10 Kesalahan Gaya Rambut yang Membuat Wajah Tampak Tua

  • Bagikan
10 Kesalahan Gaya Rambut yang Membuat Wajah Tampak Tua
womantalk.com

Seruni.id – Dari tahun ke tahun, trend potogan rambut selalu mengalami perubahan. Karena hal tersebut, banyak wanita mulai menata rambutnya kembali dengan gaya yang diinginkan. Meski kamu bebas memilihnya, tapi kamu harus ingat bahwa tidak semua gaya cocok untukmu. Sebab, ada pula gaya rambut yang membuat wajah tampak tua.

10 Kesalahan Gaya Rambut yang Membuat Wajah Tampak Tua
womantalk.com

Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi, kan? Nah, agar tidak menyesal nantinya, berikut Seruni telah mengulas beberapa kesalahan gaya rambut yang membuat wajah tampak tua di antaranya:

1. Jarang Memotong Rambut

Memiliki rambut panjang adalah idaman bagi sejumlah orang, terutama wanita. Namun, membiarkannya terlalu panjang bahkan tidak pernah memotongnya adalah kesalahan yang fatal, loh. Sebab, rambut yang terlalu panjang justru tampak lebih tipis. Selain itu, rambut yang lebih tipis akan mudah menua. Agar kesalahan ini tidak berlanjut, maka sempatkanlah untuk memotongnya, ya. Meskipun hanya sedikit saja.

2. Tidak Membingkai Wajah

Kalau kamu ingin menjaga rambut agar tetap panjang, maka kamu harus menambahkan beberapa lapisan halus untuk membingkai wajah. Adapun tempat sempurna untuk memulai layer adalah bagian tulang pipi yang bisa menonjolkan tulang pipi dan mengangkatnya secara instan.

3. Gaya Poni yang Monoton

Untuk membuat tampilan wajah terlihat berbeda, kebanyakan wanita akan mengubah gaya rambutnya, terutama pada bagian poni. Menggunting atau sekadar mengganti arah jatuhnya poni tentu dapat mengubah penampilanmu hanya dalam sekejap. Namun, tidak semua poni yang menutupi area mata membuat wajah terlihat mudah, ada kalanya justru memberikan kesan mata menjadi kecil, kusam, dan wajah tampak lebih tua. Agar lebih terlihat segar dan muda, mungkin kamu bisa memilih poni yang lebih tinggu, seperti di atas kening dengan gaya menyamping. Gaya ini akna membuat wajah lebih proposional dan bersih.

4. Gaya Rambut Selalu Sama

Selain menggunakan model poni yang monoton, tidak pernah mengubah potongan rambut adalah salah satu kesalahan gaya rambut yang membuat wajah tampak tua. Seruni sarankan, gantilah gaya rambut dengan pilihan gaya lain sesuai bentuk wajah. Namun, perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dengan volume rambut, karena hasilnya akan tetap sama saja.

5. Potongan Rambut Kuno

Kita memang tidak harus selalu mengikuti gaya rambut terkini, tapi memilih potongan dan gaya rambut sesuai zaman cukup membuat seseorang tampak lebih muda atau sesuai umur. Hindarilah gaya-gaya rambut dengan ciri khas sasakan super tinggi, keriting ekstrem, atau highlights tegas ala 2000-an awal.

6. Memotong Lapisan yang Terlalu Pendek

Memangkas layer alias lapisan pada rambut layaknya kita sedang menikmati permen kapas. Mungkin memakan beberapa gigitan saja sangat menakjubkan, tapi jika berlebihan dapat menyebabkan sakit gigi. Begitupun ketika terus-terusan memangkas layer hingga pendek, maka hanya akan membuat bagian ujung sangat tipis.

7. Rambut Kusut

Seiring bertambahnya usia, tekstur rambut berubah menjadi lebih kasar. Sementara pada saat yang sama, penurunan produksi minyak membuat rambut tampak kering. Untuk melawan sifat penuaan yang satu ini, lakukanlah perawatan pelembap mingguan seperti minyak rambut atau vitamin.

8. Ujung Rambut yang Kering

Pada bagian ujung rambut sering kali terasa sangat kering. Tentunya hal ini sangat menjengkelkan, kan? Agar bagian ujung rambut tidak kering dan bercabang, maka lakukan secara rutin untuk memperbarui bentuk potongan rambut atau sekadar melakukan trimming. Selain menjaga kesehatan rambut, hal ini juga akan membuat penampilan terlihat lebih segar.

9. Warna Rambut yang Terlalu Gelap

Meski rambut yang lebih gelap dari warna aslinya terlihat keren, tapi setelah usia tertentu akan berubah dan membuat wajah ikut terlihat gelap. Sebab, rambut gela yang tidak memilih highlight atau lowlight akan membuat semua perhatian tertuju pada kulit. Apabila ingin mewarnai rambut, pilihlah warna lembut dengan tone alami agar wajah tampak muda. Bukan berarti harus blonde atau putih, tapi pilihlah warna karamel atau kastanye yang bisa menciptakan keseimbangan pada rambut gelap.

10. Meminta Warna Pucat

Tahukah kamu, ternyata warna abu-abu bisa membuat wajah tampak lebih kusam, loh. Padahal abu-abu menjadi salah satu warna yang paling banyak diminati. Untuk menghindari wajah terlihat kusam dan tua, cobalah untuk meminta warna yang lebih hangat dariapda dingin yang akan memantulkan tone lebih netral sehingga menciptakan kilau. Seperti hilight varian warna cokelat.

Baca Juga: 5 Warna Rambut yang Akan Hits di Tahun 2021

Itulah 10 kesalahan gaya rambut yang membuat wajah tampak tua dan kusam. Jika tidak ingin terjadi, yuk segera hindari beberapa kesalahan yang telah Seruni sebutkan di atas.

  • Bagikan
seruni.id