Kisah Hijrah Melly Goeslaw, Awal Berhijab Sempat Tak Dapat Job

  • Bagikan
Kisah Hijrah Melly Goeslaw, Awal Berhijab Sempat Tak Dapat Job
instagram.com/melly_goeslaw

Seruni.id – Sosok Melly Goeslaw dulunya dikenal dengan tampilannya yang nyentrik juga unik. Namun, sejak beberapa tahun terkahir, wanita kelahiran 7 Janurai 1974 itu, kini tampil lebih tertutup dengan balutan hijab. Di balik penampilan barunya, ternyata ada kisah hijrah yang menarik, loh. Bagaimana kisahnya?

Kisah Hijrah Melly Goeslaw, Awal Berhijab Sempat Tak Dapat Job
instagram.com/melly_goeslaw

Menceritakan Kisah Hijrahnya

Melalui Channel YouTube Cinta Quran TV, Melly Goeslaw mengungkapkan bagaimana awal mula dirinya memutuskan untuk hijrah dan berhijab pada 2014 silam.

Sejak kecil, Melly Goeslaw telah hidup di kampung dan belajar di madrasah yang berada di Bandung, Jawa Barat. Hal tersebut membuatnya sedikit banyak memahami tentang agama. Terlebih, saat itu, lingkungannya cukup agamis.

“Karena saya dibesarkan di kampung dan madrasah, penampilan warna-warni jadi kayak gimana gitu. Padahal, pendidikan agama saya tebal sejak kecil. Lingkungan saya dulu anak-anak setiap sore mengaji di madrasah,” ungkapnya.

Selama hidupnya, pelantun lagu Bimbang ini, merasa jika Allah SWT selalu memberikan apa yang ia minta. Hingga pada suatu ketika hatinya mulai terketuk untuk mengenak hijab.

“Saya itu dulu introvert, apa-apa itu nulis, marah sama mama langsung menulis, mau apa-apa semua nulis. Termasuk ke Allah gitu, kebutuhan apa saja yang saya minta sama Allah selalu dikasih,” ucapnya.

“Kok saya dikasih tersus, terus kapan saya memberikan Allah yang bisa istiqomah. Apa, ya? Masih banyak yang saya belum bisa konsistem seperti salat. Tapi ada satu yang saya pikir bisa konsisten yaitu berhijab menutup aurat. Wah, ini gampang nih yang bisa saya lakukan,” pikirnya saat itu.

Berangkat Umrah

Namun, keinginannya untuk berhijab belum bisa ia laksanakan. Sebab, saat itu, Melly masih sering mengisi acara di tempat hiburan malam.

Suatu ketika, sahabatnya, yakni Rina dan Rossa mengajaknya untuk pergi umrah bersama. Di sisi lain, ia ingin sekali pergi umrah, akan tetapi saat itu dirinya sedang tak memiliki uang.

“Kita kan tidak mempunyai gaji tetap, kan? Kalau lagunya mendapatkan royalti ya dapat uang, kalau enggak ya enggak ada uang. Jadi, harus pintar-pintar menambung. Saat itu, aku lagi tidak ada uang. Rossa dan Rina tetap membujuk saya agar segera berangkat,” kenangnya.

Meski sadar tak memiliki uang, tapi Melly Goeslaw tetap bertekad untuk berangkat ke Tanah Suci. Suatu hari, saat salat magrib, dalam sujud terakhirnya, ia mengatakan dalam hati jika ingin umrah. Dan, lagi-lagi Allah SWT memberikan jalan untuk keinginannya itu.

“Jadi, habis salam, tiba-tiba muncul notifikasi Blackberry dari publishing saya sudah ditransfer ya royaltinya sekian, itu jumlahnya cukup untuk umrah berdua. Ya sudah langsung daftar.” kata Melly.

Bersama kedua sahabat dan suaminya, ia pun akhirnya dapat berangkat umrah bertepatan dengan ulang tahun suaminya yang ke-50. Saat itu dia bilang pada Rina, ingin memberikan hadiah kepada sang suami, yaitu mengucapkan ulang tahun di depan Ka’bah.

“Pas jam 12 teng, kita ada di depan Ka’bah, sudah tawaf dan sya’i, melihat jam semua berjalan lancar. Jadi, udah enggak ada alasan lagi unutk (enggak berhijab). Jadi, pulang dari umrah saya meneruskan pakai hijab,” tuturnya.

 

Memutuskan Berhijab

Pertama kali mengenakan hijab ia tak merasakan kesulitan apalagi gerah, yang dirasakan hanya kenyamanan. Meski demikian, Melly merasakan banyak sekali cobaan, salah satunya sulit mendapatkan pekerjaan.

“Mungkin saya salah satu perempuan publik figur yang mengalami cobaan yang lumayan berat. Karena dua tahun saya tidak mendapatkan pekerjaan setelah berhijab, film nggak ada, apa nggak ada. Acara charity ada aku diajak, lama-kelamaan saya berpikir Allah sedang memilih,” kenangnya.

“Dulu jam 01.00 malam saya belum naik panggung, karena di klub. Kalau acara charity sebelum dzuhur saya sudah di rumah. Nah, nggak berhenti sampai di situ, ada ujian lagi dalam bentuk yang lain. Karena saya mendapatkan job dari klub malam lagi. Padahal saya sudah bilang ke manajer kalau sudah memakai hijab, tapi pihak klub tak mempermasalahkan,” kata Melly.

Saat itu, Melly sedang merilis soundtrack film Ada Apa Dengan Cinta 2. Itu merupakan pekerjaan pertama usai berhijab. Melly kemudian berpikir ulang ketika mendapatkan tawaran pekerjaan, karena ia harus memberikan nafkah untuk krunya.

“Ya sudah akhirnya saya bekerja lagi dan semua orang alhamdulillah saya menjalankan kehidupan dengan memakai hijab ini tidak berat. Pokoknya saya nyaman karena buat saya akhlak dan apa yang saya pakai berbeda,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Artis yang Memutuskan Berhijab di 2021

Anto Hoed mengungkapkan memberikan dukungan apapun keputusan sang istri. “Kalau dia bahagia dan merasa yang terbaik untuk dia kenapa tidak? Di Paris saya melihat banyak wanita pakai hijab. Saya jadi biasa saja,” sautnya.

  • Bagikan