5 Tips Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Pokok Agar Keuangan Terkendali

  • Bagikan
5 Tips Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Pokok Agar Keuangan Terkendali
money.kompas.com

Seruni.id – Para ibu rumah tangga, akhir-akhir ini dipusingkan dengan kenaikan harga bahan pokok. Karena harganya yang kian meroket, membuat pengeluaran pun menjadi bertambah. Bahkan, terkadang mereka harus mengalah demi terpenuhinya kebutuhan rumah tangga.

5 Tips Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Pokok Agar Keuangan Terkendali
republika.co.id

Belum lagi, jika pemasukkan yang didapatkan tidak sebanding dengan pengeluaran, atau justru lebih besar pengeluarannya. Mau tidak mau, mereka harus putar otak. Melihat masalah yang sedang terjadi ini, Seruni ingin memberikanmu solusi untuk menyiasati kenaikan harga bahan pokok agar keuangan tetap terkendali. Bagaimana caranya?

 

1. Kurangi Belanja

Jadikanlah kebutuhan pokok sebagai prioritas daripada kebutuhan lainnya. Hal ini dilakukan agar kamu tidak makin terhimpit dalam kondisi di mana harga-harga sedang meroket. Maka dari itu, kurangilah pembelajaan yang sifatnya hanya keinginan semata. Coba deh kurangi kebiasaan yang berhubungan dengan gaya hidup. Mulai dari makan di restoran, belanja di mall, nonton bioskop, dan lainnya. Sebaiknya, kamu bisa mengontrol gaya hidupmu agar tabungan tidak jebol.

 

2. Lakukan Penghematan Sederhana

Tips menyiasati kenaikan harga bahan pokok berikutnya, yang bisa kamu lakukan adalah berhemat. Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa kamu hemat. Misalnya, mematikan lampu ketika siang hari, mematikan AC ketika tidak digunakan, dan mematikan televisi saat kamu tidak menontonnya. Sesimpel itu penghematan yang bisa kamu lakukan. Namun efeknya sangat terasa, salah satunya adalah anggaran pembayaran listrik yang lebih murah. Sisanya bisa kamu manfaatkan untuk membeli sembako.

 

3. Buat Daftar Menu

Ketika kamu sedang kebingungan menghadapi kenaikan harga bahan pokok, cobalah lakukan hal yang satu ini, yaitu membuat daftar menu. Dengan membuat daftar menu, kamu sudah tahu apa saja yang ingin dibeli dan berapa pengeluarannya. Bandingkan saja jika kamu tidak membuat daftarnya, pasti kamu akan sembarangan mengambil segala bahan-bahan masakan, hingga akhirnya kamu malah bingung sendiri. Hal ini, tentu akan membuat pengeluaran membengkak. Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk membuat daftar menu, ya.

 

4. Belanja di Pasar Tradisional

Kalau selama ini kamu lebih sering belanja di supermarket, cobalah sesekali untuk berbelanja di pasar tradisional. Terlebih, ketika sedang mengalami kenaikan harga bahan pokok. Sebab, yang ditawarkan pasar tradisional cenderung lebih murah daripada di supermarket, loh. Atau kamu bisa tetap berbelanja di supermarket, tapi dengan memilih bahan pokok yang harganya lebih murah, dengan kualitas yang hampir sama. Selain itu, kurangi pula jumlah bahan pokok jika kamu bisa membelinya dalam porsi banyak dengan tujuan berhemat. Karena terkadang, barang yang dibeli dengan porsi banyak, hanya akan terbuang.

 

5. Menanam Sendiri Bahan Bumbu Dapur

Jika memiliki lahan yang cukup, manfaatkanlah lahan tersebut untuk bercocok tanam. Misalnya, menanam cabai, bawang, jahe, sayuran, dan lainnya. Namun, jika tidak memiliki lahan, kamu bisa kok menanamnya dengan cara hidroponik. Menanam bumbu dapur dan sayuran sendiri, akan membuatmu menjadi lebih hemat. Karena kamu tinggal memetiknya dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Kalau tertarik, kamu bisa memulainya dengan segera.

Baca Juga: 7 Cara Hemat Minyak Goreng di Saat Harganya Meroket!

Demikianlah beberapa tips untuk menyiasati kenaikan harga bahan pokok yang bikin pusing ibu rumah tangga. Semoga dengan tips yang sudah Seruni ulas di atas, dapat membantu dalam menghemat anggaran belanja, ya.

  • Bagikan