7 Keutamaan Memiliki Rasa Ikhlas

  • Bagikan
Memiliki rasa ikhlas yang tertanam di dalam hati, akan membuat hidup menjadi lebih indah, damai, dan tenang. Mengucapkan kata
greatmind.id

Seruni.id – Memiliki rasa ikhlas yang tertanam di dalam hati, akan membuat hidup menjadi lebih indah, damai, dan tenang. Mengucapkan kata ikhlas memanglah mudah, tapi dalam praktiknya masih banyak dari kita yang mungkin belum bisa menerima segala sesuatu dengan hati yang lapang.

Memiliki rasa ikhlas yang tertanam di dalam hati, akan membuat hidup menjadi lebih indah, damai, dan tenang. Mengucapkan kata
daaruttauhiid.org

Meski memiliki rasa ikhlas bukanlah perkara mudah, tapi setiap muslim sejatinya harus menjalankan segala urusan dengan niat ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, dengan memiliki rasa ikhlas kita akan mendapatkan kesitimewaan tersendiri, yang di antarnya sebagai berikut:

1. Perintah Langsung dari Allah SWT

Memiliki rasa ikhlas merupakan sifat istimewa yang termasuk perintah langsung dari Allah SWT. Allah senantiasa memerintahkan kepada setiap hamba-Nya untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas yang tidak mengharap ibalan atau hal yang bersifat duniawi. Sebagaimana Allah SWT pun banyak menyebut ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan:

“Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya.” (QS. Az-Zumar: 2)

2. Mendapat Syafa’at Nabi Muhammad SAW

Sahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu pernah bertanya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam:

“Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling bahagia dengan mendapatkan syafa’at engkau pada hari kiamat nanti?” Beliau menjawab: “Orang yang mengucapkan Laa Ilaha Illallah dengan ikhlas dari lubuk hatinya.” (HR. Al Bukhari)

Adapun makna ikhlas yang dimaksud adalah mengucapkan La Illaaha Illallah sekaligus menjalankan konsekuensi-konsekuensi dari kalimat tersebut, yakni ia harus benar-benar mempersembahkan amal ibadahnya kepada Allah SWT dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun.

Allah pun berfirman yang artinya: “Dan beribadahlah hanya kepada Allah dan jangan engkau menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun.” (An Nisa’: 36)

3. Salah Satu Syarat Utama Diterimanya Amal Ibadah

Memiliki rasa ikhlas merupakan salah satu syarat utama diterimanya amal ibadah seseorang. Itu aritnya rasa ikhlas sangatlah istimewa dan menjadi sangat bernilai dihadapan Allah SWT. Adapun ayat yang mendasarinya yakni terkandung dalam QS. Al-A’raf ayat 29 yang artinya:

“Katakanlah: Tuhanku menyuruhku untuk berlaku adil. Dan hadapkanlah wajahmu (kepada Allah) pada setiap shalat, dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada-Nya. Kamu akan dikembalikan kepada-Nya sebagaimana kamu diciptakan semula.”

4. Amalan yang Bernilai Besar

Ikhlas ketika kita ditimpa sebuah musibah, memang bukan hal yang mudah. Namun, dengan memiliki rasa ikhlas bisa menjadi sebauh amalan dan penghargaan yang bernilai besar di mata Allah SWT. Sebagaimana rasa ikhlas terhadap sesuatu yang dialami tercantum pada hadits berikut ini:

“Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar karena niat (ikhlas karena Allah) dan betapa banyak pula amal yang besar menjadi kecil hanya karena niat (bukan karena Allah).” (HR Imam Muslim).

5. Dibukakan Baginya Pintu-pintu Langit

Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi shallalahu’alaihi wa sallam yang artinya,

“Tidaklah seorang hamba mengucapkan Laa Ilaaha Illallah dengan ikhlas, kecuali pasti akan dibukakan baginya pintu-pintu langit, sampai dia dibawa ke ‘Arsy (tempat beristiwa’nya Allah), selama dia menjauhi perbuatan dosa-dosa besar.” (HR. At Tirmidzi)

6. Sifat Dasar Nabi Muhammad SAW

Dengan memiliki rasa ikhlas, itu tandanya ia memiliki hati yang tulus dan bersih tanpa adanya rasa nafsu akan duniawi. Sebagaimana sifat ikhlas yang tidak memaksakan menjadi sebuah amalan, ini selalu dilakukan oleh nabi Muhammad. Di mana para Nabi dan Rasul berdakwah dan menjalankan segala perintah Allah dengan penuh keikhlasan. Jadi, sebagai umat Muslim, sudah sepatutnya kita mencontoh sifat ikhlas yang merupakan teladan para Nabi. Rasulullah bersabda:

“Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah semata”. (HR Abu Daud dan Nasa’i).

7. Perasaan Menjadi Lebih Tenang

Secara perlahan dan bertahap, dengan rasa ikhlas bisa dipastikan bahwa kamu dapat senantiasa berpikir positif. Bahkan, dengan memiliki rasa ikhlas, kita akan memiliki perasaan yang lebih tenang dan sebagai salah satu cara meningkatkan suatu kebaikan. Sebagaimana keistimewaan dari rasa ikhlas ini terdapat di dalam sebuah hadits:

“Barang siapa menjadikan akherat sebagai tujuannya maka Allah akan menjadikan kekayaan dalam hatinya.” (HR At-Tirmidzi).

Baca Juga: Tips dan Doa Agar Menjadi Pribadi yang Ikhlas

Demikianlah tujuh keutamaan memiliki rasa ikhlas di dalam Islam. Apakah kamu akan selalu menerapkannya?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id