5 Jenis Love Language dan Artinya yang Harus Dipahami Setiap Pasangan

  • Bagikan
5 Jenis Love Language dan Artinya yang Harus Dipahami Setiap Pasangan

Seruni.id – Apa love language kamu dan pasangan? Kalau belum tahu, yuk segera mencari tahu. Seruni telah telah merangkumnya untukmu berikut ini:

5 Jenis Love Language dan Artinya yang Harus Dipahami Setiap Pasangan
hellosehat.com

Meski sudah menjalin hubungan sekian tahun lamanya, tapi tak jarang pasangan suami istri masih belum tahu apa yang disukai dan membuat bahagia. Atau di antara kalian masih ada yang merasa bingung untuk menyenangkan pasangan? Bisa jadi penyebabnya karena kalian belum tahu love language masing-masing.

Seberapa pentingkah love language alias bahasa cinta? Sangat penting, dengan mengetahuinya, nantinya kamu juga bisa paham menganai hal yang membuatmu dan pasangan merasa bahagia. Pasalnya, pertengkaran dalam pernikahan sering kali terjadi karena mereka memiliki love language yang berbeda dan tidak berusaha untuk mengerti. Berikut ada beberapa bahasa cinta yang harus kamu dan pasangan ketahui.

 

1. Word of Afirmation (Kata-kata penegasan)

Ada beberapa orang yang love language-nya adalah word of afirmation alias kata-kata penegasan. Di mana mereka perlu mendengar pasangan berkata “Aku mencintamu” dan kata-kata membahagiakan lainnya. Namun, pemilik bahasa cinta yang satu ini, mereka akan merasa lebih senang apabila kata-kata tersebut disertai dengan alasan.

Kata-kata cinta dari pasangan yang disampaikan secara tulus dengan kebaikan dan penegasan, bisa membuat seseorang merasa dicintai secara penuh. Contoh kata-kata lainnya yaitu seperti “Terima kasih”, “Kamu baik sekali”, atau “Aku sangat menghargai apa yang kamu lakukan”.

 

2. Acts of Service (Tindakan melayani)

Love language yang satu ini mencakup apa saja yang kamu lakukan untuk meringankan beban tanggung jawab. Contohnya, sekadar membersihkan debu di lantai, pergi berbelanja, atau mengirimkan pesan terima kasih. Kalau kamu bingung dengan apa yang dibutuhkan oleh pasangan, cobalah untuk menanyakan pada pasangan tentang hal-hal mereka sukai dan dapat meringankan bebannya. Setelah itu, aturlah waktu untuk mengerjakannya. Contoh hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk pasangan, seperti mengantarkan sarapan ke tempat tidur, mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan, dan lain-lain.

 

3. Quality Time (Waktu berkualitas)

Jenis love language yang berikut ini adalah quality time alias waktu berkualitas. Pemilik love language ini, biasanya akan lebih senang ketika menghabiskan waktu berdua bersama pasangannya. Meskipun hanya sekadar berjalan-jalan atau menonton film bersama. Sebab, bagi mereka, waktu bersama adalah hal yang bermakna karena tidak bisa diulang kembali. Jadi, jika kamu atau pasangan cenderung selalu ingin menghabiskan waktu bersama, bisa dipastikan bahwa love language-mu adalah quality time.

 

4. Receiving Gifts (Menerima hadiah)

Mereka yang memiliki love language receiving gifts, akan merasa bahagia apabila mereka diperhatiakan oleh pasangan dengan cara memberikannya hadiah. Dengan kata lain, mereka lebih senang diperhatikan melalui tindakan daripada sekadar kata-kata. Jadi, kalau pasanganmu adalah orang yang senang menerima hadiah, maka pilihlah hadiah yang tepat yang dapat menunjukkan bahwa kamu memahaminya.

Berikanlah hadiah yang disukai oleh pasangan atau diminta olehnya, sehingga mereka lebih snenag ketika menerimanya. Setelah itu, rencanakan cara khusus untuk memberikan hadiah tersebut, seperti membuat kejutan. Tindakan memberi hadiah dapat memberi tahu pasangan bahwa kamu cukup peduli dan memiliki usaha untuk menyenangkan pasangan.

 

5. Physical Touch (Sentuhan fisik)

Biasanya, mereka yang memiliki love language physical touch akan senang dengan semua jenis sentuhan fisik. Mulai dari berpegangan tangan, pelukan, atau tepukan di punggung. Temukanlah cara untuk mengekspresikan cinta kamu pada pasangan dengan menggunakan sentuhan fisik, contohnya memeluknya, menyentuh lengan atau tangan mereka selama percakapan, menawarkan untuk memijatnya, dan lain-lain.

Sebab, sentuhan fisik adalah salah satu cara mengomunikasikan cinta secara langsung. Asalkan, hal tersebut kamu lakukan di tengah suasana yang penuh cinta dan tidak memaksa. Dengan begitu, sentuhan fisik akan menjadi bahasa cinta paling efektif daripada bahasa lainnya.

Baca Juga:

Itulah bahasa cinta yang harus diketahui oleh pasangan suami istri. Semoga dengan ini, kalian dapat lebih memahami satu sama lain, ya. Jadi, apa nih love language-mu?

  • Bagikan