5 Kesalahan Ketika Memotong Rambut Sendiri di Rumah

5 Kesalahan Ketika Memotong Rambut Sendiri di Rumah
sehatq.com

Seruni.id – Tak bisa pergi ke mana-mana, bukan berarti membatasi gerak. Termasuk bukan berarti membuat dirimu tidak dapat melakukan perawatan diri. Seperti luluran, creambath, hingga memotong rambut sendiri di rumah. Banyak dari kalian yang mungkin tidak nyaman dengan rambut panjang, hingga akhirnya memutuskan untuk memotongnya sendiri, entah itu mencari tutorial di internet ataupun potong secara asal.

5 Kesalahan Ketika Memotong Rambut Sendiri di Rumah
suarasurabaya.net

Sebelum kalian menyesal, lebih baik lihat dulu, apa saja kesalahan yang tidak boleh dilakukan saat memotong rambut sendiri. Jangan hanya karena tidak nyaman, rambutmu justru tak karuan. Dilansir dari berbagai sumber, inilah lima kesalahan dalam memotong rambut sendiri di rumah.

1. Memotong Rambut dalam Keadaan Basah

Jika memotong rambut di salon, memang rambut dicuci terlebih dahulu. Namun, ini dilakukan oleh orang yang sudah profesional dalam bidangnya. Beda halnya jika kamu memotong sendiri. Saat hendak memotong, usahakan rambut dalam keadaan kering.

Pemangkas rambut biasanya membutuhkan rambut kliennya dalam keadaan basah untuk melihat tingkat rata pemotongan. Namun jika melakukannya sendiri, lebih baik tidak membasahi rambut. Para profesional tentu sudah mengetahui perbedaan panjang pendek rambut saat basah dan kering. Jika kamu memotong rambut saat basah, akan jadi lebih pendek saat kering. Daripada kamu akhirnya menyesal, lebih baik memotongnya saat rambut kering, ya.

2. Menggunakan Gunting yang Kurang Tajam

Kebanyakan dari kita mungkin berpikir, bisa menggunakan gunting apa saja ketika memotong rambut sendiri di rumah. Lalu, ketika memilih gunting secara asal, ternyata alat tersebut tidak terlalu tajam. Alhasil, potongan rambut menjadi tidak karuan. Maka dari itu, hindarilah hal ini, ya. Pastikan gunting yang kamu gunakan benar-benar tajam. Jangan juga menggunakan gunting yang bilahnya terlalu panjang. Karena ini hanya akan membuatmu kurang dapat mengontrolnya ketika menggunting.

3. Terus Memotong Saat Tidak Rata

Kamu memang bukan pemotong rambut profesional, sehingga akan sulit untuk membuat potongan rambut terlihat rata. Namun, yang harus diingat adalah jangan sampai terus menggunting rambut saat dilihat tidak rata. Semakin dipotong, semakin pendek rambutmu. Jangan sampai rambut malah jadi super pendek dan tak bisa diperbaiki lagi. Alih-alih memilih gaya bob yang rata, lebih baik pilih gaya lain yang lebih aman. Kamu bisa memotong rambut dengan gaya layer untuk menghindari garis rambut rata yang sulit dilakukan.

4. Tidak Menyisir Terlebih Dahulu

Ketika memotong rambut, tentu kamu menginginkan hasil yang rapi dan simetris antar bagian kiri dan kanan, bukan? Hasil tersebut akan sulit didapatkan jika kamu tidak menyisir terlebih dahulu sebelum menggunting rambut. Sebab, tanpa menyisir, rambutmu akan berantakan dan kusut. Baiknya ketika potong rambut sendiri, kamu tetap memastikan untuk menyisir rambut dengan model belah tengah. Kemudian, jangan lupa menarik atau menyisir rambut ke arah belakang semua. Barulah setelah itu, kamu baru mulai menggunting rambut. Hasilnya akan rapi dan simetris.

5. Memilih Contoh yang Terlalu Sulit

Kesalahan berikutnya dalam memotong rambut sendiri di rumah yakni, kamu terlalu mengikuti contoh yang terlalu sulit. Sedangkan, kamu tidak ahli dalam bidang ini. Lebih baik pilih gaya rambut yang minim potongan sulit. Selain itu, usahakan untuk memilih contoh yang mirip dengan potongan kamu sekarang agar masih bisa mengikuti jalur yang ada. Jika terlalu sulit dan menyerah di tengah jalan, tentu akan jadi mimpi buruk. Mau memperbaiki juga tidak bisa ke salon.

Baca Juga: 30 Trend Potongan Rambut Pendek Wanita 2019 yang Bisa Kamu Coba

Sekarang sudah tahu bukan kesalahan apa saja yang bisa terjadi ketika potong rambut sendiri di rumah? Maka selanjutnya, pastikan kamu tidak mengulang kesalahan-kesalahan tersebut, ya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.