Luar Biasa, Ini Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

Luar Biasa, Ini Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan
google.com

Seruni.id – Daun pandan dikenal sebagai tanaman yang kerap dimanfaatkan para ibu rumah tangga sebagai penambah aroma masakan, atau dijadikan bahan pewarna alami pada makanan. Namun ternyata, manfaat daun pandan tidak hanya untuk keperluan memasak saja, tapi juga dipercaya ampuh untuk menjaga kulit serta mengatasi permasalahan kulit, loh. Apa saja ya kira-kira?

Luar Biasa, Ini Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan
google.com

1. Menghilangkan Komedo

Komedo yang muncul di wajah sangat menganggu sekali. Memakai sabun pembersih, nyatanya tidaklah cukup untuk menghilangkannya. Tapi dengan bahan alami yang satu ini, komedo akan terhempas seketika, loh. Dengan menggunakan 1/2 sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok madu, 1 buah pisang, serta 1/4 sendok teh minyak zaitun, bisa dijadikan sebagai masker penghilang komedo.

Namun sebelumnya, bahan-bahan tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu sehingga menjadi pasta kental. Kemudian, baru deh, aplikasikan pada wajah yang sudah bersih dari make up, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Menghambat Proses Penuaan Dini

Daun dengan warna hijau ini, memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Penggunaannya pada kulit berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga akan mempercepat regenerasi sel-sel untuk menghambat terjadinya penuaan dini. Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan menghaluskan daun pandan, lalu diaplikasikan ke wajah sebagai masker.

3. Mengatasi Ketombe

Rasa gatal di kepala yang diakibatkan karena ketombe, sungguh sangat mengganggu aktivias dan penampilan kita. Nah, sudah saatnya nih kamu tahu manfaat daun pandan untuk menghilangkan ketombe. Sari daun pandan dipercaya efektif membantu mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal.

Caranya dengan menghaluskan 10 lembar daun pandan yang masih segar, kemudian dicampurkan dengan 100 ml air. Kemudian kamu tinggal mengoleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala. Jangan langsung dibilas, sebaiknya diamkan terlebih dahulu selama 30 menit, ya. Lakukan perawatan dengan daun pandan secara teratur.

4. Mengatasi Kulit Kering

Masalah kulit kering sebaiknya tidak disepelekan, ya. Karena jika dibiarakn begitu saja, lama-kelamaan kulitmu akan tampak kusam dan terlihat lebih tua dari yang seharusnya. Bagi banyak orang, kulit kering merupakan permasalahan yang sangat serius. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena masalah kulit kering bisa diatasi dengan mudah dengan menggunakan daun pandan.

Caranya dengan melakukan penguapan di wajah dengan menggunakan air rebusan daun pandan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, daun pandan memiliki kandungan minyak yang sangat baik untuk mengatasi permasalahan kulit kering.

5. Mengangkat Kulit Mati

Daun pandan yang telah dihaluskan, dapat dimanfaatkan sebagai body scrub yang cukup efektif untuk mengangkat kulit mati. Sebelum menerapkan cara ini, sebaiknya cuci daun pandan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Kemudian haluskan dengan peratalan yang steril.

Setelah itu, campurkan dengan madu atau minyak zaitun. Gunakan untuk menggosok kulit tubuh yang perlu eksfoliasi. Gosok dengan gerakan melingkar, dan diamkan selama 3 menit. Setelah itu, bisa langsung dibilas dengan air dingin. Rasakan manfaatnya, kulit akan lebih lembut, bercahaya, dalam waktu singkat.

6. Ampuh Mengatasi Jerawat

Bukan hanya komedo yang bisa diatasi dengan daun pandan, manfaat daun pandan yang lainnya yakni mampu mengatasi jerawat yang membandel. Selain alami, perawatan dengan daun pandan terbilang cukup ramah di kantong, karena daunnya pun sangat mudah ditemukan. Caranya sangat mudah sekali, hanya dengan menghaluskan daun pandan dan kemudian diaplikasikan pada wajah sebagai masker.

7. Menghilangkan Flek Hitam

Permasalahan kulit selanjutnya yang bisa menganggu penampilan adalah flek hitam. Untuk mengatasinya, ternyata juga bisa menggunakan daun pandan. Dengan cara membuat masker dari campuran air perasan daun pandan dengan madu murni, jeruk nipis, pisang, dan minyak zitun. Lalu aplikasikan secara merata pada wajah dan gunakan secara rutin. Setidaknya tiga kali dalam seminggu.

8. Mencegah Kerontokan Rambut

Manfaat daun pandan lainnya yakni dapat mencegah kerontokan. Kamu hanya perlu menyiapkan 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun kembang sepatu, 10 bunga melati, dan 1 bunga mawar. Semua bahan dicuci sampai bersih, kemudian dimasukkan ke dalam pencuci alumunium. Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak kemiri. Rebus campuran sampai mendidih dan kemudian disaring.

Oleskan ramuan ke rambut dan kulit kepala secara merata dan bungkus dengan handuk hangat. Lakukan di malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya bilas dengan air dingin dan keramas dengan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur, minimal 2-3 kali seminggu.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Bunga yang Bisa Menebarkan Energi Positif di Dalam Rumah

Itulah aneka manfaat daun pandan untuk kecantikan wajah, kulit, dan rambut. Jika kamu ingin mempraktikkan salah satu tips di atas, gunakan alat-alat yang steril agar kulit tidak mengalami reaksi alergi. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.