Rahasia Oki Setiana Dewi Jadikan Anaknya Penghafal Al Qur’an

Rahasia Oki Setiana Dewi Jadikan Anaknya Penghafal Al Qur'an
instagram.com

Seruni.id – Mendidik anak agar menjadi penghafal Al Qur’an, rasanya bukanlah hal yang sulit, jika dilakukan sejak usia dini dengan konsisten. Begitulah yang dilakukan oleh Ustazah Oki Setiana Dewi, putrinya yang masih tergolong balita nampaknya telah fasih dalam melafalkan ayat suci Al Qur’an.

Rahasia Oki Setiana Dewi Jadikan Anaknya Penghafal Al Qur'an
instagram.com

Hal tersebut terlihat dari beberapa unggahan Oki melalui akun sosial media miliknya. Nah, baru-baru ini dalam kanal YouTube-nya, wanita 30 tahun ini memocorkan rahasianya dalam mendidik buah hatinya agar bisa menghafal Al Qur’an.

Banyak warganet yang penasaran bagaimana metode Oki membiasakan Maryam Nusaibah Abdullah, putri pertamanya yang kini baru berusia 4,5 tahun dalam menghafal Al Qur’an.

Sudah Mendambakan Sejak Lama

Rupanya, kakak Ria Ricis ini sudah sejak lama mendambakan memiliki anak penghafal Al Qur’an atau hafiz dan hafiza. Hal ini rupanya menjadi penyemangatnya hingga kini mendampingi putri balitanya yang sudah hafal beberapa ayat tersebut.

“Saya mau berbagai kepada teman-teman sekalian, banyak sekali yang bertanya di Instagram dan sosial media, gimana sih cara ngajarin Maryam Qur’an, emang cita-cita dari dulu, dari zaman gadis memang pengin banget, yang paling utama tuh anak-anak harus hafal Qur’an dulu,” ungkap ibu tiga anak dalam YouTube channelnya.

Mencari Pasangan yang Visi dan Misinya Sama

Menurutnya, untuk menghasilkan anak penghafal Al Qur’an, yang menjadi landasan utamanya adalah memiliki pasangan dengan visi misi yang masa. Itulah yang membuat dirinya menikah dengan Ory Vitiro.

“Carilah pasangan yang punya tujuan sama, yaitu untuk menghasilkan generasi Qur’an. Setelah itu akhirnya menikah,” katanya.

Selain itu, ketika anak masih di dalam kandungan pun sangat penting sekali diperdengarkan ayat-ayat Al Qur’an. Oki beryusukur saat sedang mengandung Mayram, ia selalu melakukan hal tersebut.

“Maryam dari kandungan memang banyak dengar ayat suci Al Qur’an. Saat Maryam mulai bisa bicara, dia mulai belajar Al Qur’an, caranya ditalqinkan, kita baca berulang-u;ang terus satu ayat itu kan berulang-ulang, lama-lama dia hafal, telaten aja sebenarnya, gitu,” ungkapnya.

Tak hanya di rumah, Oki juga merekrut guru khusu untuk mendampingi putrinya itu. Setiap hari, minimal satu jam Maryam pasti ditalqinkan.

“Maryam ada gurunya di sekolah untuk khusus belajar Al Qur’an. Jadi dalam satu hari, minimal satu jam di luar jam sekolah, ziyadah atau murojaah. Jadi itu sudah terbiasa sejak 2 tahun hingga sekarang usia 4 tahun,” kata Oki.

Hal pertama yang dilakukan Oki adalah selalu membacakan Al Qur’an di mana pun. Termasuk ketika mereka sedang berada di perjalanan. Maryam juga dibatasi mendengarkan hal lain, dan hanya difokuskan untuk mendengar ayat Al Qur’an saja.

“Jadi gak susah-susah, ditalqinkan dulu. Caranya kita aja yang ngaji atau gurunya yang ngaji talqinkan, kan dia belum bisa baca Alquran,” kata Oki.

Ada empat hal yang selalu dilakukan Oki agar Maryam bisa menghafal, yaitu pertama, ia membaca dulu lalu maryam mendengar. Kedua, ulangi 10 kata-kata yang pendek dan Maryam mengikuti. Ketiga, Maryam baca keseluruhan, satu ayat. Keempat, ziyadah dan murojaah setiap hari.

Yuk didik anak-anak kita seperti apa yang dilakukan oleh Ustazah Oki Setiana Dewi. Tak ada yang lebih membanggakan ketika memiliki anak yang dapat menghafal Qur’an, apalagi di usianya yang sangat kecil. Semoga hal ini memotivasi kita untuk bisa menghasilkan anak-anak generasi Qu’ran yang soleh dan solehah. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.