6 Kebiasaan Buruk Pemicu Kanker Kulit

  • Bagikan
6 Kebiasaan Buruk Pemicu Kanker Kulit
pancan.org

Seruni.id – Sel kanker dapat berkembang di seluruh bagian tubuh. Biasanya, perkembangan kanker kulit dipicu oleh sejumlah kebiasaan buruk. Menurut Indonesia Cancer Care Commmunity, kanker kulit adalah salah satu jenis penyakit yang umum terjadi di Indonesia.

6 Kebiasaan Buruk Pemicu Kanker Kulit
medicinenet.com

Dua jenis yang paling umum adalah karinoa sel skuamosa dan karsinoma sel basal. Namun, kanker dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan meniggalkan kebiasaan buruk. Lalu kebiasaan buruk apa sih yang bisa menjadi pemicu kanker kulit?

 

1. Menggunakan Makeup Berlebihan

Bagi kebanyakan wanita, merias wajah dengan makeup adalah sebuah kaharusan. Sebab,mereka akan lebih percaya diri jika menggunakan makeup. Namun, temuan dari Cancer.org menunjukkan bahwa menggunakan makeup secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terpapar kanker kulit, loh. Hal ini karena sejumlah bahan kimia yang terkandung di dalam produk yang sangat berbahaya untuk kulit. Bermakeup boleh saja, yang terpenting tidak berlebihan dan selalu memastikan bahwa kandungan yang ada di dalamnya itu aman.

 

2. Tidak Berolahraga

Kamu tahu gak sih? Ternyata malas berolahraga bisa menjadi faktor utama pemicu kanker kulit, loh. Mengapa demikian? Menurut World Cancer Research Find, memperkirakan bahwa setidaknya 18 persen dari semua kanker kurangnya aktivitas fisik dan tubuh yang terlalu gemuk. Agar terhindar dari penyakit ini, mulailah untuk berolahraga secara rutin, ya.

 

3. Merokok

Kebiasaan merokok yang berkepanjangan tidak hanya berbhaya untuk kesehatan paru-paru, tapi juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit, loh. Merokok dapat meningkatkan risiko mengembangkan sebuah jenis kanker kulit yang disebut dengan karisnoma sel skuamosa (squamous cell carinoma), dibandingkan dengan bukan perokok. Selain itu, mereka yang telah terbiasa merokok juga akan lebih berisiko terkena kanker mulut dan kanker bibir.

 

4. Mengonsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat? Misalnya makanan tinggi gula, garam, dan lemak. Jika iya, sebaiknya hentikan sekarang juga, ya. Sebab, kebiasaan buruk ini bisa menjadi salah satu pemicu munculnya kanker kulit, loh. Cobalah ganti kebiasaan tersebut dengan makanan yang bernutrisi tinggi, serta jangan lupa memperbanyak makan buah dan sayuran.

 

5. Melupakan Penggunaan Sunscreen

Memakai sunscreen memang terlihat sepele, tapi sebenarnya penggunaannya sangat penting. Apalagi, paparan sinar UV dari matahari dapat mempengaruhi kulit wajah, termasuk meningkatkan risiko kanker kulit. Sinar UV dari matahari ini, bisa menyebabkan mutasi atau perubahan DNA, sehingga memicu pertumbuhan sel kulit yang tidak terkendali. Jadi, meskipun kamu menghabiskan waktu hanya di dalam rumah, jangan pernah lupakan penggunaan sunscreen, ya. Agar kulit tetap sehat dan terhindar dari penyakit kanker.

 

6. Mengabaikan Kesehatan Kulit

Meskipun kamu adalah orang yang cenderung cuek, tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan kesehatan kulitmu, ya. Karena kalau kamu mengabaikannya, akan berakibat fatal, loh. Contohnya, jika ada pertumbuhan tahi lalat baru ataupun tumbuh benjolan pada kulit secara tiba-tiba, tapi kamu tidak memeriksakannya ke dokter kulit.

Tanda-tanda kecil yang kemungkinan merupakan kanker kulit ini tidak boleh kamu abaikan, namun harus diperiksa ke dokter secepatnya agar dapat ditangani dengan baik. Jika tidak ditangani dengan baik secepat mungkin, maka akan berakibat fatal.

Baca Juga: Sejarah Hari Kanker Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 4 Februari

Dari enam kebiasaan buruk di atas, kebiasaan mana nih yang sering kamu lakukan? Segera hentikan kebiasaan buruk tersebut yuk, agar kulit tetap terjaga dan terhindar dari segala jenis penyakit.

  • Bagikan