5 Kebiasaan Sehat untuk Anak Muda, Agar Tulang Tetap Kuat Sampai Tua

  • Bagikan
5 Kebiasaan Sehat untuk Anak Muda, Agar Tulang Tetap Kuat Sampai Tua
saihusada.co.id

Seruni.id – Kebiasaan sehat seperti apa sih yang baik untuk anak muda agar di usia tua tetap memiliki tubuh yang bugar dan tulang yang kuat? Simak berikut ini, yuk!

Apa yang kita lakukan di hari ini, akan berdampak di masa depan. Begitupun jika kita ingin tetap sehat meski usia kian bertambah, maka kita perlu mempersiapkannya sedari masih muda. Sebab, ketika memsuki usia senja, banyak sekali perubahan pada tubuh. Mulai dari kulit yang mengendur, energi yang tak lagi full, hingga tulang yang rentan mengalami kerapuhan.

Oleh karena itu, kita harus mulai melakukan beberapa kebiasaan sehat agar bisa menjaga tulang tetap kuat meski usia semakin menua. Melansir dari berbagai sumber, inilah deretan kebiasaan sehat untuk anak muda:

 

1. Perbanyak Mengonsumsi Sayuran Hijau

5 Kebiasaan Sehat untuk Anak Muda, Agar Tulang Tetap Kuat Sampai Tua
thesouthfrican.com

Meskipun makanan cepat saji lebih menarik daripada harus mengonsumsi sayuran, tapi apa yang kamu konsumsi saat ini, sangat berdampak di masa tua kelak. Nah, agar tetap sehat walaupun usia semakin bertambah, maka perbanyaklah mengonsumsi sayuran hijau. Seperti yang direkomendasikan oleh Brittany Dunn, seorang ahli medis di Medical Expert Board.

Sebab, 100 mg sayuran hijau, dapat memberikan 10 kalsium yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, jika menggabungkan sayuran hijau dengan buah-buahan dalam campuran smoothie, maka dapat memberikan manfaat bagi kesehatan yang lebih luas.

 

2. Mengonsumsi Jus Buah Secara Berkala

5 Kebiasaan Sehat untuk Anak Muda, Agar Tulang Tetap Kuat Sampai Tua
foodbusineesnews.net

Minum jus adalah salah satu kebiasaan sehat yang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik anak muda maupun orang tua. Mengonsumsi jus sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH tubuh dan mempengaruhi keseimbangan kalsium, loh. Jenis jus yang bisa kamu konsumsi yaitu, jus jeruk.

Pasalnya, jus jeruk yang difortifikasi mengandung vitamin D dan 350 miligram yang baik untuk memenuhi asupan kalsium pada tubuh. Jeruk yang dikenal sebagai sumber vitamin C ini, jika dikonsumsi secara teratur, maka dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis, loh.

 

3. Minum Susu Terfortifikasi

5 Kebiasaan Sehat untuk Anak Muda, Agar Tulang Tetap Kuat Sampai Tua
timesofindia.com

Minum susu setiap hari merupakan kebiasaan sehat yang perlu dilakukan sejak usia muda. Sebab, susu kaya akan vitamin D, kalsium, dan protein yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Susu yang terfortifikasi mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, daripada susu alami. Selain susu hewani, konsumsi susu nabati secara teratur seperti kedelai, oat, santan, kacang mete, dan almond sangat dianjurkan.

 

4. Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

5 Kebiasaan Sehat untuk Anak Muda, Agar Tulang Tetap Kuat Sampai Tua
health.detik.com

Seorang dokter spesialis orthopedi di RS Universitas Airlangga (RSUA), Dr. Udria, Sp.OT mengatakan bahwa, malas bergerak merupakan faktor utama terjadinya osteoporosis, karena tulang perlu diperkuat untuk mencegah terjadinya penipisan. Ia juga mengatakan bahwa, jika seseorang malas berolahraga, maka ia akan kehilangan berat badan. Hal tersebut sama seperti otot yang akan mengendur setelah lama tidak aktif. Maka dari itu, jika ingin tulang tetap kuat di usia senja, mulailah untuk rutin berolahraga, ya.

 

5. Jangan Lupa Selalu Tambahkan Susu ke Smoothies

5 Kebiasaan Sehat untuk Anak Muda, Agar Tulang Tetap Kuat Sampai Tua
cnnindonesia.com

Susu bisa dikonsumsi secara langsung atau juga bisa ditambahkan ke dalam olahan lainnya. Misalnya saja, ke dalam smoothies. Menambahkan susu ke dalam smoothies adalah salah satu kebiasaan sehat yang bisa menjaga tulang agar tetap kuat. Selain susu segar, produk susu lainnya yang bisa dicampurkan ke dalam smoothies untuk nilai gizi lebih, seperti yogurt atau susu kedelai. Kemudian kamu bisa mengonsumsinya di pagi hari sebagai bagian dari menu sarapan untuk mendukung perkembangan tulang yang lebih kuat.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Osteoporosis

Nah, itulah deretan kebiasaan sehat yang bisa dilakukan anak muda untuk memperkuat tulang. Terapkan kebiasaan positif dan jangan lupa disertai olahraga agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan