Contoh Kesan dan Pesan, Singkat dan Penuh Makna

  • Bagikan
Contoh Kesan dan Pesan, Singkat dan Penuh Makna
tempoinstitute.com

Seruni.id – Setelah masa perpisahan atau lulus sekolah, umumnya para siswa dan siswi diminta untuk menuliskan kesan dan pesan. Baik untuk sekolah, guru, atau teman. Kesan dan pesan tidak hanya untuk perpisahan sekolah saja, loh. Namun, juga berlaku untuk berbagai acara lainnya. Kesan dan pesan sendiri merupakan gambaran atau penilaian kita terhadap sesuatu hal. Sebab, biar bagaimanapun, kita harus meninggalkan catatan yang baik dan mengesampingkan keluh kesah terhadap hal tersebut. Sebelum Seruni membagikan contohnya, kamu harus tahu arti dari kesan dan pesan yang sesungguhnya. Yuk simak di bawah ini:

Contoh Kesan dan Pesan, Singkat dan Penuh Makna
teropongonline.com

 

Kesan dan Pesan Adalah

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, sebaiknya pahami lebih dulu apa itu kesan dan pesan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesan adalah sesuatu yang dirasakan oleh seseorang setelah melihat, merasakan, mendengar, atau mengalami sesuatu hal.

Sedangkan pesan adalah sebuah amanat atau nasihat yang hendak disampaikan oleh seseorang. Dengan tujuan agar si penerima pesan menjadi lebih baik lagi. Jadi, dapat disimpulkan, bahwa perbedaan kesan dan pesan terletak pada bagian isinya.

  • Kesan: Berisi apa yang dirasakan oleh seseorang.
  • Pesan: Berisikan tentang amanat, nasihat, kritik, maupun saran.

 

Kumpulan Contoh Kesan dan Pesan yang Singkat dan Bermakna

Bagi kamu yang mungkin bingung untuk menyusun kata demi kata membentuk suatu kalimat menjadi kesan dan pesan yang sempurna, berikut Seruni akan memberikan beberapa contoh yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Perlu kamu ingat, bahwa pesan kesanmu dapat ditujukan kepada siapa saja, ya.

 

1. Contoh Kesan dan Pesan untuk Sekolah atau Kampus

Kesan: Saya merasa sangat senang bisa bersekolah di (tulis nama sekolah atau kampus). Di sini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman dari bapak dan ibu (guru/dosen) maupun teman-teman (sekolah/kampus).

Sebab, lingkungan di (sekolah/kampus) ini sangatlah nyaman. Selain itu, fasilitasnya pun juga lengkap sehingga sangat mendukung dan memudahkan para (siswa/mahasiswa) dalam kegiatan belajar.

Pesan: Saya berterima kasih atas fasilitas di (sekolah/kampus) yang cukup lengkap, sehingga mendukung proses pembelajaran kami. Namun sayangnya, masih ada kendala dalam hal jaringan internet, salah satunya adalah koneksi yang sering lemot dan terputus.

Sehubungan dengan semakin berkembangnya teknologi dan kebutuhan internet dalam proses belajar mengajar, ada baiknya diusahakan untuk menggunakan provider internet yang lebih cepat.

 

2. Contoh Kesan dan Pesan untuk Guru

Kesan: Untuk bapak/ibu (sebutkan nama gurunya), terima kasih karena telah memberikan banyak ilmu kepada kami. Terima kasih juga, karena selama ini selalu sabar dalam mendidik kami.

Pak/bu (sebutkan nama gurunya), selalu bisa memberikan penjelasan yang mudah dipahami di setiap pertemuannya. Terlebih, kegiatan praktikum dan kegiatan belajar lainnya sangat menarik, sehingga tidak membuat kami bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.

Pesan: Semoga segala ilmu yang bapak/ibu guru berikan kepada kami, dapat bermanfaat sebagai bekal menuju masa depan yang lebih baik lagi. Selalu jaga kesehatan ya, pak/bu, agar tetap bisa mengajar dengan baik dan lebih banyak lagi siswa yang mendapatkan manfaat. Saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan.

