Ketika Anak Bertanya, ‘Aku Pakai Jilbab, Kenapa Temanku Tidak?’

ruangmuslimah.co

Seruni.id – Anak perempuan diwajibkan untuk menutup auratnya ketika dia sudah baligh. Akan tetapi, lebih baik jika ia dibiasakan menutup auratnya sejak dini. Mungkin ketika anak telah mengerti dengan berbedaan dirinya dengan yang lain, muncul banyak pertanyaan di benaknya. Seperti pertanyaan mengenai jilbab.

islampos.com

Umumnya anak akan bertanya seperti ini, “Ibu, kenapa aku pakai jilbab, sedangkan temanku tidak?’ Pertanyaan tersebut bisa jadi muncul karena dia sudah memulai penjelajahannya pada lingkungan sekitar. Maka, jika dia melihat sesuatu yang terlihat ganjil dan tidak ada pada dirinya, dia akan bertanya pada orang terdekatnya. Terutama orangtuanya.

Keingintahuan ini merupakan hal yang wajar dan harus disikapi pula dengan wajar. Pertanyaan seperti ini hendaknya dijawab sesuai dengan tahap perkembangan pola pikir anak, dan tetap harus bijak. Ketika anak belum mendapatkan jawaban yang membuat dirinya puas, jangan heran jika dia akan terus bertanya sampai ia menemukan jawaban yang pas.

Maka, berikan mereka jawaban yang memuaskan akalnya. Jangan sampai kita diamkan ataupun merasa jengkel, ya. Karena, problem bias standar akan melanda dirinya dan akan menyebabkan kerapuhan mental dan prinsip yang sudah kita tanamkan.

Lantas, bagaimana kita harus menjawab pertanyaan tersebut?

Jelaskan pada anak, bahwa memakai jilbab adalah perintah dari Allah, kemudian sebutkanlah alasan-asalan yang menyebabkan seseorang tidak mengenakan jilbab. Misalnya, ‘mungkin dia itu bukan seorang Muslimah atau seorang Muslimah namun belum tahu dan mengerti kewajiban berkerudung, atau sudah tahu tetapi enggan memakai jilbab karena merasa ribet dan gerah.

Jangan lupa, sampaikan pula pada anak, bahwa ketika seorang Muslimah yang sudah baligh berkerudung, ia akan mendapatkan pahala dari Allah dan sebalaiknya jika tidak berekerudung di luar rumah ia akan berdosa. Membuka aurat adalah salah satu dosa besar.

Bila anak sudah masuk usia 5 tahun biasanya anak sudah mengerti reaksi-reaksi lingkungan terhadap perilaku seseorang, maka dapat kita tambahkan pula alasan bila seorang muslimah menutup auratnya ia akan aman dari gangguan laki-laki iseng karena laki-laki akan sungkan untuk mengganggunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.