7 Manfaat Luar Biasa Ketika Mengucapkan Terima Kasih ke Pasangan

  • Bagikan
7 Manfaat Luar Biasa Ketika Mengucapkan Terima Kasih ke Pasangan
bestislamicastrology.com

Seruni.id – Seberapa sering kamu mengucapkan terima kasih ke pasangan? Ternyata, mengucapkan terima kasih ke pasangan memiliki manfaat yang luar biasa, loh. Apa saja, ya?

bestislamicastrology.com
linguaholic.com

Tolong, maaf, dan terima kasih, adalah tiga kata yang harus ditanamkan dalam diri. Meski sederhana, tapi ada makna yang mendalam. Namun sayang, tidak semua orang dapat dengan mudah mengatakannya, terutama kepada pasangan. Lagi-lagi gengsi yang menjadi alasan.

Padahal, mengucapkan tida kata tersebut, terutama ‘terima kasih’, dampaknya sangat luar biasa. Artinya, kata ajaib satu ini bisa memperkuat hubunganmu dengan pasangan serta mengubah perspektif tentang kehidupan. Nah, berikut ini Seruni telah merangkum sejumlah manfaat mengucapkan terima kasih ke pasangan. Yuk simak di bawah ini:

 

1. Mengubah Sudut Pandang

Mengucapkan terima kasih ke pasangan, akan mengubah sudut pandang kita akan sesuatu hal. Sehingga, kamu tidak perlu sungkan mengucapkannya, sekecil apa pun hal yang dilakukan oleh pasangan. Meskipun masakan yang disajikan tidak selamanya enak, atau pesanan yang dibelikan tidak selamanya sesuai keinginan. Namun, mengucapakn terima kasih ke pasangan akan mengubah perspektif kita.

Jangan terlalu fokus pada kekurangan yang dilakukan pasangan. Bukankah lebih baik melihat bagaimana usahanya? Dengan begitu, muncullah rasa empati dan perasaan bersyukur atas kemauan mereka melakukan tugasnya juga akan hadir dengan sendirinya.

Ucapan terima kasih sederhana, seperti ‘Terima kasih telah membuatku nyaman’ atau ‘Terima kasih telah bersusah payah mencari nafkah untuk keluarga’, akan membuat pasangan tersentuh. Alhasil, mereka akan lebih bersemangat melakukan yang terbaik untuk keluarga.

 

2. Akan Meredamkan Amarah Pasangan

Jangan berpikir kalau mengucapkan terima kasih ke pasangan itu tidak penting. Sebab, pada kenyataannya, mengucapkan terima kasih bisa meredamkan amarah pasangan, loh. Misalnya, kamu meminta pasangan untuk membeli makanan di luar, sedangkan pasangan sedang sibuk.

Mungkin, ia akan tetap membelikannya, tapi dengan perasaan yang dongkol. Kalau sudah begini, jangan menghakiminya, ya. Untuk meredamkan perasaan tersebut, ucapkanlah terima kasih atas usahanya itu.

 

3. Dapat Memperbaiki Cara Berkompromi

Meski awalanya mengucapkan terima kasih ke pasangan hanyalah sebuah basa-basi saja, tapi sebenarnya tidak. Sebab, saat mengucapkannya, kamu akan menyadari apa yang mereka lakukan. Segala kegitan tersebut, akan membuat kamu dan pasangan saling mengetahui kegiatan masing-masing.

Semula hanya ucapan terima kasih saja, tapi bisa berlanjut jadi perbincangan ringan. Seperti yang kita tahu, hubungan pernikahan yang harmonis harus didasari dengan komunikasi dua arah. Sehingga, semakin sering berbincang, semakin baik pula komunikasi yang terjalin. Hubungan pun akan semakin menguat.

 

4. Menjadi Lebih Menghargai Pasangan

Mengucapkan terima kasih ke pasangan, itu tandanya kamu menghargai usaha yang dilakukannya. Rutin mengucapkannya, akan meningkatkan rasa syukur, baik kepada diri sendiri maupun pada pasangan. Dengan kata lain, kalimat terima kasih akan membautmu dan pasangan dapat menghargai satu sama lain.

Perasaan positif ini, dapat mengusir rasa terpojok dan tak berdaya saat masalah dalam rumah tangga kian berdatangan. Kamu takkan menyadari begitu banyak yang pasanganmu lakukan jika kamu hanya diam saja. Justru seringnya merasa perlakuan dan kegiatan tersebut sudah jadi kewajibannya. Percayalah. Ketika kamu mulai rutin mengucapkan terima kasih, semua itu akan berubah drastis.

 

5. Memperkuat Hubungan Emosional dengan Pasangan

Dengan kamu selalu mengucapkan terima kasih ke pasangan, akan berdampak baik pada hubungan pernikahanmu, loh. Pasalnya, kata terima kasih dapat memperkuat ikatan emosional satu sama lain. Kebiasaan tersebut, akan membuatmu dan pasangan merasa lebih nyaman untuk mengungkapkan pendapat. Apalagi, kata ‘terima kasih’ juga dapat menhilangkan kekhawatiran atas perasaan yang diacuhkan atau tidak dihargai.

 

6. Menjadi Lebih Bahagia

Ucapan terima kasih, tidak hanya dapat menyenangkan hati pasangan saja. Namun, kebahagiaan tersebut juga bisa dirasakan oleh diri sendiri. Orang yang rutin mengucapkan terima kasih, akan menghargai setiap usaha yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Ucapan tersebut, juga merupakan betnuk syukur yang mampu mengurangi stres dan depresi.

 

7. Contoh Nyata untuk Anak

Tentu kamu percaya, bahwa anak adalah peniru ulung. Ketika ia melihat orangtuanya mengucapkan terima kasih, dengan cepat memorinya akan merekam hal tersebut. Mereka akan terbiasa mendengar hingga melakukannya. Bahkan, anak juga akan tumbuh menjadi seorang yang peduli dan berhati lembut.

Baca Juga:

Jadi, itulah manfaat mengucapkan terima kasih ke pasangan yang bisa kamu rasakan. Meski sederhana, tapi kata tersebut bisa mengubah dunia. Mulai sekarang, cobalah rutin unutk berkata terima kasih kepada siapa pun itu, termasuk pasangan.

  • Bagikan