 

3. Contoh Kesan dan Pesan untuk Kakak Kelas dan OSIS

Biasanya, setelah masa MOPD berakhir, para peserta ditugaskan untuk membuat kesan dan pesan yang ditujukan kepada kakak kelas dan OSIS. Nah, adapun contohnya sebagai berikut:

Kesan: Setelah tiga hari mengikuti Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (LKMO), itu adalah hal yang berkesan bagi saya dan teman-teman. Karena saya dan peserta lainnya digembleng mentalnya agar memiliki mental pemimpin. Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Meski harus diselimuti dengan tangis karena tekanan yang besar.

Meski begitu, semuanya berakhir dengan bahagia. Kakak OSIS dan peserta lainnya saling meminta maaf, bernyanyi bersama, dan hubungan keakraban semakin erat. Setelah ini, tanggung jawab akan semakin besar, karena saya dan teman-teman akan mulai menggantikan tugas-tugas kakak OSIS.

Pesan: Terima kasih sebesar-besarnya kepada kakak OSIS yang telah membimbing kami selama tiga hari dalam kegiatan LKMO. Untuk selanjutnya, tolong bimbing kami meski kalian sudah tidak menjadi OSIS. Jangan lupa doakan kami agar mampu mengemban tanggung jawab yang kalian berikan.

 

4. Contoh Kesan dan Pesan untuk Dosen

Kesan: Selama mengikuti kegiatan perkuliahan bersama bapak/ibu (sebutkan namanya) sungguh sangat seru dan berkesan. Bapak/ibu dosen tak pernah datang terlambat dan materi yang disampaikan pun tidak monoton.

Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang bisa kami ambil dari bapak/ibu (sebutkan namnya). Bahkan, tidak hanya tentang materi perkuliahan saja, tapi juga tentang kehidupan di luar kampus.

Pesan: Semoga pak/bu (sebutkan namanya) bisa tetap kreatif dalam merancang dan menyampaikan materi kepada para mahasiswanya. Semoga sehat selalu, sukses terus, dan tetap menjadi dosen terbaik yang peduli dengan mahasiswanya.

 

5. Contoh Kesan dan Pesan Perpisahan SMA

Kesan: Akhirnya mimpi saya bisa bersekolah di SMA (tulis nama sekolahnya) dapat terwujud. Sekolah ini memang merupakan sekolah favorit. Saya juga mulai memahaminya kenapa SMA (tulis nama sekolahnya) difavoriti, karena di sini lingkungan sekolah sangat menggutamana kenyamanan para siswanya.

Lingkungan sekolah yang asri, nyaman, dan tedih. Ditanami banyak tanaman dan juga pepohonan hias menjadikan lingkungan sekolah sangat mendukung untuk belajar. Gerakan di seklah kami juga besar dan memiliki banyak koleksi buku, ada pula buku-buku berbahasa asing.

Kegiatan ekstrakulikuler di sekolah pun sangat beragam, sehingga para siswa bisa menemukan minat dan bakat yang sesuai. Di sekolah ini, kami juga bersaing secara sehat untuk menjadi wakil sekolah dalam berbagai macam lomba yang diikuti. Bukan hanya lomba, tapi kami juga bersaing secara sehat dalam hal prestasi di lingkungan intern sekolah.

Pesan: Terima kasih SMA (tulis nama sekolahnya). Saya mendapat banyak ilmu dan pengalaman berharga selama belajar di sekolah tercinta ini. Saya yakin dan saya berharap agar SMA (tulis nama sekolahnya) semakin maju, jaya, dan selalu menuai banyak prestasi.

 

6. Contoh Kesan dan Pesan untuk Teman

Kesan: Jujur, saya merasa sangat senang bisa bertemu dan akhirnya berteman dengan kalian. Kita telah melalui waktu bersama selama beberapa tahun. Banyak hal yang telah kita lewati bersama, entah itu senang maupun sedih.

Kalian adalah teman-teman yang baik. Selalu menemani saya dalam kedaan apapun, serta selalu memberi nasihat yang baik ketika saya melakukan kesalahan. Tak banyak kata yang bisa saya ucapkan, kalian adalah yang terbaik.

