5 Kesalahan dalam Minum Kopi yang Mempercepat Penuaan Dini

  • Bagikan
5 Kesalahan dalam Minum Kopi yang Mempercepat Penuaan Dini

Seruni.id – Kamu salah satu pencinta kopi? Sudah tahu belum, bahwa ada beberapa kesalahan dalam minum kopi yang mempercepat penuaan dini? Kalau belum, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

5 Kesalahan dalam Minum Kopi yang Mempercepat Penuaan Dini

Segelas kopi, sangat pas jika diseruput di pagi atau sore hari untuk menambah energi. Kandungan kafein di dalamnya, membuat produksi energi di pagi hari lebih tinggi. Bukan hanya itu saja, meminum kopi di pagi hari, ternyata juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi, diklaim mampu mengatasi inflamasi hingga mencegah keluhan pada kesehatan kardiovaksular. Namun, sering kali ditemukan beberapa keselahan dalam minum kopi. Di mana, kesalahan tersebut dapat memberikan efek penuaan dini, loh. Seperti apa, ya?

 

1. Melewatkan Sarapan dan Menggantinya dengan Minum Kopi

Sebelum memulai aktivitas, kita sangat dianjurkan untuk sarapan terlebih dulu. Hal ini agar tubuh lebih berenergi dan semangat dalam menjalani hari. Namun, seringnya seseorang melewatkan waktu sarapannya dan menggantinya dengan minum kopi. Ini menjadi kesalahan yang banyak terjadi, karena kopi hitam dianggap lebih rendah kalori dan lebih sehat daripada sarapan.

Daripada hanya meminum kopi sebagai pembuka hari, sebaiknya konsumsilah sarapan yang lebih sehat. Seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, atau bahan makanan yang kaya akan antioksidan. Sebab, jika kamu meneruskan kebiasaan ini, akan menyebabkan pola makan yang kurang bergizi. Khususnya bertentangan dengan penuaan yang sehat.

 

2. Minum Kopi Terlalu Manis

Kesalahan dalam minum kopi yang dapat mempercepat penuaan adalah, meminum kopi dengan menambahkan krim atau pemanis. Kebiasaan menambahkan krim, sirup, atau pemanis ke dalam secangkir kopi, akan sangat mengancam kesehatan tubuhmu di masa mendatang, loh.

Sebab, pemanis dan sejenisnya yang ditambahkan ke dalam kopi, justru dapat menimbulkan peradangan tubuh, terlebih pada orang dewasa. Jika ingin menambahkan gula, maka tambahkan dalam jumlah yang wajar.

 

3. Terlalu Banyak Minum Kopi dan Kurang Minum Air Putih

Kopi memang bisa menghilangkan rasa haus, tapi tidak cukup baik untuk menghidrasi tubuh. Terlalu sering minum kopi, apalagi dalam jumlah yang banyak, tidaklah baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi air putih, tetap harus menjadi prioritas dan mesti diperhatikan. Kesalahan dalam minum kopi yang satu ini, dapat mempercepat penuaan dini, loh. Tidak hanya pada kulit, tapi juga berdampak negatif pada pencernaan, tingkat energi, penyerapan nutrisi, dan sendi.

 

4. Minum Kopi Sepanjang Hari

Ketika menyakan masalah waktu terbaik untuk minum kopi, pagi hari menjadi waktu mengonsumsi kopi yang disarankan oleh para ahli. Sebab, kandungan kafein yang terdapat di dalamnya, dapat memicu lonjakan tenaga. Sehingga, secangkir kopi akan lebih sempurna jika dinikmati di pagi hari sebelum beraktivitas.

Meski faktanya, kopi yang diminum pada malam hari tidak membuat kamu sulit tidur, tapi sangat tidak baik untuk mengonsumsi kopi ketika malam hari menjelang waktu tidur. Hal ini disebabkan oleh fungsi kafein sebagai stimulan yang justru dapat merusak kualitas tidurmu di malam hari.

 

5. Menambahkan Pemanis Buatan

Pemanis buatan, terkadang dianggap lebih sehat daripada pemanis alami. Namun, pada kenyataannya, walaupun memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, pemanis buatan lebih berbahaya dan berisiko daripada pemanis alami, loh.

Mengonsumsi kopi dengan menambahkan pemanis buatan, hanya akan berdampak negatif pada kesehatan, meskipun efek tersebut belum dapat terlihat di awal konsumsi. Pemanis buatan, dapat mempengaruhi kadar insulin, mengencam kesehatan usus, hingga berbagai organ vital.

Baca Juga: 5 Camilan Berbahan Kopi, Bikin Santai Soremu Makin Asyik!

Jadi, itulah beberapa kesalahan dalam minum kopi yang sering kita lakukan. Mulai sekarang, lebih bijak lagi dalam mengonsumsinya, yuk. Lebih baik utamakan kesehatan daripada hanya sekadar untuk menghilangkan haus saja. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id