromelain yang dipercaya dapat membantu mengeluarkan lendir dari dalam tenggorokan serta meredakan batuk.

4. Jeruk Nipis atau Lemon

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
natashakitchen.com

Buah jeruk nipis ataupun lemon bisa juga dijadikan sebagai obat batuk alami, loh. Kamu bisa mencampurkan perasan satu butir jeruk nipis atau lemon kemudian dicampurkan dengan dua sendok teh madu dalam satu cangkir air panas dan diminum 3-4 kali sehari. Obat yang satu ini sangat efektif untuk mengencerkan dahak.

5. Teh Chamomile

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
lifestyle.kompas.com

Jika rasa sakit di tenggorokan sudah tidak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi teh chamomile. The yang memiliki aroma sangat harum ini, bekerja dengan baik untuk mengurangi iritasi dan nyeri tenggorokan saat batuk maupun pilek. Obat yang satu ini sangat aman sekali diminum untuk ibu yang sedang menyusui.

6. Akar Manis

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
sehatq.com

Akar manis merupakan obat tradisional yang berfungsi untuk mengatasi flu, batuk, serta infeksi saluran pernapasan. Cara mengonsumsinya sangatlah mudah, kamu perlu mencucinya dengan benar, kemudian dihancurkan sampai halus. Lalu, campurkan satu sendok makan bubuk akar manis dengan dua cangkir air, didihkan dalam panic dengan api kecil selama kurang lebih 15-20 menit. Sebelum diminum, jangan lupa disaring terlebih dahulu, ya.

7. Cuka Apel dan Air Jahe

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
doktersehat.com

Kedua bahan ini dipercaya ampuh dalam mengatasi batuk. Sebab, campuran cuka apel dan air jahe akan memberikan khasiat maksimal untuk meredakan batuk dan pilek. Caranya, campurkan dua senok makan cuka apel dan satu sendok teh bubuk jahe dalam segelas air hangat. Minumlah dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Kunyit

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
lifestyle.okezone.com

Seperti yang kita ketahui, kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki khasiat yang luas biasa. Salah satunya dalam mengatasi batuk secara alami, termasuk bagi ibu menyusui. Adapun kandungan utama yang bisa dimanfaatkan dari kunyit adalah curcumin. Curcumin diketahui dapat membantu menyehatkan tubuh dan mencegah terjadinya penyakit.

Menurut penelitian, kunyit sangat baik dalam mengurangi gejala alergi dan menjaga kesehatan lambung. Karena sifat anti-inflmasi dan antioksidannya, kunyit dapat digunakan untuk mengobati batuk, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, hingga hidung tersumbat.

9. Teh Hijau

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
sains.kompas.com

Siapa tak suka dengan teh hijau? Salah satu produk teh dari Jepang ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk bagi ibu menyusui yang sedang terserang batuk, flu, dan radang tenggorokan. Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association pun menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya penyakit.

Teh ini memiliki enam jenis antioksidan yang berbeda dari seluruh bagiannya, mulai dari batang, kuncup, serta daunnya. Campuran antioksidan-antioksidan khas ini pun menjadikan teh hijau sebagai salah satu minuman antivirus alias bisa melawan virus, loh. Beberapa senyawa unik yang dimiliki teh hijau yakni klorofil, Epigallocatechin Gallate (EGCG), flavonoid, teofilin, dan L-theanine. Secara keseluruhan, teh hijau sangat bagus untuk kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Teh hijau juga bagus untuk membunuh bakteri penyebab batuk.

10. Bawang Putih

10 Jenis Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui
lifestyle.kompas.com

Bawang putih mengandung antioksidan dan dapat dimanfaatkan oleh ibu menyusui sebagai obat alami antibakteri, antivirus, dan anti-jamur yang kuat. Bawang putih mengandung allicin, yang merupakan sebuah senyawa kuat yang muncul tak lama setelah diiris dan sebelum dimasak.

Namun, jika kamu tidak sanggup mengonsumsi bawang putih mentah, Mama bisa mencincang halus 1-2 siung bawang putih kemudian campur ke dalam segelas air. Setelah itu, minumlah air campuran bawang putih tersebut. Kamu juga bisa mencincang halus bawang putih, kemudian tambahkan ke dalam sepotong buah atau ditambahkan sedikit madu.

Nah, jika kamu sedang menyusui dan terserang flu tapi takut minum obat karena khawatir memengaruhi produksi ASI, kamu bisa coba beberapa obat herbal di atas, ya.

Berikut ini merupakan cara pencegahan agar tidak terserang flu dan batuk:

1. Istirahat yang cukup (tidur maksimal 7 sampai 8 jam per hari) agar badan tetap fit.

2. Perbanyak mengonsumsi buah, sayur, dan makanan bergizi.

3. Jaga suhu tubuh agar tetap hangat atau normal ketika musim dingin seperti di musim kemarau ini. Bisa dengan cara apapun sesuai kondisi tubuh kita, karena kita yang paling mengerti bahasa tubuh kita.

4. Mandi air hangat setiap sebelum tidur dan menggunakan aromatherapy di ruangan tidur untuk memperbaiki kualitas tidur sehingga tubuh menjadi lebih segar dan relaks di pagi harinya.

Baca Juga: Cegah Flu Babi dengan Cara-cara Ini

Sekian beberapa cara alami mengatasi batuk pada ibu menyusui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.