10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

  • Bagikan
10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
healthline.com

Seruni.id – Setuju gak sih, kalau penyakit asam lambung itu cukup menganggu? Apalagi saat sedang kambuh, rasanya seperti tersiksa. Belum lagi, kita tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, karena jika salah, hanya akan membuat kondisi semakin menjadi-jadi. Nah, agar cepat sembuh dan tidak kambuh lagi, berikut Seruni telah merangkum beberapa makanan sehat yang aman untuk penderita asam lambung. Apa saja ya kira-kira?

 

1. Bubur

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
foodandwine.com

Meskipun ketika kondisi tersebut sedang kambuh sering menyebabkan rasa mual, tapi bukan berarti kamu melupakan waktu makan, ya. Kamu harus tetap makan, agar lambung dapat bekerja dengan normal. Kamu bisa mengonsumsi bubur sebagai menu makanmu, karena bubur yang bertekstur lunak dapat mencegah dan meringankan rasa sakit di perut. Agar lebih nikmat, tambahkan telur rebus dan kecap asin. Kamu juga boleh kok menambahkan kerupuk, tapi secukupnya saja. Hindarilah makanan yang sulit dicerna seperti daging ayam atau jehoran, apalagi untuk sarapan.

 

2. Oatmeal

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
popmama.com

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang Seruni rekomendasikan bagi kamu penderita asam lambung. Makanan ini kaya akan serat, sehingga sering dikonsumi oleh mereka yang sedang diet untuk memberikan rasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi oatmeal dapat mengatasi gejala penyakit dengan menyerap asam lambung, sehingga gejalanya dapat mereda.

Untuk kamu yang menderita asam lambung, tapi ingin tetap menjalankan program diet, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke ahli gizi, ya. Sebab, cara diet yang dilakukan sembarangan hanya akan memperparah gejala asam lambung.

 

3. Sari Kacang Hijau

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
healthdrinkshub.com

Kacang hijau adalah salah satu makanan yang memelihar kinerja lambung, termasuk mengatasi gangguan asam lambung. Makanan ini, memiliki kemampuan untuk membentuk lapisan-lapisan di dalam lambung yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung. Selain itu, kacang hijau juga berperan penting sebagai asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

4. Pisang

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
medicalnewstoday.com

Makanan sehat untuk penderita asam lambung berikutnya adalah pisang. Sebab, pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang baik untuk menetralisirkan asam lambung. Namun, kalau kamu kurang suka, kamu bisa kok menggantinya dengan pir, apel, dan melon.

 

5. Salad Sayuran

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
nutritioninthekitch.com

Agar lambung tetap aman, mengonsumsi sayuran adalah hal yang paling penting. Namun, tidak semua jenis sayuran aman, ya. Sebaiknya pilihlah sayuran yang tidak mengandung banyak serat. Sebab, serat yang terlalu tinggi hanya membuat kerja lambung semakin berat. Sebagai pilihan, kamu bisa mengonsumsi sayuran seperti brokoli, wortel, timun, kol, dan labu. Sayuran-sayuran ini mengandung antioksidan dan bahan-bahan penting, sehingga berfungsi untuk menurunkan asam lambung.

 

6. Biskuit Jahe

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
bbc.co.uk

Jahe tidak hanya memberikan rasa hangat saja, tapi juga bisa mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh, loh. Tak heran jika jahe menjadi salah satu obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk asam lambung. Daripada makan jahe secara langsung, kamu bisa mengonsumsinya dlaam bentuk biskuit. Apalagi, saat ini banyak kok yang menjualnya di toko online.

 

7. Puding Lidah Buaya

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
mommyasia.id

Lidah buaya memang dikenal dengan berbagai manfaatnya, karena di dalamnya mengandung antiseptik, antibiotik, dan pereda rasa sakit. Kalau kamu memiliki masalah dengan maag, coba deh kreasikan lidah buaya menjadi puding yang nikmat. Jika perutmu perih karena penyakit tersebut kambuh, puding ini bisa menjadi obat yang manjur.

 

8. Permen Karet

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
mashed.com

Kenapa harus permen karet? Sebab, aktivitas mengunyah dapat merangsang produksi air liur yang bersifat basa. Ketika kamu mengunyah permen karet, dijamin tidak akan kambuh. Kebanyakan orang mengira bahwa mengunyah permen karet akan memicu naiknya asam lambung, tapi justru teori ini berkebalikan. Jadi tidak perlu takut mengunyah permen karet sementara mulut kamu gemas pengin ngemil, ya.

 

9. Air Kelapa Muda

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
doctor.ndtv.com

Selain pengganti ion tubuh yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki manfaat untuk menjaga kadar keasaman dalam lambung. Jika kamu adalah penderita mag yang punya segudang aktivitas, tidak perlu cemas, minum es kelapa muda bisa bikin energi kamu balik lagi.

 

10. Roti

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung
koran.id

Menurut studi dari Cleveland Clinic, pengidap penyakit ini, masih boleh mengonsumsi roti. Namun, jenis roti yang disarankan adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung beragam biji-bijian di dalamnya. Hal ini karena jenis roti tersebut kaya kandungan vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Baca Juga: 11 Jenis Jus untuk Asam Lambung

Jadi, walaupun ada sejumlah makanan yang menjadi pantangan, jangan takut untuk mengonsumsi aneka menu di atas, ya. Dijamin aman dan sehat untuk penderita penyakit lambung.

  • Bagikan