Jarang Diketehaui, Ini 10 Manfaat dari Cabai Hijau

google.com

Seruni.id – Cabai mungkin sudah tak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Cabai memiliki jenis yang beragam, mulai dari cabai yang berukuran kecil, hingga yang berbentuk unik seperti Cherry Bomb. Dari berbagai jenis cabai, cabai hijau memiliki tempat tersendiri bagi para pecinta pedas.

dream.co.id

Banyak orang yang mengira, jika makan cabai hanya akan membuat perut terasa sakit. Tapi sayangnya, pemikiran tersebut salah besar. Mengonsumsi cabai dengan porsi yang pas justru akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Begitupun dengan cabai hijau, yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan penglihatan hingga kesehatan rambut. Gak percaya? Yuk simak manfaat cabai hijau lebih lengkap berikut ini:

1. Perlindungan Terhadap Kanker

Cabai yang memiliki warna hijau dan rasa yang sangat pedas ini, ternyata kaya akan antioksidan dan ini membuat mereka bertindak sebagai petugas ebersihan tubuh. Sebab, pada jenis cabai yang satu ini, dapat melindungi tubuh terhadap kerusakan radikal bebas, dan memberikan kekebalan alami untuk kanker, dan memperlambat proses penuaan.

2. Mencegah Infeksi

Cabai ini juga mampu berperan penting sebagai anti peradangan dan anti bakteri. Kemampuan ini membuat cabai hijau bermanfaat utnuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti infeksi usus besar dan herpes zoster.

3. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Kandungan phytonutrient yang terdapat di dalamnya mampu memberikan efek relaksasi pada sistem pernapasan dan melindungi paru-paru dari berbagai macam penyakit seperti kanker paru-paru, atau dari gangguan pernapasan seperti batuk dan asma.

4. Kaya Akan Vitamin A

Tingginya jumlah vitamin A di dalam cabai hijau akan membantu memperkuat tulang, gigi, dan selaput lendir.

5. Mengurangi Tingkat Gula Darah

Selain itu, cabai hijau juga bermanfaat loh untuk mengurangi tingkat gula darah di dalam tubuh kita. Namun bukan berarti setelah kamu mengonsumsi banyak permen, kemudian dilanjutkan mengunyah cabai, ya.

6. Menjaga Kesehatan Mata dan Penglihatan

Vitamin A dalam cabai tiak perlu diragukan lagi. Sebab, vitamin ini mampu meningkatkan kemampuan penglihatan dan mengurangi risiko penyakit katarak dan penurunan kemampuan mata seiring bertambahnya usia.

7. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, ada kabar gembira nih untuk kamu. Ternyata cabai hijau yang rasanya sangat pedas itu, mampu untuk membantu menurunkan berat badan, loh.

Hal ini karena sistem pencernaan yang lancar akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga kemampuan membakar lemak dalam tubuh pun akan meningkat. Lemak jahat pun akan terbakar, membuat berat badanmu akan menurun. Oleh sebab itu, cabai jenis ini sangat cocok ditambahkan ke dalam menu dietmu.

8. Menenangkan Perasaan

Tidak hanya bermanfaat utnuk kesehatan fisik saja, cabai hijau juga berguna untuk kesehatan mental. Kandungan kapsanin di dalamnya mampu memberikan efek anti depresan pada otak dan memberikan efek endorphin yang baik untuk menjaga perasaan dan emosi tetap positif.

9. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan tidak saja baik untuk kesehatan organ tubuh, tapi juga baik untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit. Di dalamnya terkandung phytonutrient yang mampu meredakan masalah di kulit wajah seperti jerawat dan juga keirput.

10. Baik untuk Kesehatan Rambut

Tak hanya baik untuk kesehatan kulit saja, cabai hijau juga bermnafaat untuk kesehatan rambut, loh. Kandungan silikon alaminya mampu meningkatkan sirkulasi darah yang ada di folikel rambut. Ditambah lagi kandungan vitamin C yang menyalurkan oksigen ke rambut, sehingga membuat rambut menjadi lebih sehat, kuat, dan tentunya tidak mudah bercabang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.