5 Bahaya Masker Spirulina yang Jarang Disadari

  • Bagikan
5 Bahaya Masker Spirulina yang Jarang Disadari
journal.sociolla.com

Seruni.id – Sering menggunakan masker spirulina? Hati-hati, ya. Sebab, ada sejumlah bahaya masker spirulina yang harus kamu waspadai, loh.

5 Bahaya Masker Spirulina yang Jarang Disadari
klikdotker.com

Belakangan, penggunaan masker spirulina cukup meningkat. Baik di kalangan remaja maupun dewasa. Masker dengan warna hijau pekat ini, dipercaya menawarkan beragam manfaat yang baik untuk kulit wajah. Mulai dari mencerahkan, melembapkan, mengatasi penuaan, serta jerawat.

Manfaat tersebutlah yang kemudian membuat para wanita tertarik menggunakannya. Padahal, di balik manfaat tersebut, masker spirulina juga memiliki efek samping yang patut kita waspadai, loh. Apa saja? Simak berikut ini yuk, Seruni akan membahasnya satu per satu.

 

1. Memicu Alergi pada Ibu Hamil

Perlu kamu ketahui nih, bahwa spirulina berasal dari ganggang biru-hijau. Biasanya, tumbuhan ini hidup secara alami di lautan atau danau asin pada wilayah iklim subtropis. Meski masker spirulina menawarkan segudang manfaat. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam penggunaannya, apalagi jika kamu dalam kondisi hamil. Sebab, bahaya masker spirulina pada ibu hamil, dapat menyebabkan alergi. Masker ini, sebaiknya tidak digunakan ketika kamu memiliki riwayat alergi terhadap yodium dan memiliki riwayat gagal ginjal. Karena spirulina mengandung cukup banyak konsentrasi vitamin, protein hingga mineral yang tinggi.

 

2. Memperparah Wajah yang Berjerawat

Masker yang identik dengan warna hijau ini, memang dikenal ampuh untuk menghilangkan jerawat. Namun, sebelum jerawat hilang, produksi jerawat pada kulit wajah akan bertambah, sehingga kulit menjadi kurang sedap dipandang. Mengapa hal ini bisa terjadi? Biasanya ini dikarenakan masker tersebut akan bekerja untuk mendetoks racun-racun yang menumpuk pada wajah, dalam bentuk jerawat. Jadi, jika kondisi kulitmu sedang muncul jerawat, sebaiknya hati-hati dalam menggunakan masker ini, ya. Sebab, wajahmu akan semakin berjerawat.

 

3. Memicu Rasa Mual

Bahaya masker spirulina yang berikutnya, yaitu dapat memicu rasa mual. Mengapa hal ini bisa terjadi, ya? Hal ini terjadi lantaran aroma khas dari masker spirulina yang begitu kuat dan menyengat. Bagi beberapa orang dengan indera penciuman sensitif, mungkin mereka akan merasakan mual hingga kram perut. Tidak hanya dijadikan sebagai masker, efek tersebut juga akan muncul ketika kamu mengonsumsinya.

Meski spirulina yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen, mampu menambah energi. Namun, juga memberiakn dampak negatif, seperti perut kembung, dehidrasi, hingga gangguan pencernaa. Jika kamu merasakan demikian, segera jauhkan produk tersebut dari jangkauan, ya.

 

4. Menimbulkan Permasalahan di Bagian Wajah

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, masker wajah memang harus digunakan secara rutin, begitupun dengan masker spirulina. Namun, rutin yang dimaksud, bukan harus setiap hari, ya. Sebab, segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan, tentu sangat tidak baik.

Ketika menggunakan masker spirulina, usahakan untuk tidak menggunakannya setiap hari. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan dari masalah kulit wajah, seperti hanya menggunakan 2-3 kali dalam seminggu. Jika terlalu sering, bukan tidak mungkin akan menyebabkan masalah yang lebih parah pada wajahmu.

 

5. Masker Spirulina Palsu Dapat Merusak Kulit Wajah

Karena sadar akan banyaknya manfaat yang ditawarkan dari masker spirulina, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Hal ini kerap dijadikan sebagai peluang besar bagi para oknum nakal untuk mengedarkan produk palsu. Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini, seseorang bisa dengan mudah memalsukan sebuah produk dengan bahan-bahan pembuatan yang lebih murah, hanya untuk memenuhi kantongnya saja.

Maka dari itu, kamu tidak boleh terkecoh saat hendak membeli masker spirulina, ya. Bahaya masker spirulin palsu, akan memberikan efek samping yang cukup parah, loh. Salah satunya dapat merusak kulit wajah. Adapun sejumlah efek yang ditimbulkan berupa:

  • Munculnya banyak jerawat di area wajah.
  • Kulit menjadi lebih mudah kusam dan berminyak.
  • Menimbulkan iritasi serta membuat tekstur kulit menjadi lebih kering.
  • Menimbulkan rasa perih dan gatal yang berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Masker Susu Dancow dan Air Mawar

Nah, itulah beberapa informasi mengenai bahaya dari masker spirulina yang jarang sekali disadari, apalagi jika penggunaannya tidak diperhatikan. Semoga ini bisa menjadi pengetahuan baru sekaligus membantu kulit wajah tetap sehat, ya.

  • Bagikan
seruni.id