Jangan Dulu Dipotong, Ini Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Kusut

Jangan Dulu Dipotong, Ini Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Kusut
dream.co.id

Seruni.id – Memiliki rambut kusut, mungkin akan membuat setiap orang jengkel karena harus sering menyisirnya. Tapi, terlalu sering disisir pun ternyata tidak baik untuk rambut. Bahkan, saking kesalnya banyak wanita yang memilih untuk langsung memotongnya.

Jangan Dulu Dipotong, Ini Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Kusut
kawaiibeautyjapan.com

Penyebab rambut kusut bisa beragam. Mulai dari rambut kering, bercabang dan lain-lain. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi dan mencegah rambut kusut.

Cara Mengatasi Rambut Kusut

1. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Untuk mengatasi rambut kusut yang pertama, kamu bisa menggunakan sisir yang memiliki gigi jarang. Sisir ini nantinya akan berguna untuk menguraikan rambut kusut tanpa membuatnya rontok dan patah. Karena jika menggunakan sisir bergigi rapat, hanya akan membuat rambut bertambah rapuh dan buruk. Dan jangan lupa rambut harus disisir setiap hari, ya.

2. Cuka Sari Apel

Rambut kusut juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami, seperti menggunakan cuka sari apel. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan menambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air hangat. Setelah kamu selesai keramas, tuangkan campuran ini pada rambut dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, biarkan sampai kondisi rambut seperti biasa. Kalau rambutmu sangat kusut, sebaiknya ulangi penggunaannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Baking Soda dan Kondisioner

Baking soda biasanya hanya dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kue. Namun, kali ini kamu bisa loh memanfaatkannya sebagai solusi untuk mengatasi rambut kusut. Caranya dengan mencampurkan bubuk baking soda dan kondisioner dengan perbandingan 1:3. Pastikan campuran tersebut rata, ya. Jika sudah barulah aplikasikan kedua campuran tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Saat mengaplikasikannya, jangan lupa sambil dipijat halus selama beberapa menit, dan biarkan selama setengah jam. Gunakan shower cap untuk menutupi kepala jika campuran terlalu banyak menetes. Bilas rambutmu dengan air hangat sampai bersih.

4. Pakai Hair Mask

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan masker rambut untuk mengatasi rambut yang kusut. Karena masker rambut sangat berguna untuk memperbaiki tekstur rambut. Dengan formulanya yang ajaib, hair mask dapat menjaga kelembapan dan melembutkan kutikula rambut yang kering sehingga ketika diraba, rambutmu akan terasa lebih halus dari sebelumnya.

Kamu juga bisa membuat DIY hair mask yang terdiri atas madu, yogurt, dan almond oil. Campurkan ketiga bahan ini di dalam mangkok kecil, lalu aplikasikan ke rambut yang kondisinya kering dan tidak basah. Tunggu selama kurang lebih 20 menit, kemudian dibilas. Bahan alami lainnya adalah lemon yang lalu diperas dan dicampurkan ke dalam dua cangkir air putih. Aplikasikan ke kulit kepala sambil dipijat.

5. Menggunakan Produk yang Bisa Mengurangi Kekusutan

Tidak hanya conditioner, kamu juga bisa menggunakan produk untuk rambut kusut seperti spray, vitamin, dan serum yang bisa mengurangi kekusutan. Jika kamu bingung bagaimana cara mengatasi rambut kusut menggumpal, kamu hanya perlu membeli spray dan semprotkan produk tersebut di area yang kusut. Setelah itu, pijat atau ‘remas’ pelan rambutmu lalu mulailah disisir. Kamu juga bisa menggunakan jari-jari tangan jika dirasa sisir terlalu berat untuk rambutmu.

Cara Mencegah Rambut Kusut

Setelah mengetahui cara mengatasi rambut kusut dan berhasil teratasi, tentunya tak ingin dong kondisi tersebut kembali? Jadi, usahakan untuk mencegahnya semaksimal mungkin, dengan cara berikut ini.

1. Mengepang Rambut Sebelum Tidur

Untuk mencegah rambut agar tidak kusut dan menggumpal, salah satu caranya adalah dengan mengepangnya sebelum tidur. Sebab, ketika tidur, kamu tentu tidak akan sadar dengan pergerakan maupun posturmu. Jadi, rambut akan mudah bergesekkan dan menyebabkan kekusutan. Jadi, usahakan untuk mengepang rambut sebelum tidur untuk mencegah kekusutan.

2. Hindari Pemakaian Alat Penata Rambut

Biasanya rambut kusut bisa disebabkan karena pemakaian alat penata yang berlebihan. Agar hal tersebut tidak terjadi, segeralah hindari penggunaan alat penata rambut, ya.

3. Keramas dengan Air Dingin

Menghindari rambut kusut dan rusak, mulai sekarang biasakanlah untuk membilas rambutmu dengan air dingin agar kutikula rambut tidak rusak atau mudah patah. Selain itu, air dingin juga tidak akan membuat tekstur rambutmu kasar.

4. Perlakukan Rambut dengan Lembut

Terkadang, secara tidak sadar, kita mengeringkan rambut memakai handuk dengan cara yang sedikit kasar. Sebaiknya, tepuk-tepuk handuk ke rambutmu yang basah dan biarkan mengering secara alami.

5. Pakai Sarung Bantal Lembut

Bukan hanya tubuh yang perlu istirahat, namun rambut pun juga. Ketika tidur, kamu harus pintar memilih sarung bantal agar rambut tetap terjaga kesehatannya. Usahakan untuk memilih sarung bantal yang memiliki bahan halus dan lembut seperti katun ataupun satin. Hal ini bertujuan agar tidak merusak rambut ketika gesekan saat tidur itu terjadi.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi rambut yang kusut dan juga mencegahnya. Semoga artikelnya bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.