Makanan dan Minuman yang Bisa Usir Rasa Kantuk

ruangmuaslimah.co

Seruni.id – Rasa kantuk yang muncul pada diri kita sangat manusiawi. Setelah seharian beraktivitas, kita tentu akan merasakan kelelahan dan mengantuk. Cara paling mudah untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah dengan beristirahat tidur. Namun, bagaimana jika hal ini terjadi saat kamu sedang bekerja? Kondisi ini sangat menganggu konsentrasi. Tapi, kamu tidak perlu bingung, karena Seruni akan memberi solusi dengan mengonsumi makanan dan minuman yang bisa usir rasa ngantuk berikut ini.

Kopi

Hasil gambar untuk kopi
republika.co.id

Minuman yang satu ini sepertinya sudah sangat populer dimanfaatkan sebagai penangkal kantuk. Berkat kandungan kafeinnya yang tinggi, kopi mampu membuat mata tetap terjaga dalam jangka waktu yang cukup lama dan akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Meski demikian, kamu juga perlu berhati-hati karena mengonsumi kopi berlebihan akan menyebabkan ketergantungan.

[read more]

 

Air Mineral

Hasil gambar untuk Air Mineral
tokopuas.com

Ketika tubuh kamu terhidrasi, kamu tentu merasa lebih energik. Hal ini dikarenakan air juga dapat mempercepat metabolisme untuk memberi kamu lebih banyak energi. Jadi, pastikan kamu minum 8-10 gelas air mineral dalam sehari untuk menghidari rasa ngantuk yang berlebih.

Yogurt

Hasil gambar untuk Yogurt
vibrantplate.com

Ternyata yogurt juga bisa membantu menghilangkan rasa ngantuk. Mengonsumsinya setelah makan siang akan membantu kamu mengurangi rasa lelah sekaligus. Kandungan gula alami serta protein yang terkandung dalam yogurt dapat membuat tubuhmu menjadi lebih segar. Tak hanya itu, yogurt juga baik dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaanmu.

Susu Coklat

Hasil gambar untuk Susu Cokelat
hellosehat.com

Segelas susu coklat hangat ternyata juga dapat mengusir rasa kantuk. Karena susu coklat mengandung tirosin diubah menjadi dopamin. Dopamin sendiri merupakan stimulan yang bisa melawan kantuk.

Makanan Pedas

Hasil gambar untuk asinan buah pedas
youtube.com

 

 

Pilihan selanjutnya, kamu bisa mengonsumsi makanan pedas untuk mengusir rasa kantuk. Makan makanan pedas dipercaya dapat membuat matamu langsung melek. Tapi, kamu harus berhati-hati, karena terlalu banyak mengonsumi makanan yang pedas bisa memicu sakit perut serta kerusakan pada lambung.

Permen Karet

Gambar terkait
hellosehat.com

Permen karet memang bukanlah jenis makanan yang bergizi. Namun, kamu bisa memanfaatkannya sebagai penghilang rasa kantuk. Efeknya memang tidak bisa kamu rasakan secara langsung, saat kamu mengunyah permen karet secara otomatis otot-otot mulu akan terus bergerak sehingga lama-kelamaan rasa kantuk perlahan akan hilang.

Telur

Hasil gambar untuk Telur
lifestyle.kompas.com

Ketika kamu merasakan kantuk yang tidak tertahankan, mungkin ada baiknya kamu mencoba mengonsumsi telur sebagai menu makan siang. Siapa sangka, makanan ini mampu mengusir rasa kantuk. Karena kandungan protein serta kolin di dalamnya dapat memberikan energi lebih besar untuk tubuhmu sehingga rasa kantuk yang kamu rasakan akan hilang seketika.

Coklat Hitam

Hasil gambar untuk Cokelat Hitam
kompas.com

Kamu bisa mengonsumsi cokelat hitam saat mata mulai terasa sepat. Kandungan endorfin yang cukup tinggi pada cokelat hitam akan membuat tubuhmu lebih berenergi. Selain tiu, kandungannya juga dapat merangsang fungsi otak untuk bekerja dengan fokus.

Kacang Kenari

Gambar terkait
merdeka.com

Makanan penghilang rasa kantuk selanjutnya adalah kacang kenari. Meskipun ukurannya yang kecil dan mungil. Namun, ternyata kenari mengandung gizi tinggi. Dalam sebuah studi disebutkan, kacang kenari mengandung asam dan lemak tak jenuh yang dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh. Dengan begitu, kacang kenari sangat cocok dijadikan camilan di siang hari.

Apel

Hasil gambar untuk Apel
aladokter.com

Buah yang satu ini ternyata juga ampuh dikonsumsi untuk mengusir rasa kantuk. Selain mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, apel juga akan menghilangkan rasa kantuk yang kamu rasakan. Fruktosa yang dikandung buah apel akan membuat tubuh tetap segar.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.