Pesan: Saya berharap kalian selalu dalam keadaan sehat dan dilancarkan rezekinya. Jangan ragu untuk menghubungi saya ketika kalian butuh bantuan. Sebagai teman sejati, saya selalu siap membantu kalian semampu saya. Tetaplah jadi orang yang baik dan mau membantu sesama. Good luck.

 

7. Contoh Kesan dan Pesan untuk Adik Kelas

Kesan: Adik-adik kelas sangatlah baik, santun, dan pintar. Meskipun awalnya mereka malu-malu. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka semakin percaya diri dan bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Pesan: Manfaatkanlah waktu belajar kalian sebaik mungkin, ya. Tetap semangat agar cita-cita bisa kalian raih. Carilah pengalaman sebanyak-banyaknya, karena masa muda tidak datang dua kali. Semoga kalian menjadi orang sukses dan bisa mengharumkan nama sekolah, bangsa, dan negara.

 

8. Contoh Kesan dan Pesan untuk Guru Selama Belajar di Rumah

Kesan: Adanya pandemi bukan menjadi penghalang bagi ibu/bapak guru untuk memberikan ilmu kepada kami. Walaupun banyak sekali hambatan, mulai dari sinyal yang hilang, mati listrik, internet yang lelet, dan lain-lain. Namun, ibu/bapak guru tetap sebar mengajar kami.

Pesan: Terima kasih pak/bu untuk ilmunya. Saya tak mengerti harus memberikan pesan seperti apa, karena bapak/ibu sangat baik hati. Mungkin ke depannya, bapak/ibu bisa mengurangi tugas dan merangkum untuk siswa dan lebih banyak prakteknya.

 

9. Contoh Kesan dan Pesan untuk Pameran Seni Rupa

Kesan: Pameran kali ini sungguh meriah. Para peserta pun sangat antusias dan karya mereka sangat bagus dan kreatif. Gallery yang digunakan pun cukup luas, sehingga bisa memberi ruang yang cukup lebar antar karya peserta.

Pesan: Masih banyak pengunjung yang kebingungan saat memasuki gallery. Pesan saya, sebaiknya pihak panitia menyiapkan denah pameran sehingga para pengunjung bisa tahu arah dan stan yang harus mereka kunjungi.

 

10. Contoh Kesan dan Pesan Menjelang Perpisahan Sekolah Al-Qur’an

Kesan: Saya senang selama menimba ilmu di sini. Saya jadi banyak tahu tentang cara mengaji dan salat dengan benar. Para guru TPQ pun sangat sabar ketika mengajarkan kami, meski kami sering kali melakukan kesalahan. Teman-teman TPQ juga sangat menyenangkan, belajar mengahi dan salat yang benar, kami juga diajarkan untuk menjaga silaturahmi antar sesama teman.

Saya sangat senang salat berjamaah dengan teman-teman di amsjid, terutama masih di TPQ ini sangat besar, nyaman, dan bagus. Begitupun dengan makanan yang ada di kantin, sangat enak dengan harga yang ramah di kantong. Tidak heran jika kantin selalu dipenuhi para siswa.

Pesan: Semoga saya dan teman-teman bisa mengkhatamkan Al-Qur’an besama-sama. Saya juga akan selalu mengingat pesan guru-guru untuk selalu membaca Al-Qur’an setiap hari, serta tidak meninggalkan salat lima waktu dan salat sunah.

Cara Menyampaikan Pesan dan Kesan

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk menyampaikan pesan dan kesan, baik secara lisan maupun tulisan. Apabila ingin menyampaikannya melalui lisan, kamu bisa memanfaatkan kesempatan saat berpidato, menjadi pembawa acara, dan sebagainya. Namun, jika ingin melalui tulisan, kamu bisa menuliskannya di secarik kertas dan dikemas secara rapi.

Baca Juga: 20 Kumpulan Puisi Perpisahan Paling Mengesankan dan Menyentuh Hati

Demikianlah beberapa contoh pesan dan kesan yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan