7 Keuntungan Berhenti Main Sosial Media Sementara Waktu

7 Keuntungan Berhenti Main Sosial Media Sementara Waktu
google.com

Seruni.id – Mengapa kita tidak berhenti main sosial media untuk sementara waktu? Media sosial memang sangat membantu sekali bagi kehidupan kita saat ini. Mungkin jika kita tidak membukanya sehari saja, kita akan ketinggalan banyak informasi. Sosmed juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup zaman sekarang.

7 Keuntungan Berhenti Main Sosial Media Sementara Waktu
shof.co.il

Dilansir dari Hipwee, berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang diliris pada Janurai 2019 lalu, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktunya 3,25 jam untuk menggunakan media sosial. Hal tersebut sudah termasuk menghabiskan 1/8 waktu yang kita jalani dalam 24 jam.

Tapi tahukah kamu? Kita memerlukan waktu untuk berhenti main sosial media untuk sementara waktu, loh. Media sosial tentu memberikan banyak dampak baik bagi kita, namun jika digunakan secara berlebihan bukan tidak mungkin akan berdampak buruk. Bagi kalian yang sangat aktif di sosial media, maka sebaiknya kamu menyimak keuntungan jika kamu puasa sosial media:

1. Memiliki Banyak Waktu Luang

Terkadang kita suka lupa waktu kekita asyik berselancar di sosial media. Bahkan parahnya, ada yang sampai meninggalkan ibadah wajibnya. Cobalah untuk berhenti main sosial media sementara waktu. Maka, kamu akan merasakan bebas dan terlepas. Waktu luang yang kamu miliki pun akan semakin banyak. Jadi, manfaatkan waktumu itu untuk berbuat hal-hal yang bermanfaat. Seperti mengaji, olahraga, membaca buku, pun melakukan aktifitas positif lainnya.

2. Menurunkan Risiko Depresi

Menggunakan sosial media secara terus-menerus, terutama jika kamu mencari kebahagiaan di sana, itu bisa membuatmu merasa bahwa hidupmu sendiri tidak cukup baik. Nantinya mungkin kamu akan cenderung ketergantungan mencari kebahagiaan di sosial media tanpa lebih dulu mencari di dunia nyata. Ketika kamu tidak bisa menemukan sesuatu yang menark, maka kamu akan merasa depresi tanpa disadari. Untuk itu, jika kamu berhenti main sosial media sementara waktu, kamu bisa menurunkan risiko depresi.

3. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Pernah berencara untuk berselancar di internet selama 10 menit saja, tapi malah berkahir dengan tidur yang hampir larut? Dengan kamu berhenti bermain sosial media, waktu tidurmu tidak akan terganggu dan tentunya tubuh akan jauh lebih sehat.

4. Lebih Percaya Diri

Kita tentu tahu, bahwa umpan sosial media ada gulungan sorot untuk mencari perhatian. Semua orang berlomba-lomba mengunggah potret liburan mereka. Tetapi, percaya atau tidak, sosmed memungkinkan kita bersembunyi di balik layar dan menyajikan kehidupan yang kita inginkan agar dipikirkan orang lain. Bisa dibilang, kamu akan menjalani kehidupan palsu di sana. Jadi, dengan berhenti sejenak bermain sosmed, akan membuatmu lebih percaya diri untuk tampil apa adanya.

5. Lebih Sosial Terhadap Kehidupan Sekitar

Ambillah waktu untuk beristirahat dari bermain sosial media. Dengan begitu, dirimu akan lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan memberikan banyak waktu untuk bertemu serta mengenal orang-orang di dunia nyata. Bertemu, mengenal, dan bercengkerama bersama orang-orang seitar secara langsung dapat mengurangi kesepian dan depressi.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Menurut sebuah studi, jika seseorang menghabiskan waktunya untuk menggunakan ponsel atau komputer, bisa menyebabkan penipisan materi abu-abu di otakmu. Hal ini dapat mempengaruhi memori atau daya ingat. Maka dari itu, kamu harus memiliki waktu yang cukup untuk tidak selalu bergantung pada sosial media untuk meningkatkan daya ingat.

7. Lebih Fokus dalam Mengerjakan Sesuatu

Selama berhenti main sosial media sejenak, kita tentu akan menjadi lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu, seringkali ketika kita sedang mengerjakan sesuatu kita sering mengistirahatkan diri kita dengan menggunakan media sosial dan ahkirnya tugas kita terbengkalai.

Baca Juga: Hati-hati dengan Postinganmu di Sosial Media !

Dengan mulai menyadari bahwa banyak hal positif yang bisa kita dapatkan, kita dapat memulai dengan mencoba melepaskan gadget kita dan mencoba menjalani aktifitas tanpa adanya media sosial.

Tentu pada awalnya akan ada beberapa dampak yang dirasakan seperti perasaan ada yang kurang atau aneh, ini tentu memerlukan waktu, tapi dengan mencoba untuk melepaskan diri sejenak dari media sosial, ini dapat memberikan dampak positif tidak hanya untuk diri kita namun juga kepada orang-orang disekitar kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.