6 Dampak Negatif Jika Terobsesi Berlebihan pada Idola, Kurangi Yuk!

  • Bagikan
6 Dampak Negatif Jika Terobsesi Berlebihan pada Idola, Kurangi Yuk!
blog.cakap.com

Seruni.id – Setiap orang pasti punya idola. Siapa saja bisa dijadikan idola, mulai dari keluarga, teman, tokoh-tokoh penting, sampai artis. Namun, usahakan untuk tidak terobsesi berlebihan pada idola tersebut, ya. Sebab, segala yang berlebihan tentu tidaklah baik. Akan ada dampak negatif yang akan terjadi.

6 Dampak Negatif Jika Terobsesi Berlebihan pada Idola, Kurangi Yuk!
cantik.tempo.co

Jika seseorang telah terobsesi berlebihan pada idola, menurut psikologis mereka telah mengalami suatu kondisi yang disebut Celebrity Worship Syndrome (CWS). Melansir dari laman okezone, CWS merupakan sebuah jenis hubungan parasosial yang terjadi ketika seseorang sangat tertarik dan terobsesi pada seseorang yang ia idolakan. Gangguan ini, akan membuat penderitanya cenderung berperiaku obsesif, kompulsif, dan adiktif. Lantas, apa saja dampaknya?

 

1. Membuang Waktu dengan Sia-sia

Wajar rasanya jika kita memiliki tokoh idola. Namun terkadang, hal tersebut juga bisa membuat kita abai akan segala hal. Menjadi lupa waktu dan lebih fokus pada idola tersebut saja. Kalau sudah seperti ini, tandanya kita telah terkena dampak buruk tersebut. Terobsesi berlebihan pada idola, juga akan membuang waktu dengan sia-sia. Karena biasanya, kita hanya menghabiskan waktu untuk bermain media sosial, hingga lupa makan, tidur, dan akan menganggu aktivitas lainnya.

 

2. Menganggu Kesehatan Mental

Dampak dari terobsesi berlebihan pada idola berikutnya yaitu dapat menganggu kesehatan mental kita. Ini terjadi karena kita kerap membandingkan diri dengan idola tersebut. Kalau sudah membandingkan, biasanya kita akan berusaha menyamakan diri kita dengan mereka. Tak sedikit dari pengidap CWS yang berakhir dengan melakukan tindakan medis demi terlihat mirip dengan idolanya. Kondisi ini tentu akan berpengaruh ke banyak aspek, seperti kesulitan keuangan karena berusaha memenuhi kebutuhan diri atau menjadi gila karena tidak bisa apa-apa.

 

3. Melakukan Tindakan Nekat

Demi memenuhi obsesinya pada sang idola, tak sedikit para penggemar yang melakukan tindakan nekat. Dimana tindakan tersebut bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi juga orang lain, termasuk orang yang diidolakan. Di Korea sendiri, bahkan ada julukan bagi penggemar yang terobsesi berlebihan pada idola, yaitu ‘sesaeng’. Mereka biasanya menguntit, memasang kamera tersembunyi, meretas data pribadi, hingga menginap di depan apartemen sang idola.

 

4. Halusinasi Berlebihan

Terobsesi berlebihan pada idola ternyata juga bisa membuat seseorang menjadi halusinasi. Halusinasi pada panca indera terjadi akibat pengaruh otak. Mereka yang mengalami hal ini, biasanya meyakini bahwa mereka merasa melihat, menderngar, bahkan meraba sang idola. Padahal, itu hanya khayalannya saja. Memang terdengar aneh, tapi ini benar adanya. Kalau kamu pernah atau sedang merasakan hal demikian, sebaiknya segeralah meminta bantuan pada psikolog, agar kondisi tersebut tidak semakin parah.

 

5. Cemburu Berlebihan

Mereka yang terobsesi berlebihan pada idola, cenderung menunjukan kecemburuan yang irasional atau tidak masuk akal. Rasa obsesi yang berlebihan, terkadang membuat mereka terbawa arus untuk masuk ke ranah privasi sang idola, hingga akhirnya mereka cemburu ketika idolanya berkencan dengan orang lain. Tindakan cemburunya tersebut biasanya akan disalurkan melalui sosial media dengan memberikan ujaran kebencian.

 

6. Membenarkan Semua Tentang Idolanya

Para penggemar yang fanatik biasanya akan sangat menjaga nama baik artis idolanya. Tak jarang, mereka membenarkan semua tentang artis idolanya. Meski sebenarnya hal tersebut salah, mereka tidak pandang bulu.

 

Langkah Mengandalikan Obsesi

Agar dampak dari terobsesi berlebihan pada idola tidak semakin parah, cobalah untuk mengendalikannya. Walaupun awalnya pasti akan sulit, tapi percayalah, kamu bisa melakukannya. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

Mengalihkan Perhatikan

Cara mengendalikan diri dari obsesi berlebihan yang pertama, yaitu cobalah paksakan dirimu untuk menjinakkan obsesi dengan tidak mengindahkannya. Cari sesuatu yang lebih menarik dan nyaman untuk mengalihkanmu dari obsesi tersebut. Dengan begitu, nantinya kamu akan menyadari, bahwa ada hal yang lebih penting daripada sekadar mengedepankan obsesi semata.

 

Tuntaskan Pekerjaan yang Sebelumnya Tertunda

Kadang kala, sikap obsesi kita bisa menhgambat segala hal, misalnya pekerjaan. Maka dari itu, untuk mengatasi obsesi yang berlebihan terhadap idola, cobalah untuk mulai menuntaskan pekerjaan atau aktivitas yang sebelumnya tertunda. Luangkan waktu untuk fokus pada satu tujuan dan buatlah tujuan baru setelah satu per satu tujuanmu tercapai.

 

Fokus pada Tujuan Besarmu

Temukan tujuan hidupmu, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dan jika kamu bisa menemukan tujuan hidup yang bisa menginspirasi, kamu akan bisa menyadarkan diri sendiri untuk kembali ke realita ketika pikiran obsesif menyerangmu.

 

Jangan Lupa Olahraga

Langkah berikutnya untuk mengatasi obsesi berlebihan pada idola yaitu dengan melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan. Misalnya meditasi, karate, atau menari. Luangkan banyak waktu, karena seiring berjalannya waktu, obsesi akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: 8 SMA ini Ternyata Penghasil Seleb di Indonesia, Idola Kamu yang Mana?

Demikian informasi mengenai dampak negatif yang ditimbulkan jika terobsesi berlebihan pada idola. Mengidolakan seseorang seperti artis, tentu tidak salah, yang salah adalah saat kamu terlalu terobsesi dan merugikan diri sendiri serta orang lain.

  • Bagikan