Kisah Sopir Angkot yang Gratiskan Ongkos Penumpangnya Tiap Hari Jumat

  • Bagikan
Kisah Sopir Angkot yang Gratiskan Ongkos Penumpangnya Tiap Hari Jumat
kumparan.com

Seruni.idBersedekah bisa dilakukan kapan saja, tak perlu menunggu kaya untuk melakukannya. Banyak sekali bentuk sedekah yang tak melulu berpatokan pada materi. Bisa dengan tenaga, pikiran, jasa, atau seperti yang dilakukan oleh sopir angkutan umum (angkot) yang viral ini.

Kisah Sopir Angkot yang Gratiskan Ongkos Penumpangnya Tiap Hari Jumat
dream.co.id

Menggratiskan Ongkos Penumpangnya

Dalam sebuah video yang diunggah melalui akun TikTok @jennay05_, diketahui sopir angkot tersebut tidak menerima bayaran dari penumpangnya, alilas sang sopir gratiskan ongkos penumpangnya. Rupanya, hal tersebut ia lakukan semata-mata hanya untuk bersedekah. Sebab, cara tersebutlah yang ia sanggupi.

Hal tersebut ia lakukan setiap hari Jumat. Terlebih hari Jumat dipercaya oleh umat Muslim sebagai hari terbaik, di mana nilai dan segala macam pahala akan dilipatgandakan. Pada keterangan video tersebut, pemilik akun mengaku sering menggnakan transportasi angkot ketika hendak bekerja.

Saat bekerja di hari Jumat, ia kebetulan menaiki nagkot tersebut. Betapa terkejutnya ia, saat menemukan selembar kertas yang bertuliskan “Jumat Barokah Gratis” pada bagian belakang kursi sopir. Pesan tersebut ia sampaikan agar penumpangnya tidak perlu membayar saat turun dari angkotnya.

“Jadi tiap aku berangkat kerja selalu naik angkot. Kaget pas ada tempelan itu, ‘Jumat berkah gratis'”. tulisnya dalam keterangan video.

Awalnya Tidak Yakin

Awalnya, si pembuatan video tidak yakin dengan maksud tulisan yang ditempelkan oleh sang sopir. Hingga pada akhirnya seorang ibu-ibu paruh baya naik angkot tersebut. Setelah sampai di tempat tujuan, sang sopir menolak ongkos yang diberikan oleh ibu tersebut.

“Lalu ada penumpang baru naik. Beliau adalah ibu-ibu paruh baya. Eh beneran dong si ibu itu waktu sampai di tujuan enggak boleh bayar.” sambungnya.

Tibalah saatnya si pembuat video pada tujuannya, karena merasa tak enak, ia pun mencoba memberikan ongkos. Namun, lagi-lagi sopir angkot tersebut menolaknya.

“Bahkan, saat saya sudah sampai di tujuan itu enggak boleh bayar meskipun sudah saya paksa. Padahal penumpang waktu itu lumayan banyak. Begitu konsisten buat bersedekah.” tulisnya.

Atas hal tersebut, ia pun merasa tertampar. Ia merasa kagum dengan aksi sopir angkot yang tetap bersedekah dengan caranya sendiri. Unggahan tersebut pun lantas menuai banyak komentar dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang terharu atas aksi dari sopir angkot. Mereka pun tak lupa turut mendoakan sang sopir.

alpaca_0412: “Masya Allah definisi kaya yang sesungguhnya”.

misbahulhuda_hes: “Masya Allah semoga Allah membalasmu pak dengan ganjaran yang besar”.

heru: “Moga Allah melimpahkan rezekinya… Dan selalu melindunginya ke mana pun dan di mana pun beliau berada”.

kireysyahira17: “Masya Allah semoga dilapangkan dan dimudahkan rezekinya. Aamiin”.

  • Bagikan
seruni.id