3 Kebiasaan yang Akan Menimbulkan Penyakit

google.com

Seruni.id – Penyakit bisa datang kapan pun dan pada siapapun. Penyakit bisa ditimbulkan karena gaya hidup yang tidak baik. Dalam kehidupan, sejatinya harus dilakukan seimbang antara kebutuhan fisik dan psiskis untuk mencapai kesehatan yang optimal. Selain dari makanan atau minuman yang tidak sehat, ternyata penyakit bisa timbul dari tiga kebiasaan berikut ini:

Terlalu Banyak Bicara

Hasil gambar untuk cewek bawel
wajibbaca.com

Terlalu banyak bicara yang tidak bermnafaat akan menimbulkan sebuah masalah. Ada sebuah ugkapan yang mengatakan bahwa lidah lebih tajam daripada pedang. Mengapa demikian? Luka pedang hanya beberapa waktu dapat terobati. Namun, jika luka akibat lidah dan salah dalam berucap, luka tersebut tidak akan terlihat, tersembunyi dalam hati yang menyimpan luka, sulit disembuhkan. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.” (HR. Bukhori).

Jadi, sebaiknya berkatalah yang baik-baik kepada orang lain dengan lemah lembut. Selagi itu baik dan tidak membuat orang lain terluka. Dan tidak pula diperbolehkan membicarakan hal-hal buruk yang dapat membuat orang lain sakit hati. Penyakit yang dimaksud dari terlalu banyak bicara ialah akan menimbulkan orang lain terganggu dan sakit hati.

Banyak Makan

Gambar terkait
esquire.co.id

Makan sudah tentu menjadi kebutuhan kita setiap hari, untuk menambah energi agar segala aktivitas yang kita lakkukan berjalan dengan baik. Tetapi, terlalu banyak makan pun sangat tidak dianjurkan, ya. Karena lambung kita hanya dibagi menjadi tiga bagian, 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minum, dan 1/3 lagi untuk udara.

Sehingga tubuh akan lebih tergaja dari penyakit dan kita bisa dengan bebas melakukan aktivitas setiap harinya. Kebiasaan makan terlalu banyak akan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya obesitas. Rasulullah pernah bersabda bahwa kita dianjurkan untuk makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dengan begitu, kita akan terhindar dari penyakit.

Banyak Tidur

Gambar terkait
google.com

Tidur merupakan istirahat yang baik. Namun, terlalu banyak tidur pun sangat rentan terkena pennyakit. Salah satu damapak yang ditimbulkan dari kebiasaan ini adalah mudah depresi dan gangguan kesehatan pada kepala. Maka dari itu, aturlah pola tidur secukupnya sesusai kebutuhan tubuh.

Baca Juga: Dampak Buruk Akibat Tidur Terlalu Lama

Itulah 3 kebiasaan yang akan menimbulkan penyakit. Tetaplah melakukan sesuatu sesuai dengan takarannya, ya. Tidak kurang ataupun tidak lebih. Bukankah apapun yang berlebihan itu tidak baik? Merasa cukup akan lebih baik daripada tamak. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.