30 Contoh Kata-kata Renungan Akhir Tahun

  • Bagikan
30 Contoh Kata-kata Renungan Akhir Tahun
caracol.com

Seruni.id – Kata-kata renungan akhir tahun yang akan Seruni bagikan berikut ini, bisa menjadi pengingat, bahwa waktu yang telah berlalu adalah sebuah pelajaran berharga. Sehingga, kita tidak boleh menyesali apa yang telah terjadi. Sebab, dengan pengalaman, akan mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik di tahun mendatang.

30 Contoh Kata-kata Renungan Akhir Tahun
idntimes.com

Berbicara mengenai kata-kata renungan akhir tahun, Seruni akan membagikannya untukmu. Kalimat tersebut tentunya tidak lepas dari harapan dan doa. Kamu bisa menjadikan kata-kata renungan akhir tahun ini, sebagai caption di media sosialmu. Berbagai kata-kata bijak akhir tahun 2021 ini, bisa kamu gunakan sebagai motivasi di tahun yang akan datang. Berikut contohnya:

 

Kata-kata Renungan Akhir Tahun yang Menyentuh

Akhir tahun menjadi momen yang paling tepat untuk menginstrospeksi diri. Agar di tahun mendatang, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya. Buat kamu yang ingin membuat status di media sosial, kamu bisa menggunakan kata-kata renungan akhir tahun berikut ini sebagai captionnya.

1. “Tahun 2021 akan segera berganti, sedangkan di sini aku hanya berdiam dan merenung. Itu salah besar! Semestianya aku tidak boleh terlampau diam dalam murung. Apa gunanya tahun berganti, sedangkan aku masih begini-begini saja.” – Ozy V. Alandika

2. “Satu tahun telah berlalu, banyak pelajaran berharga yang aku dapatkan. Pelajaran yang membuatku tersadar, bahwa seberat apa pun masalah yang dihadapi, hidup harus terus berjalan.”

3. “Kini kita telah sampai di penghujung tahun. Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk merenung. Jangan terlalu banyak menangis karena sesal, melainkan tambahkanlah porsi syukur dalam setiap doamu.”

4. “Lapangkan hatimu atas kegagalan di hari kemarin. Bersihkan hati dari sifat iri dan dengki. Jangan lupa, maafkanlah orang lain yang pernah menyakitimu.”

5. “Sesekali hidup itu jangan terlalu serius. Engkau jangan terlampau memaksakan dirimu sendiri untuk berjuang. Maafkanlah dirimu, dan terimalah kekuranganmu tanpa harus menutup-nutupinya.”

6. “Aku telah memaafkan segala hal, termasuk hal-hal yang telah menyakiti. Kini, saatnya aku membuka lembaran baru dengan hati yang lebih damai.”

7. “Meski ujian di 2021 menghantam bertubi-tubi, tapi aku akan terus melanjutkan hidupku. Semoga di tahun yang akan datang, aku sudah lebih kuat jika harus menerimanya lagi.”

8. “Semua begitu cepat beralalu, tanpa terasa 2022 sudah di depan mata. Namun, sudahkan kita memaafkan segala kesalahan yang pernah terjadi dan memperbaiki hari agar lebih baik?”

9. “Manisnya akhir tahun hanyalah sebatas kata-kata, dan sedihnya renungan hanya sebatas kalimat sedih yang menyentuh hati. Adapun tentang tawa, usaha dan bahagia, itu akan menjadi tanggung jawabmu sendiri.”

10. “Banggalah karena hingga tahun ini dirimu masih berjuang. Percayalah bahwa gagal itu pasti, tapi kesuksesan juga akan kamu jumpai, ketika kamu tidak berhenti berusaha.”

 

Kata-kata Renungan Akhir Tahun yang Bijak

Kata-kata renungan akhir tahun, tidak melulu berisi kalimat yang menyedihkan. Kamu bisa menuangkannya dengan kalimat yang bijak. Seperti contoh berikut ini:

11. “Jangan pernah menyesali apa yang telah terjadi di tahun ini. Bangkitlah, dan perbaiki di tahun mendatang.”

12. “Akhir tahun ini, jadikanlah sebagai momen untuk introspeksi diri. Bahwa di tahun mendatang harus lebih baik daripada tahun ini.”

13. “Hidup adalah perjalanan dan harapan yang baik. Aku adalah tonggak yang akan memberikan harapan dan memotivasimu untuk terus berjalan maju. Semoga di tahun mendatang, kita semua diselimuti kebahagiaan dan kesuksesan.”

14. “Selamat tinggal tahun 2021. Terima kasih karena telah mengajarkanku banyak hal. Di tahun depan, aku akan belajar banyak dari hari-harimu.”

15. “Semoga akhir tahun ini ditutup dengan hasil yang memuaskan.”

16. “Waktu akan terus berjalan, lembar demi lembar sudah terisi penuh. Terkadang tak bermakna dan terkadang penuh dengan makna. Semoga di tahun mendatang, setiap lembarannya memiliki makna dan manfaat.”

17. “Jika kau tanyakan padaku, ‘Siapa orang yang tak pernah gagal dalam hidupnya?”, jawabannya hanya satu; bahwa orang yang tidak pernah gagal hanya mereka yang telah berhenti berusaha.”

18. “Esok, adalah halaman kosong pertama dari buku dengan 365 halaman. Semoga aku bisa mengisinya dengan baik.”

19. “Setiap tahun baru, kita memiliki buku baru berisi 365 halaman kosong. Mari kita isi dengan hal-hal yang terlupakan di tahun lalu, kata-kata yang lupa tertulis, cinta yang lupa ditunjukkan, dan amal yang lupa kita tawarkan.”

20. “Kita akan membuka buku itu. Halamannya kosong. Kita akan menempatkan kata-kata pada diri mereka sendiri. Buku itu kusebut sebagai kesempatan. Dan bab pertamanya adalah tahun baru.”

 

Kata-kata Renungan Akhir Tahun Memotivasi

Tak ada satu pun orang yang tak ingin menjadi lebih baik. Semua orang, termasuk dirimu, juga ingin yang terbaik di tahun mendatang, kan? Dari kata-kata renungan akhir tahun berikut ini, semoga saja dapat memotivasimu, ya.

21. “Sebuah kegagalan merupakan hasil akhir yang tidak dapat diubah. Namun, kita dapat mengubah prosesnya agar mendapatkan hasil kesuksesan.”

22. “Akhir tahun itu penting, sebagai refleksi resolusi kita sepanjang tahun ini, juga unutk memotivasi di tahun yang akan datang.”

23. “Seetiap tahun, kita harus memiliki target. Dengan begitu, hidup akan lebih terarah dan tidak kehilangan fokus.”

24. “Kita harus ingat, bahwa segala yang telah kita lalui di tahun ini, adalah hari yang sangat baik.”

25. “Goresan tinta saat ini, adalah goresan pena tahun 2021. Mulailah lembaran baru dengan tinta yang baru di tahun berikutnya, tentunya dengan kisah yang lebih baik.”

26. “Tutup buku, buka lembaran baru. Goreskan kisah dengan tinta pena-mu. Meski tahun ini asa belum juga tergapai, semoga di tahun depan semuanya akan kamu raih.”

27. “Sungguh, kisah di tahun ini penuh dengan kejutan. Namun maaf, aku ingin pergi bersama tahun yang akan segera berganti. Di tahun 2022 nanti, aku berharap perjuanganku akan lebih baik lagi.”

28. “Jika tahun ini kamu belum bisa mendapatkan yang terbaik, setidaknya kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik.”

29. “Persiapkan hati dan jiwa untuk menyambut tahun yang akan segera berganti. Pastikan kita berbuat hal produktif di tahun depan.”

30. “Kegagalan di tahun ini, akan kujadikan pelajaran untuk sukses di tahun depan.”

Baca Juga: Doa di Akhir dan Awal Tahun

Demikianlah beberapa contoh kata-kata renungan akhir tahun yang singkat dan bisa kamu jadikan status di media sosial. Semoga menginspirasi dan mampu meningkatkan semangatmu di tahun depan, ya.

  • Bagikan
seruni.id