6 Soulusi Mendapatkan Tidur Nyenyak bagi Ibu Hamil

  • Bagikan
6 Soulusi Mendapatkan Tidur Nyenyak bagi Ibu Hamil

Seruni.id – Ada beberapa solusi mendapatkan tidur nyenyak bagi ibu hamil yang bisa mereka lakukan di rumah, yaitu dengan melakukan relaksasi. Bagaimana caranya? Simak berikut ini.

6 Soulusi Mendapatkan Tidur Nyenyak bagi Ibu Hamil

Sebagian ibu hamil, merasa kesulitan untuk dapat tidur nyenyak. Apalagi, ketika ukuran perut sudah semakin membesar. Pastinya mereka juga sulit dalam menemukan posisi tidur yang tepat dan nyaman. Kalau sudah seperti ini, bisa saja menyebabkan ibu hamil menjadi cepat lelah, sehingga berpengaruh terhadap suasana hati.

Jika merasa tegang, cemas, atau lelah, memungkinkan ibu hamil semakin sulit untuk tertidur. Maka dari itu, Seruni akan memberikan beberapa teknik yang bisa dilakukan agar mendapatkan tidur nyenyak bagi ibu hamil. Selain membantu untuk bisa tidur nyenyak, teknik ini juga dapat menenangkan pikiran, hingga melemaskan otot. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

 

1. Melakukan Yoga dan Peregangan

Di masa kehamilan, wanita akan lebih mudah merasa lelah. Pada kondisi ini, tentu saja yang diharapkan adalah mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Namun sayangnya, waktu istirahat, dan tidur nyenyak menjadi hal yang sulit didapatkan. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil bisa melakukan yoga dan relaksasi, agar tubuh menjadi lebih fleksibel selama masa kehamilan.

Apalagi, saat ini, sudah banyak pusat kebugaran yang menawarkan yoga prenatal. Atau, kamu juga bisa meminta pelatih untuk memberikan bimbingan khusus untukmu. Selain itu, agar mendapatkan tidur nyenyak bagi ibu hamil, kamu bisa melakukan peregangan sendiri dengan gerakan sederhana untuk leher dan bahu, betis dan paha belakang, serta punggung dan pinggang. Dengan melakukan peregangan otot secara lembut, akan membuatmu lebih mudah tertidur di malam hari.

 

2. Melakukan Pemijatan

Melakukan pemijatan, juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan tidur nyenyak bagi ibu hamil. Namun, perlu diingat, pemijatan hanya boleh dilakukan oleh terapis yang sudah profesional, ya. Karena pastinya mereka sudah paham betul mengenai caranya. Jika tidak menemukan terapis profesional, kamu boleh kok meminta suami untuk memijatnya, misalnya memihat kaki, tangan, atau leher.

 

3. Relaksasi Otot Progresif

Melakukan relaksasi otot progresif, sangat membantu untuk mendapatkan tidur nyenyak bagi ibu hamil. Secara umum, teknik ini dilakukan dengan cara melepaskan otot yang tegang, kemudian mengendurkannya. Kamu bisa melakukannya dengan cara berbaring di tempat tidur atau di lantai, pastikan tempat yang kamu pilih itu nyaman, ya. Kemudian, fokuslah pada satu kelompok otot pada satu waktu dan bergantian antara sisi kanan dan kiri. Pertama kencangkan dan lepaskan otot tangan hingga lengan. Setelah itu, lakukan hal yang sama dengan otot lengan atas, wajah dan rahang, bahu dan punggung, paha, dan seterusnya sampai mencapai kaki.

 

4. Menarik Napas

Teknik berikutnya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan berirama. Selain untuk mendapatkan tidur nyenyak bagi ibu hamil, cara ini juga dapat meredakan ketegangan otot hingga menurunkan detak jantung. Cara melakukannya, cukup berbaring di atas tempat tidur dengan posisi kaki terentang. Jika kehamilan memasuki trimester kedua, maka berbaringlah miring ke kiri atau selipkan bantal di bawah sisi kanan punggung, sehingga sedikit miring ke kiri. Kemudian, kamu bisa meletakkan bantal di antara kaki untuk menopang. Dengan mulut tertutup, tarik napas perlahan-lahan melalui hidung. Lalu rasakan dada mengembang saat ketika mengisi paru-paru dengan udara. Tahan beberapa detik, lalu hembuskan napas melalui hidung hingga hitungan keempat.

 

5. Olahraga

Meski sedang mengandung, jangan jadikan sebagai alasan untuk malas berolahraga, ya. Sebab, berolahraga secara teratur, dapat membuatmu menjadi lebih sehat. Baik dari segi jasmani maupun rohami. Berolahraga juga dapat membuat tidur nyenyak bagi ibu hamil, loh. Dengan catatan, tidak melakukan olahraga yang berat, dan juga tidak berdekatan dengan waktu tidur. Sebab, berolahraga yang berdekatan dengan waktu tidur, hanya akan membuamu lebih segar, sehingga menganggu siklus tidur alami.

 

6. Membayangkan Tempat yang Nyaman

Terakhir, sebelum tidur, cobalah bayangkan tempat yang nyaman. Ini merupakan salah satu teknik yang dapat menenangkan pikiran yang gelisah dan membantumu cepat terlelap. Misalnya, membayangkan sedang berjalan menyusuri jalan setapak yang dipenuhi bunga-bunga. Atau sedang memandangi langit yang indah. Kemudian, bayangkan setiap detail pemandangan, termasuk suara, aroma, rasa, dan tekstur di sekitarmu.

Baca Juga:

Jadi, itulah beberapa solusi untuk mendapatkan tidur nyenyak bagi ibu hamil. Atau para pembaca punya solusi yang lain? Boleh share di kolom komentar, yuk.

  • Bagikan