100 Kata-kata Bijak Islam yang Menenangkan Jiwa

100 Kata-kata Bijak Islam yang Menenangkan Jiwa
howslife1sora.wordpress.com

Seruni.id – Sebagai manusia, teradang kita membutuhkan sebuah kata-kata bijak Islam untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Sebab, kita tak hanya bisa merasakan kebahagiaan saja. Namun, kesedihan pun kerap hadir membuat perasaan menjadi gelisah dan gundah gulana.

100 Kata-kata Bijak Islam yang Menenangkan Jiwa
google.com

Nah, jika kamu adalah seorang Muslim yang sedang galau diterpa permasalahan hidup, mungkin kata-kata bijak Islami kehidupan sehari-hari ini bisa memberikan semangat dan menenangkan hatimu. Berikut kata-kata bijak Islam singkat, yang tak hanya dijadikan sebagai renungan diri sendiri saja, tapi juga cocok untuk menghiasi media sosialmu.

Kata-kata Bijak Islami untuk Wanita

Kata-kata bijak yang Islami kerap memberikan ketenangan batin bagi pembacanya, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan renungan. Jika kamu sedang dalam kondisi yang tidak baik dengan kata lain ‘galau’, maka kata-kata bijak Islam untuk wanita ini akan membantumu agar lebih tenang.

1. “Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan.”

2. “Janji Allah tak akan pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa, mungkin ada yang salah dengan imanmu.”

3. “Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu dimana batas kemampuanmu.”

4. “Wanita Muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya.”

5. “Allah menjadikanmu seorang Muslimah karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan alah kamu pantas untuk itu.”

6. “Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan mau menerima apapun yang lebih rendah dari itu.”

7. “Jangan biarkan lidahmu untuk menyebut kekurangan orang lain. Sebab, kamu punya kekurangan dan orang lain pun punya lidah.”

8. “Jadikan setiap hari sebagai kesempatan untuk menjadi Muslimah yang lebih baik.”

9. “Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu.”

10. “Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang.” (Ali bin Abi Thalib)

11. “Jadilah Muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar’i. Dan cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji.”

12. Wanita seharusnya tidak seperti bulan, yang setiap orang bisa melihatnya tanpa tertutupi apa pun, tapi wanita seharuanya bisa menjadi seperti matahari yang membuat mata tertunduk sebelum mereka melihatnya.”

13. “Hijab bukan hanya tentang apa yang kamu kenakan, tapi juga tentang sikap dan ucapanmu.”

14. “Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah utnuk wanita-wanita yang baik pula.” (QS. An Nuur 26)

15. “Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya.” (Tariq Ramadan)

Kata-kata Bijak IslamI Kehidupan Sehari-hari

Kata-kata bijak Islami tentang kehidupan, akan memberikan hikmah berupa nilai-nilai persaudaraan. Untuk mencapai dan menjunjung nilai-nilai kehidupan, bisa dimulai dari hal kecil, salah satunya dengan membaca kata-kata bijak Islam berikut ini.

16. “Kita tidak akan pernah tahu bagaimana menyembah-Nya sebelum kita mulai dengan bagaimana mencintai-Nya.”

17. “Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan ‘Bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba’.”

18. “Kita tidak akan pernah kalah sampai kita menyerahkan semuanya kepada Tuhan.”

19. “Sejatinya bukan karena kita hebat, tapi karena Allah yang telah memudahkan urusan kita.”

20. “Istiqomah itu sulit dan butuh perjuangan, sehingga hanya orang-orang terpilihlah yang mampu melakukannya.”

21. “Wahai diri, tidaklah Allah memberikan ujian, cobaan, dan kesulitan padamu, kecuali sebagai bukti tanda cintanya.”

22. “Penuhilah setiap relung hatimu dengan keridhoan Allah. Maka setiap ia yang akan mengisi relung hatimu, juga ia yang sudah menghadirkan Allah dalam hatinya.”

23. “Jangan memusingkan rencana Allah tentang jodoh yang belum juga datang. Sebab, Allah tahu kapan waktu yang terbaik bagimu untuk berjodoh.”

24. “Kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan. Hanya saja, kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan.”

25. “Tidak ada kehilangan yang paling menyedihkan di dunia ini, selain kehilangan kejujuran, harga diri, dan martabat.”

26. “Masalah adalah sebuah kesempatan untuk menunjukan kemampuan terbaik kita.”

27. “Semua itu butuh pengorbanan dan keikhlasan apalagi memilih jalan kebaikan, pasti akan selalu ada orang yang bertentangan. Tetapi Allah takkan pernah menutup kerinduan bagi mereka yang rela melakukan perubahan.”

28. “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (QS. Al-Qashas: 77)

29. “Kebaikan tidak sama dengan kejatahan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.” (QS. Fusshillat: 34)

30. “Maka, jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu.” (Q.S Fatir: 5)

Kata-kata Bijak Islami Penyejuk Hati

Berikut ini ada beberapa kata-kata bijak Islami yang bisa menyejukkan hati kita. Bahkan, akan terasa jauh lebih tenang. Mari disimak baik-baik untuk memotivasi hidup kita.

