5 Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Saat Ramadhan

5 Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Saat Ramadhan
magazine.job-like.com

Seruni.id – Mengelola keuangan saat Ramadhan, tidak bisa disamakan seperti hari biasanya. Bisa saja saat Ramadhan pengeluaran justru membengkak atau sebaliknya. Biasanya pengeluaran yang membengkak terjadi lantaran pengelolaan yang kurang tepat, apalagi jika merasa bahwa lifestyle di Ramadhan juga berbeda dari hari-hari biasa.

5 Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Saat Ramadhan
idntimes.com

Setidaknya ada lima kesalahan dalam mengelola keuangan saat Ramdhan yang perlu dihindari, apa saja? Berikut di antaranya:

1. Tidak Membuat Perencanaan Keuangan

Kesalahan dalam mengelola keuangan saat Ramadhan yang pertama adalah tidak adanya perencanaan keuangan, padahal hal tersebut sangat penting sekali. Sehingga dengan tidak adanya perencanaan tersebut, akhirnya membuat kita kerap bergantung pada THR (Tunjangan Hari Raya). Sebaiknya buatlah selalu catatan berupa pengeluaran dan membuat perencanaan. Hal yang paling penting adalah harus mengatur mindet kita, bahwa uang yang kita miliki harus dipikirkan untuk masa depan, bukan dihabiskan dalam sekali waktu.

2. Mudah Tergoda ‘Keinginan’

Kita sering kali terkecoh dengan yang keinginan dan kebutuhan. Hal ini karena keinginan dan kebutuhan sulit dibedakan. Akhirnya kita tergoda untuk mengikuti keinginan dan menjadi impulsive buying atau sebuah keputusan tidak terencana atau terjadi secara tiba-tiba dalam membeli sebuah produk atau jasa. Jika tidak dihentikan segera, perilaku ini akan membahayakan keuangan kita, loh. Oleh karena itu, jika tidak ingin hal ini terjadi, maka buatlah daftar belanjaan apa saja yang ingin dibeli agar kamu bisa lebih terkontrol.

3. Menggunakan Sumber Dana Tidak Sesuai Kebutuhan

Kesalahan dalam mengelola keuangan saat Ramadhan berikutnya adalah memakai uang yang bukan sesuai tujuan. Misalnya, dana darurat yang semula hanya untuk keadaan darurat saja, justru kita gunakan untuk mudik, membeli perlengkapan lebaran, atau hal lainnya yang sebenarnya tidak begitu penting. Tak perlu heran kalau akhirnya tabungan menjadi ludes.

4. Berutang untuk Gaya Hidup

Agar keuangan aman dan tidak kekurangan saat memasuki Ramadhan hingga hari raya tiba. Cobalah kurangi ‘gengsi’ untuk tampil keren. Sebab, biasanya jika hanya menuruti gaya hidup selama Ramadhan, bisa-bisa membuat tabungan semakin menipis. Jangan sampai hal tersebut membuat kita berutang lebih banyak lagi, ya.

5. Tidak Membuat Skala Prioritas

Dan kesalahan mengelola keuangan saat Ramadhan yang terakhir yakni tidak adanya skala prioritas. Sebaiknya kita harus selalu mengutamakan skala prioritas kita, loh. Selain itu, pastikan selalu menyisihkan uang untuk digunakan di awal, daripada baru berinvestasi di belakang. Banyak faktor yang membuat pengelolaan keuangan jadi melenceng. Untuk itu, kita harus selalu disiplin membagi antar pos penting, cukup penting, dan tidak penting.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Kondisi Keuangan Krisis

Jadi, kalian sudah tahu kan apa saja kesalahan dalam mengelola keuangan saat Ramadhan? Agar tabungan tidak ludes begitu saja, pastikan kamu menghindari kesalahan-kesalahan di atas, ya. Semoga informasi yang Seruni berikan ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.