Kecantikan yang Harus Dimiliki Setiap Muslimah

0
muslimah
today.line.me

Seruni.id – Mungkin semua sudah tahu bahwa cantik itu adalah hal yang relatif, tapi tahu gak sih kalau setiap wanita itu harus memiliki kecantikan. Kira-kira apa saja sih kecantikan yang harus dimiliki setiap muslimah?

Cantik adalah keadaan yang sangat didambakan oleh setiap wanita. Berapa banyak wanita yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kecantikan versi mereka. Operasi plastik dengan merubah beberapa bagian tubuh agar terlihat sempurna misalnya. Sebuah kecantikan yang menimbulkan decak kagum dari siapa pun yang memandang. Namun sayangnya mereka lupa, bahwa semua itu hanyalah outer beauty.

Related image
www.leveherhijab.com

Setiap wanita pasti akan sangat senang ketika ia dipuji akan kecantikannya. Oleh karena itu, wanita akan berlomba-lomba menghias dirinya agar mendapatkan label tersebut. Sebuah label akan kecantikan yang nampak dari luar dan fisik yang dimiliki. Outer beauty adalah sebuah kecantikan yang mampu dicerna oleh indra penglihatan manusia. Ketika mata mulai melihat kecantikan yang dimiliki oleh seseorang, maka dengan segera ia akan menilai akan standar kecantikan yang ada dihadapannya.

Sebuah penilaian yang terlalu dini untuk diucapkan karena tanpa mengetahui lebih dalam akan kecantikan yang sesungguhnya. Contohnya, ketika kita sangat mengagumi seorang wanita yang sangat cantik jelita, maka kita akan mengagung-agungkan bahkan membanggakan kecantikannya di hadapan semua orang, namun setelah kita mengenalnya lebih dalam kita mengetahui bahwa ia gemar mengucapkan kata-kata kotor yang sangat menyakitkan.

Related image
netizenia.com

Maka, masihkah kita mengatakan bahwa ia adalah wanita yang cantik? Tentunya kita akan berpikir ulang sebelum mengucapkannya. Oleh karena itu, untuk menilai kecantikan seseorang dibutuhkan sebuah penglihatan di hati seseorang bukan hanya penglihatan secara indra saja. Inilah yang kita kenal dengan istilah inner beauty, yaitu sebuah adalah kecantikan yang terletak di dalam bathin setiap orang kecantikan yang harus dimiliki setiap muslimah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda” Sesungguhnya Allah tidak melihat pada rupa dan postur tubuh kalian. Akan tetapi, Allah melihat pada hati kalian.”

Esensi sebuah kecantikan yang harus dimiliki setiap muslimah telah tergambar di sana, bahwa pusat perhatian sebuah kecantikan seseorang bukanlah pada outer beauty melainkan lebih pada kecantikan bathin yang dapat dilihat di hati mereka. Karena letak kecantikan yang ada di dalam hati inilah yang menyebabkan seseorang tidak dapat langsung memberikan penilaian. Oleh karena itu, butuh waktu yang cukup lama untuk menentukan apakah seseorang itu memiliki sebuah inner beauty atau tidak.

Related image
Vebma.com

Seorang wanita yang senantiasa berhias dengan akhlak karimah dalam kesehariannya, seorang wanita yang senantiasa menjaga kesucian dirinya, seorang wanita yang selalu bersolek diri dengan memperbanyak ilmu pengetahuan yang dimilikinya adalah beberapa contoh dari sekian banyak contoh akan inner beauty yang dimiliki oleh seseorang. Wujud nyata yang kita lihat dalam keseharian adalah, ketika kita melihat seorang wanita memiliki tutur kata yang menentramkan jiwa.

Baca Juga: Cantik saja tidak cukup Moms!

Ketika kita melihat seorang wanita yang mampu menyikapi permasalahan dengan bijak karena banyaknya ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Maka, secara otomatis kita akan mengaguminya dengan cara yang berbeda bukan kekaguman yang mengundang syahwat semata. Dari beberapa contoh di atas dapat kita ketahui bahwa, di sanalah letak kecantikan sejati yang sesungguhnya berada. Sebuah kecantikan sejati yang akan membekas pada hati orang-orang yang ada di sekitarnya.

Sungguh mengherankan! Ketika kecantikan itu berada di hati seseorang dan tidak nampak oleh indra penglihatan manusia, namun kecantikan itu mampu dirasakan oleh banyak hati. Dan inilah the real inner beauty yaitu kecantikan yang harus dimiliki setiap muslimah. Fitrah wanita adalah ingin mendapatkan perlindungan dan penjagaan dari hal-hal yang tak mampu ia tangani sendirian. Maka, dengan inner beauty yang ia miliki, ia akan mendapatkan sebuah perlindungan dan penjagaan dari orang-orang di sekitarnya.

Hal ini disebabkan ia memiliki sebuah kharisma yang akan melahirkan sebuah kemuliaan yang akan menyebabkan orang-orang yang ada di sekitarnya tergerak untuk menjaga bukan sekedar menggoda. Oleh karena itu, ayo! Kita berlomba untuk senantiasa mengasah inner beauty yang sesungguhnya! Dan ingat ya, cantikmu adalah untuk suamimu.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.