31. “Seorang Muslim adalah orang yang tidak menyakiti Muslim lainnya dengan lisan dan tangannya.”

32. “Jika kamu ingin meraih sesuatu di tempat yang tinggi maka kamu akan membutuhkan kursi. Jika kamu punya impian, maka Allah lah yang kita butuhkan dengan cara berikhtiar dan do’a.”

33. “Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti apa yang kamu harapkan. Sebab, Allah memiliki rencana yang baik untuk dirimu.”

34. “Yang tidak pernah meninggalkanmu selain Allah adalah doa ibumu.”

35. “Nikmat yang paling berharga selain nikmat iman dan Islam, adalah memilki sahabat yang soleh.”

36. “Calon manusia sukses tida akan pernah mengeluh, tapi akan sibuk memperbaiki diri dari kesalahan yang pernah dibuatnya.”

37. “Kebahagiaanmu tidak ditentukan oleh orang lain, tapi oleh dirimu sendiri. Apa yang kamu lakukan hari ini, akan menentukan kebahagiaanmu di masa depan.”

38. “Jangan pernah menyerah selahi kamu masih mampu bernafas, tidak ada alasan untuk menyerah.”

39. “Cinta pada dunia, maka dunia akan pergi, cinta pada manusia, manusia akan mati. Maka cintailah Allah karena dialah yang kekal dan abadi.”

40. “Semoga segala usaha kita hari ini untuk mengais rezeki, senantiasa mendapatkan keberkahan.”

41. “Jangan hanya bersyukur pada Allah saat semuanya baik-baik saja, tapi bersyukurlah di segala keadaan dan kondisi yang kamu alami.”

42. “Jangan pernah sekalipun kamu meremehkan kekuatan doa.”

43. “Berbahagialah, jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Jangan lupa untuk mengucapkan Alhandulillah bagaimanapun kondisinya.”

44. “Tantangan terbesar dalam hidup ialah menemukan jati dirimu yang sebenarnya. Tantangan terbesar berikutnya adalah menerima dengan senang atas apa yang kamu temukan.”

45. “Jangan pernah kalah. Jadilah menang atau belajar dari kekalahan.”

Kata-kata Bijak Islam Tentang Kesabaran

Sabar bukanlah hal yang muda dilakukan. Namun, kesabaran sangat dibutuhkan dalam mengarungi dinamika kehidupan yang penuh problematika. Hanya meraka yang berjiwa besar yang mampu menerapkan sikap sabar dalam kehidupannya. Berbicara tentang kesabaran, berikut ini ada beberapa kata-kata bijak Islam tentang kesabaran.

46. “Jadikalanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu; sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

47. “Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan.” (HR. Tirmidzi)

48. “Sesungguhnya kesabaran itu tidak ada batasnya. Maka jika masih terdapat batas, bukanlah kesabaran namanya.”

49. “Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah selalu bersama orang-orang yang bersabar.”

50. “Kesabaran adalah akhlak mulia yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan.”

51. “Allah tidak pernah mengatakan bahwa jalan hidup akan mudah. Tapi Dia mengatakan ‘Aku akan bersama dengan mereka yang mau bersabar’.”

52. “Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang.” (Ali bin Abu Thalib)

53. “Bersabarlah, karena kabikan akan datang pada mereka yang menunggu.”

54. “Sabar menghadapi cobaan dan musibah dengan senang hati karena yakin semua itu datangnya dari Allah.”

55. “Kesabaran yang dicontohkan Nabi kepada manusia cukuplah menjadi teladan yang baik.”

56. “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaanya itu melewati batas.” (QA. Al-Kahfi: 28)

57. “Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar.” (QS. Ar-Ruum: 60)

58. “Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini.”

59. “Kesabaran adalah obat yang paling manjur bagi semua permasalahan.”

60. “Allah menjanjikan pahala yang tidak terbatas bagi orang-orang yang sabar menghadapi ujian.”

61. “Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban. Akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk merubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah.”

62. “Bersabarlah setiap saat dan dalam setiap kesempatan, karena kesabaran akan mengantarkan kepada kebenaran, dan kebenaran akan mengantarkan kepada surga. Jangan marah dan murka, karena kedua emosi ini akan mengantarkan kepada kejahatan, dan kejahatan akan mengantarkan ke neraka.”

63. “Bersabarlah saat menghadapi rintangan, sebab tiada kesuksesan yang diraih tanpa kesabaran.”

64. “Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan.”

65. “Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, dan sekolahnya seumur hidup.”

66. “Sabar itu bukan hanya tentang kepasrahan semata. Namun juga soal niat dan tekad.”

67. “Tanda kesabaran adalah tidak menyebut kesusahan, tidak menyebut kesaktian, dan tidak memuji diri sendiri.”

68. “Ketika kamu sabar dalam menahan amarah, maka kamu telah menyelamatkan ribuan penyesalan.”

