10 Kalimat Positif yang Bisa Bikin Anak Cerdas dan Percaya Diri

  • Bagikan
10 Kalimat Positif yang Bisa Bikin Anak Cerdas dan Percaya Diri
bebeclub.co.id

Seruni.id – Setiap kata adalah doa. Maka, kita dianjurkan untuk selalu berucap yang baik dan melontarkan kalimat positif. Begitupun ketika kita berbicara pada anak. Pasalnya, setiap kata yang keluar dari mulut orangtua, akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si buah hati.

10 Kalimat Positif yang Bisa Bikin Anak Cerdas dan Percaya Diri
idntimes.com

Selain dapat mencerdaskan mereka, kalimat positif yang diucapkan oleh orangtua, juga berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri anak. Para orangtua wajib sekali untuk menerapkannya, jika ingin anak tumbuh dengan cerdas dan percaya diri. Berikut ini, Seruni telah merangkum beberapa kalimat positif yang bisa diucapkan orangtua, agar anak menjadi cerdas dan percaya diri. Simak baik-baik!

 

Kalimat Positif yang Membuat Anak Cerdas

Meski kalimat-kalimat di bawah ini cenderung singkat dan sederhana, tapi bisa tertanam di pikiran anak, loh. Bahkan, bisa membuat mereka cerdas dan percaya diri. Berikut kalimatnya:

1. “Ibu sangat suka kreativitasmu, yuk lanjutkan.”

2. “Ibu rasanya sangat senang deh kalau dengar cerita dari kamu.”

3. “Terima kasih sudah menolong Ibu hari ini, kamu sangat membantu.”

4. “Ibu akan selalu percaya denganmu.”

5. “Wah, hebat! Kamu tidak takut tantangan ini! Keren, Ibu bangga padamu.”

6. “Nak, kamu boleh kok tidak sependapat dengan Ibu.”

7. “Kamu memikirkan dan menyelesaikan itu semua sendiri? Keren. Terima kasih, ya.”

8. “Ide bagus nih, coba gunakan ide-mu yuk!”

9. “Jangan takut salah, ini adalah proses.”

10. “Nak, ayo kita diskusikan masalah ini bersama.”

 

Manfaat Selalu Mengucapkan Kalimat Positif pada Anak

Memberikan kata-kata positif pada anak, memiliki banyak manfaat. Selain lebih mudah dipahami, juga dapat membentuk karakteristik seorang anak dengan baik. Melansir dari laman Grid.id, berikut beberapa manfaat lain mengucapkan kalimat positif pada anak:

1. Lebih Memungkinkan untuk Didengar

Bukan hanya anak-anak, kita yang telah dewasa saja, pasti tidak suka jika seseorang berbicara dengan tidak baik atau kasar. Apalagi, jika hal ini dilakukan orangtua terhadap anak, pastinya akan sangat menyakitkan sekali bagi hati mereka. Maka dari itu, ucapakanlah selalu kata-kata positif pada anak dan sampaikan secara lembut, agar lebih mudah didengar olehnya.

2. Akan Meniru Perilaku Orangtuanya

Anak adalah peniru paling andal. Apa yang orangtuanya lakukan, memungkinkan untuk mereka tiru. Maka dengan selalu mengucapkan kalimat positif padanya, mereka akan melakukannya pula ketika berbicara kepada orang lain. Begitupun jika kamu terus-menerus mengkritik dan berbicara kasar padanya, hal yang sama bisa dilakukan oleh anak. Oleh karena itu, beri anak contoh tentang hal-hal positif dibanding terus mengkritik mereka.

3. Akan Lebih Menghargai Orangtua

Ketika orangtua selalu mengucapkan kalimat positif pada anak, secara alami mereka akan melakukannya di luar rumah, seperti di sekolah atau ketika sedang di tempat lain. Tidak lama kemudian orang-orang di sekitar anak akan mengomentari perilakunya yang sopan dan cara berbicaranya. Tak jarang, sikap ini membuat anak merasa bangga padamu. Apalagi hal tersebut selama ini sudah kita ajarkan sebagai orang tua.

4. Memiliki Hubungan yang Lebih Kuat

Manfaat lainnya jika kamu selalu memberikan kalimat positif pada anak, yaitu akan menguatkan hubunganmu dengan si buah hati. Bukan hanya dari segi fisik saja, tapi juga kedekatan secara emosional. Kalimat positif yang orangtua ucapkan, akan mengikis jarak antara kamu dan anak. Baik kita sebagai orangtua atau mereka sebagai anak akan merasa saling dihargai.

Baca Juga: 5 Doa untuk Anak yang Perlu Dibaca Setiap Hari Oleh Orangtua

Itulah 10 kalimat positif yang bisa bikin anak cerdas dan percaya diri serta beberapa manfaatnya. Mulai sekarang, yuk berikan perkataan yang positif pada anak, agar mereka tumbuh dengan baik.

  • Bagikan