Ingin ASI Tetap Lancar Meski Berpuasa? Ini Kiatnya!

Ingin ASI Tetap Lancar Meski Berpuasa? Ini Kiatnya!
dream.co.id

Seruni.id – Menjalankan ibadah puasa, sebenarnya tidak menganggu kelancaran produksi air susu ibu (ASI) pada ibu menyusui. Inilah sebabnya, sebenarnya tidak ada larangan bagi ibu menyusui yang kondisi fiskknya sehat, untuk berpuasa selama sebulan penuh. Namun tentunya, ketika berpuasa selama masa menyusui, kamu ingin tetap memberikan ASI dengan jumlah yang cukup untuk di kecil, kan? Nah, mari simak beberapa kiat agar ASI tetap lancar meski berpuasa di bawah ini.

Ingin ASI Tetap Lancar Meski Berpuasa? Ini Kiatnya!
dream.co.id

1. Perhatikan Makanan

Kamu bisa memilih sayur-sayuran hijau sebagai menu berbuka pun sahur. Sayuran yang bisa kamu konsumsi seperti daun katuk, daun kelor, hingga sayur bayam. Jangan lupa untuk makan kurma saat berbuka puasa, ya. Nah, sedangkan untuk sahurnya, pilihlah menu oatmeal yang kaya akan protein, mineral, dan vitamin, beberapa menu ini sangat bermanfaat, loh, untuk membuat ASI tetap lancar. Untuk camilannya, kamu bisa memilih kacang almond, kacang arab, hingga biji rami.

2. Perbanyak Minum Air Putih di Malam Hari

Selain harus memperhatikan makanan, kamu juga perlu mengonsumsi air minum yang lebih banyak pada malam hari. Seperti saat berbuka, kemudian dilanjut sedikit demi sedikit di malam hari, hingga selesai sahur ketika menunggu waktu imsak. Pastikan asupan air putihmu mencukupi, ya. Sebab, aktivitas menyeusui akan membuatmu haus lebih cepat. Cara ini juga untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

3. Istirahat yang Cukup

Mengatur pola makan dan memnuhi asupan cairan dalam tubuh tidaklah cukup untuk membuat ASI tetap lancar meski berpuasa. Hal ini harus pula diimbangi dengan istirahat yang cukup. Oleh karena itu, sebisa mungkin usahakna untuk mengoptimalkan waktu istirahatmu setiap hatiya. Setidaknya dengan meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang setelah selesai menyusui si kecil agar produksi ASI saat puasa tetap terjaga.

4. Tingkatkan Lama Waktu dan Frekuensi Menyusui

Seperti yang mungkin kamu sudah ketahui bahwa produksi ASI ternyata tergantung dengan permintaan di mana semakin sering ASI dikeluarkan maka semakin banyak pula yang dihasilkan. Sehingga dilansir dari Hello Sehat, busui bisa menyusui paling tidak selama 3 jam sekali. Jika hal tersebut tak bisa dilakukan, bisa juga diganti dengan memompanya.

5. Niat dan Berdoa

Bagi kamu yang beragama muslim tentunya percaya, bahwa Ramadhan adalah bulan yang paling makbul untuk beroda. Karena itu, iatkanlah menyusui sebagai ibadah agar lebih berpahala. Dan berdoa kepada Allah agar produksi ASI tetap lancar meski berpuasa, agar Allah berkenan memberi kemudahan dalam memberi nutrisi pada si kecil saat menyusui.

6. Jangan Stres

Kondisi mental sang ibu sangat berpengaruh pada tubuhnya. Oleh karena itu, jangan merasa stres ketika melihat ASI yang keluar hanya sedikit, atau pup si kecil lebih sedikit karena asupan ASI yang kurang.

Baca Juga: Kegiatan Berpahala di Bulan Ramadhan yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil dan Menyusui

Itulah cara agar ASI tetap lancar meski berpuasa. Selain itu, tetaplah berpikir positif, ya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter saat memutuskan untuk puasa saat menyusui. Termasuk kamu juga bisa bertanya dalam keadaan seperti apa seharusnya kamu boleh berpuasa atau justru absen sementara. Jika pada akhirnya, kondisimu dan si kecil memang tak memungkinkan, sebaiknya memang jangan dipaksakan dulu, ya, Moms. Semua demi kesehatanmu dan si buah hati juga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.