69. “Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk.” (Abu Bakar)

70. “Sabar adalah sikap yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Seberat apapun, akan lebih mudah jika diselesaikan dengan kesabaran.”

Kata-kata Mutiara Islam untuk Membangun Diri Menjadi Lebih Baik

Setiap orang tentu menginginkan perubahan dalam hidupnya. Menjadi lebih baik adalah pilihan yang paling tepat. Namun, ketika ingin berubah kita tentu memerlukan motivasi agar kita bisa bersemangat melakukan perubahan tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa kata mutiara Islam untuk membangun diri menjadi lebih baik.

71. “Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tiddak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam.” (Abu Hamid Al Ghazali)

72. “Setiap hembusan nafas yang diberikan Allah padamu bukan hanya berkah, tapi juga tanggung jawab.”

73. “Ketika Allah menjatuhkanmu dari tebing, percayalah sepenuhnya kepada-Nya karena hanya dua hal yang bisa terjadi. Entah Ia akan menangkapmu atau Ia akan membuatmu belajar untuk terbang.”

74. “Dan tidaklah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui.”

75. “Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR Abu Daud, Tirmidzi)

76. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar Rad: 11)

77. “Renungkanlah dirimu, masa lalu, masa kini, dan masa depanmu. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenali sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya.” (Quraish Shihab)

78. “Jangan pernah merasa lebih baik daripada orang lain. Karena kita tidak tahu seberapa banyak amal kebaikan yang ia tutupi.”

79. “Satu tindakan jauh lebih bijak dibandingkan ribuan kata-kata mutiara dan rencana-rencana yang masih tetap bertengger di kepala.”

80. “Dunia hanyalah satu tetes nikmat Allah diantara lautan nikmat-Nya. Jadi, apakah kamu puas hanya dengan memiliki dunia?”

81. “Ridha lah kepada Allah, untuk membuka jalan ke ridhaan Allah.”

82. “Kebahagiaan adalah pilihan, bukan hasil. Tidak ada yang akan membuat kamu senang sampai kamu memilih untuk bahagia. Tidak ada orang yang akan membuatmu bahagia kecuali kamu memutuskan untuk bahagia. Kebahagiaan kamu tidak akan datang kepadamu. Itu hanya bisa datang dari dirimu sendiri.”

Kata Mutiara Islam Tentang Bersyukur

Segala nikmat yang kita terima patut kita syukuri, dengan tiak mengeluh apalagi menyalahkan keadaan. Mungkin dengan beberapa kata motivasi Islami ini dapat menjadikan diri kita pribadi yang lebih bersyukur lagi.

83. “Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad)

84. “Jangan pernah menyerah ketika doamu belum juga terjawab. Karena untuk orang-orang yang bersabar, Allah bahkan telah memberikan yang lebih.”

85. “Ketika kamu melihat seseorang yang diberikan kelebihan harta dan keindahan rupa, maka cobalah untuk melihat kepada mereka yang diberi lebih sedikit.”

86. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih.” (QS Ibrahim: 7)

87. “Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS Ali Imran: 144)

88. “Dan Allah telah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui apapun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (An-Nahl: 78)

89. “Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan waktu yang tepat untuk kamu memilikinya.”

90. “Jika Allah memberi nikmat meski hanya sepotong roti saja. Maka syukurilah. Karena Allah tidak membutmu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu.”

91. “Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?”

92. “Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya.”

93. “Tidak ada kalimat “Semua akan indah pada waktunya”, karena setiap hari pun semuanya terlihat indah jika kita pandai bersyukur.”

94. “Rasa syukur akan menambah nikmat yang sedikit, dan akan melipatgandakan sesuatu yang banyak.”

95. “Banyaknya nikmat Allah yang kita lupakan tetapi ujian-Nya yang sedikit kita hiraukan. Di manakah syukur kita? Sedangkan ujian itu juga adalah salah satu rahmat dan tanda kasih sayang Allah kepada kita.”

96. “Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad)

97. “Cara paling sederhana untuk mencapai kebahagiaan adalah bersyukur dengan apa yang telah engkau miliki.”

98. “Bersyukur adalah cara terbaik untuk bahagia, dan mengeluh adalah cara terburuk dalam menikmati hidup.”

99. “Belajarlah mengucap syukur dari hal-hal baik di hidupmu, belajarlah menjadi kuat ari hal-hal buruk di dihupmu.”

100. “Syukur dan sabar itu seperti sayap. Sayap sebelah kanan adalah syukur, sayap sebelah kiri adalah sabar. Jika patah salah satunya, maka jatuhlah kita.” Hamka

Baca Juga: 110 Kata-kata Motivasi Hidup untuk Membangun Semangat

Demikianlah 100 kata-kata bijak Islam yang bisa kamu jadikan sebagai bahan renungan. Dan juga bisa kamu bagikan ke media sosialmu. Dengan membagikan kalimat-kalimat Islami di atas, tandanya kamu sudah membagikan kebaikan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.