Cara Agar Rajin Melakukan Salat Malam

republika.co.id

Seruni.id – Bagi umat muslim, ibadah malam sangatlah dianjurkan oleh agama. Salah satu ibadah malam yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan Allah adalah salat tahajud. Hanya saja, seringkali rasa malas dan sulit terbangun di tengah malam menjadi kendalanya. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa rajin melakukan salat malam?

ngantriyuk.id

Niat yang Baik dan Ikhlas

Agar rajin melakukan salat malam, tanamkan dalam hati niat yang baik dan ikhlas. Niatkan pada diri sendiri untuk mencari keridhoan Allah SWT dalam menjalankan setiap ibadah. Allah memang menciptakan manusia untuk menyembah hanya kepada-Nya. Maka, tak salah jika umatnya memohon serta meminta apa yang diinginkan.

Sedangkan Allah yang memutuskan akan dikabulkan atau tidak. Sebab, Allah lah yang maha mengetahui pantas dan tidak pantas untuk umatnya. Jadi, niatkan pada diri sendiri bahwa menjalankan ibadah tidak semata-mata untuk meminta keinginan saja. Tapi, harus mengharap ridhonya. Sehingga dengan niat yang ikhlas, salat sunnah malam akan menjadi kebiasaan yang ringan untuk dikerjakan.

Kaji Berbagai Hal Tentang Salat Tahajud

Alangkah lebih baik, kita dapat mengkaji segala hal tentang salat malam. Karena, dengan membaca serta memahami ayat ataupun hadist yang berkaitan dengan keutamaan ataupun khasiat salat tahajud, maka hati serta pikiran pun akan lebih tergerak untuk melaksanakannya tanpa pernah ada kata ‘malas’.

Hindari Perbuatan Maksiat

Sesungguhnya perbuatan maksiat akan menjauhkan kita dari Allah SWT. Jika kita melanggar larangan Allah, niscaya sedikit demi sedikit hati kita akan dikeraskan. Secara tidak sadar, kita pun akan menolak segala hal yang diperintahkan-Nya. Tidak hanya sunnah yang kita tinggalkan, melainkan salat wajib pun akan ditinggalkan. Jadi, lebih baik, hindarilah perbuatan maksiat agar kita tidak jauh dari Allah SWT.

Tidur di Awal Malam

Selalu biasakan untuk tidur lebih awal dan jangan begadang jika memang tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Dengan tidur di awal waktu, maka tubuh akan terasa segar ketika terbangun di pagi hari. Selain itu, lakukan juga berbagai sunnah lain ketika hendak tidur seperti berwudhu dan berdoa sebelum tidur. Berdoa pula agar Allah memberikan kesempatan untuk bangun melaksanakan salat malam.

Berprasangka Baik

Hindari penyakit hati dengan selalu berprasangka baik terhadap orang lain. Sebab, penyakit hati datangnya dari pandangan kemudian pikiran lalu ke hati. Sama halnya seperti perbuatan maksiat, hati seseorang akan menjadi keras. Sehingga sangat sulit menerima hal-hal baik dari orang lain. Akhirnya, tidak mau menjalankan apa yang diperintahkan Allah SWT, karena merasa dirinya sudah paling benar. Jadi, jangan berpikiran buruk terhadap orang lain, karena bisa jadi kitalah yang lebih buruk dari orang tersebut.

Takut pada Allah SWT

Sebagai umatnya, kita senantiasa harus takut pada Allah SWT. Sebab, orang yang takut kepada-Nya maka akan menjalankan semua perintah Allah SWT dan tidak akan pernah melewatkannya. Mereka akan berupaya agar mereka bisa menjalankan perintah-Nya baik wajib maupun sunnah.

Dengan cara tersebut, diharapkan kita bisa lebih rajin lagi melaksanakan salat malam dan keberkahan serta keridhoan Allah pun akan diraih. Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.