Jangan Mengeluh, Ternyata Ini Keajaiban Demam pada Tubuh Manusia

Hikmah Demam
google.com

Seruni.id – Demam bisa dialami siapa saja, dari bayi hingga orang dewasa sekalipun. Bukan merupakan sesuatu yang luar bisa, meskipun ketika terserang demam, tentu akan membuat penderitanya merasa lesu dan kerap berkeluh kesah. Namun, siapa sangka ternyata ada keajaiban demam yang terjadi pada tubuh manusia.

merdeka.com

Sebagaimana hadist yang telah disebutkan sebagai berikut,

“Janganlah engkau mencela penyakit demam, karena ia akan menghapuskan kesalahan-kesalahan anak adam, sebagaimana alat pandai besi itu bisa menghilangkan karat besi,” (HR. Imam Muslim).

Menurut Imam Ahmad dengan sanad yang shahih dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda,

“Demam yang menimpa dalam sehari dapt menghapuskan dosa selama satehun.”

Keajaiban Demam Begitu Besar

Keajaiban demam begitu luar biasa, saking bisa menghapuskan dosa, bahkan beberapa sahabat tidak mengeluh ketika diri mereka terserang demam, justru mereka mencintai demam bersemayam di tubuhnya. Semata-mata hanya ingin mendapatkan khasiat atau keajaiban demam dalam menghapus dosa-dosa manuai. Sebagaimana yang diucapkan oleh Abi Dunya,

“Mereka (para salaf) senantiasa berharap agar menderita sakit demam dalam suatu malam sebagai penghapus dosa-dosa yang telah beralalu.” MasyaAllah.

Rasulullah sendiri termasuk manusia termulia sepanjang zaman, juga pernah terserang demam. Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Aku pernah memasuki ruangan Rasulullah SAW, saat beliau terkena demam. Maka, aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah engkau terkena demam yang sangat parah?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Benar, aku terkena demam seperti dua orang dari kalian terkena penyakit ini.’ Aku bertanya, ‘Kalau begitu, apakah karenanya engkau mendapatkan dua pahala?’ Beliau menjawab, ‘Ya.'”

Penyakit demam yang muncul sebagai efek meningkatnya suhu tubuh, ternyata dapat menghapuskan dosa, mendatangan pahala, serta menyehatkan tubuh. Sebagaimana perkataan Syaikh Abdurrahman bin Yahya Al-Mu’aimi dalam bukunya Fawa’idul Maradh,

“Demam mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh. Yaitu demam dapat mengalirkan endapan-endapan, mengeluarkan racun-racun tubuh, lalu dikeluarkan dari tubuh. Yang demikian itu tidak bisa dilakukan dengan obat apapun, selain dengan demam itu sendiri.”

MasyaAllah, itulah keajaiban demam yang kerap kita keluhkan, dan caci maki selama ini. Padahal, di dalamnya terkandung manfaat serta pahala yang luar biasa. Semoga setelah ini kita bisa bersabar dan ikhlas ketika mendapatkan cobaan atau penyakit yang menimpa diri kita. Sehingga menjadikan penyakit tersebut sebagai salah satu sumber pahala. Aamiin.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.