Latihan Fisik yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Latihan Fisik yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
cnnindonesia.com

Seruni.id – Banyak dari kita yang merasa bosan saat menjalani karantina mandiri di rumah. Selama masa karantina, kita cenderung memiliki gaya hidup sedenter atau kurang gerak. Gaya hidup ini justru bisa menyebabkan imunitas atau kekebalan tubuh menurun. Padahal, tak sedikit aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang sembari menjaga kesehatan. Salah satunya dengan melakukan latihan fisik yang bisa tingkatkan imunitas tubuh.

Latihan Fisik yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
republika.co.id

Dilansir dari liputan6.com, dalam sebuah pesan singkat, Dokter Spesialis Kedoktertan Olahraga dari RS Mitra Kemayoran dan Klinik Slim n Health Jakarta, Micheal Triangti, menyebutkan latihan apa saja yang direkomendasikan agar tetap aktif, berikut ulasannya.

1. Latihan Aerobik

Selama masa karantina kita dianjurkan untuk tetap berada di dalam rumah, jika ingin keluar pun saat ada hal mendesak saja. Nah, karena tidak memungkinkan untuk kita berolahraga di luar rumah, Micheal menyarankan untuk melakukan latihan aerobik. Karena latihan ini bisa dilakukan di dalam ruangan.

Namun, tetap mengutamakan social distancing dan free touch activity. Adapun yang termasuk dalam latihan aerobik, seperti jalan cepat sekeliling rumah atau naik turun tangga di dalam rumah kurang lebih selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali per hari. Atau kamu juga bisa melakukan dancing, senam aerobik via youtube, dan lompat tali.

2. Latihan Kekuatan Otot

Selain itu, kamu juga bisa melakukan latihan kekuatan otot. Terlebih saat ini sudah banyak aplikasi untuk latihan kekutan otot di smartphone, kamu bisa mengunduhnya mulai hari ini. Kamu bisa melakukan gerakan seperti squat (jongkok-berdiri), lunges, serta push up.

3. Streatching Break

Selama menjalani masa karantina atau social distancing, hindari duduk sepanjang hari, lakukan peregangan setiap dua jam sekali. Lakukan peregangan statis dengan menahan selama 10-15 detik.

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Akibat Tubuh Kurang Gerak, Kaum Rebahan Wajib Baca

Dengan melakukan beberapa latihan fisik tersebut dan didukung pola makan sehat dan menjauhi kebiasaan buruk diharapkan imunitas tubuh terjaga dengan baik, sehingga tidak mudah terkena penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.