Makna Ucapan Syafakallah dan Syafakillah Serta Cara Penggunaannya

  • Bagikan
Makna Ucapan Syafakallah dan Syafakillah Serta Cara Penggunaannya
galamedia.pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Mungkin kita sering mendengar ucapan Syafakallah dan Syafakillah ketika ada kerabat atau teman yang sedang sakit. Kedua kata tersebut merupakan sebuah ucapan kesembuhan atau doa agar orang yang sedang sakit segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Makna Ucapan Syafakallah dan Syafakillah Serta Cara Penggunaannya
health.detik.com

Namun, tahukah kamu apa arti dari kedua kata tersebut dan bagaimana cara penggunaannya? Jika memang masih bingung akan kedua kata tersebut, yuk simak ulasannya berikut ini.

Syafakallah شفاك الله

شفاك الله Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (lelaki)”

Kata Syafakallah merupakan sebuah ucapakan atau doa untuk mereka yang sedang sakit agar Allah SWT segera mengangat penyakit tersebut. Ucapan tersebut tidak bisa sembarangan diberikan kepada orang lain, ya. Sebab, kata Syafakallah yang diperuntukkan orang yang berjenis kelamin laki-laki saja.

Syafakillah شفاك الله

Dalam bahasa Arab, kata شفاك الله atau Syafakillah memiliki arti “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan).”

Jika kata Syafakallah diperuntukkan bagi laki-laki yang sedang sakit. Sementara itu, Syfakillah digunakan untuk mendoakan kesembuhan pada orag yang berjenis kelamin perempuan.

Jadi, itulah perbedaan antara ucapan Syafakallah dan Syafakillah. Di mana Syafakallah diperuntukkan bagi laki-laki. Sedangkan Syafakillah untuk perempuan. Selain kedua ucapan tersebut, ada ucapan lainnya yang perlu kita pahami. Sebab, kadang kala kita masih saja keliru dalam memberikan ucapan tersebut. Adapun ucapan tersebut yakni sebagai berikut:

Syafakumullah شفاكم الله

Selain Syafakallah dan Syafakillah, ucapan kesembuhan yang berikutnya adalah شفاكم الله atau Syafakumullah. Biasanya ucapan tersebut diberikan kepada orang yang lebih tua dan berjenis kelamin laki-laki. Adapun arti dari Syafakumullah ialah,

“Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (lelaki).”

Syafahullah شفاه الله

Istilah berikutnya yakni شفاه الله atau Syafahullah, yang artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (lelaki).”

Ucapan ini kerap digunakan untuk mendoakan seseorang berjenis kelamin laki-laki yang sedang sakit. Bedanya dari ucapan sebelumnya yang juga ditujukkan kepada laki-laki adalah ucapakan Syafahullah diberikan kepada mereka yang sedang jauh dari kita.

Syafahallah شفاها الله

Syafahallah memiliki arti “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).”

Lantas, apa bedanya kalimat Syafahallah dan Syafakillah? Syafakillah memang ditujukkan kepada perempuan, tapi yang berada di dekat kita. Sedangkan Syafahallah yang ditujukan pada wanita yang sedang sakit, tapi sedang berada jauh dari kit.

Syafahumullah شفاهم الله

Ucapan kesembuhan ini memiliki arti “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (laki-laki).”

Ucapan tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada laki-laki yang sedang sakit, tetapi dengan jumlah yang banyak.

Syafahunnallah شفاهن الله

Istilah ucapan berikutnya yakni شفاهن الله atau Syafahunnallah, yang artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan pada mereka (perempuan)”

Kalimat ucapan kesembuhan tersebut mungkin sering kita dengar, Syafahunnallah sendiri digunakan jika kita hendak mengucapkan kepada orang yang berjenis kelamin perempuan yang jumlahnya banyak.

Baca Juga: Inilah Kumpulan Doa untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan

Itulah ucapan doa kesembuhan dalam Islam yang bisa kita ucapkan ketika ada teman, kerabat, saudara, atau sahabat yang sedang sakit. Semoga dengan adanya artikel ini, kita tidak keliru lagi dalam memberikan ucapan tersebut.

  • Bagikan
seruni.id