7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Daya Tahan Tubuh Menurun

7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Daya Tahan Tubuh Menurun
medcom.com

Seruni.id – Daya tahan tubuh menurun, akan memudahkan kita terserang penyakit. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, ketika virus dan bakteri menyerang imunitas tubuh, maka akan menganggu kesehatan dan mengancam tubuh lebih sering terkena penyakit.

7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Daya Tahan Tubuh Menurun
bola.com

Biasanya, pola hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi kekebalan tubuh kita. Namun, ternyata tidak hanya itu saja. Ada banyak hal yang tanpa kita sadari dapat menyebabkan imunitas tubuh menurun. Bahkan, tak jarang, hal-hal tersebut sering kita lakukan. Lalu, apa saja sih kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh? Berikut ulasannya:

1. Kurang Tidur

Salah satu penyebab daya tahan tubuh menurun adalah kurang tidur. Hal ini karena aktivitas sehari-hari yang padat membutuhkan istirahat, tapi tidak dijalankan dengan baik, sehingga tubuh akan terasa pegal, lemah, dan lelah. Kondisi ini kerapkali membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit.

Apalagi, ketika kita tertidur, organ-organ tetap bekerja, terutama sel-sel dalam darah yang berperan dalam melawan infeksi tubuh. Ketika tidak mendapat istirahat yang cukup, maka sel-sel dalam darah tidak akan berfungsi secara optimal karena tubuh yang terlalu lelah. Untuk menghindari hal ini, maka pastikan tidurmu cukup, ya.

2. Pola Makan yang Buruk

Selain kurang tidur, hal lain yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun yakni juga disebabkan karena pola makan yang buruk. Seperti terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan gula dan garam yang tinggi, akan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi pun bisa membuat tubuh obesitas. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Jadi, pastikan kamu memperbanyak makan buah dan sayur yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

3. Depresi

Menurut World Health Organization (WHO) setidaknya sebanyak lebih dari 300 juta orang di dunia mengalami depresi. Depresi sendiri diartikan sebagai gangguan mental yang ditandai dengan perasaan sedih, lelah, dan lesu. Selain itu, juga ada perasaan emosi yang berlebihan dan berkelanjutan.

Umumnya, kondisi ini dibarengi dengan kurangnya rasa percaya diri, perasaan tersebut bahkan menganggu psikologis seseorang dan menurunkan tingkat konsentrasi. Oleh karena itu, dengan depresi yang tak kunjung ditangani dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, karena kurangnya fokus kesehatan terhadap diri sendiri, sebagaimana yang disebutkan dalam penelitian dari Ohio University.

4. Tidak Pernah Olahraga

Bagi kamu yang malas bahkan tidak pernah olahraga, patut berhati-hati, ya. Sebab, hal ini hanya akan membuat daya tahan tubuh menurun. Sebaiknya, olahragalah dengan teratur untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dengan meningkatkan kemampuannya untuk menciptakan antibodi dan sel-T, yakni sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit.

Untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa, luangkanlah sedikit waktumu untuk berolahraga. Misalnya dengan berjalan kaki selama 20 menit saja. Berjalan kaki selama 20 menit dalam lima hari sampai seminggu dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja sebaik mungkin.

5. Kurang Terkena Sinar Matahari

Selama masa pandemi, banyak yang menyarankan untuk selalu berjemur di bawah sinar matahari pagi. Hal ini guna menunjang imunitas tubuh yang kuat. Berjemur di bawah sinar matahari juga membuat tubuh terhindari dari paparan infeksi yang berbahaya karena kebutuhan vitamin D pada tubuh tercukupi dengan baik.

Kendati demikian, tidak seterusnya sinar matahari itu baik untuk tubuh. Molekul yang dilepas dari sinar matahari tersebut dapat menyebabkan felk hitam dan penyakit kulit lainnya, sehingga kamu harus pintar-pintar mengatur porsinya.

6. Stres

Setiap manusia tentu pernah mengalami yang namanya stres. Apalagi, di tengah masa pandemi yang belum juga berakhir. Stres biasanya ditandai dengan perasaan emas dan sakit kepala berlebihan. Bahkan, tak jarang membuat penderitanya memliki ketahanan tubuh yang tidak baik.

Hal ini disebabkan oleh stres, sehingga membuat kekebalan tubuh seperti dipaksa bekerja lebih keras untuk melindungi tubuh dari ancaman kesehatan. Meskipun hal ini wajar terjadi, sebaiknya stres tidak dibiarkan begitu saja. Ada banyak cara untuk melepaskan stres.

7. Kurang Mengonsumsi Vitamin dan Mineral

Kurangnya asupan vitamin dan mineral dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Hal ini tidak boleh kita biarkan begitu saja, untuk mengatasinya perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur, setidaknya 5 kali dalam seminggu. Ini sangat penting sekali, karena keduanya kaya akan vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Latihan Fisik yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Nah, itulah kebiasaan yang dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Mulai sekarang hindarilah hal-hal di atas, ya. Jangan lupa terapkan pola hidup sehat dan jaga diri selalu. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.