Kenali 8 Makanan Sehat yang Bisa Menguatkan Ginjal

  • Bagikan
gooto.com

Seruni.id – Penyakit ginjal paling sering dikaitkan dengan orang-orang dengan diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan mereka yang berusia lebih dari 60 tahun. Riwayat keluarga juga dapat menempatkan seseorang pada risiko penyakit ginjal. Selain itu, obesitas, penyakit autoimun, infeksi saluran kemih dan infeksi lainnya juga berkontribusi terhadap risiko terkena penyakit ginjal. Berikut adalah makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk menguatkan ginjal.

Kubis

Image result for Kubis
pekanbaaru.tribunnews.com

Kubis merupakan sayuran yang kaya fitokimia, senyawa kimia yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu. Fitokimia bekerja untuk memecahkan radikal bebas. Fitokimia juga diyakini dapat memerangi kanker dan mendukung kesehatan jantung. Kubis juga banyak mengandung vitamin K dan C, tinggi serat dan sumber yang baik dari vitamin B6 dan asam folat, namun itu juga rendah kalium, sehingga sangat ramah dan bisa untuk menguatkan ginjal.

Kembang Kol

Related image
aladokter.com

Ini juga termasuk makanan super yang sangat ramah pada ginjal. Sayuran ini mengandung banyak vitamin C, folat dan serat. Selain itu, kembang kol juga mengandung senyawa yang dapat membantu hati menetralisir zat beracun. Kembang kol dapat dimakan mentah dengan saus atau salad. Kamu juga bisa menumisnya jika ingin. Namun jangan sampai terlalu layu karena vitaminnya bisa hilang.

Bawang Merah

Image result for bawang merah
nakita.grid.id

Bawang merah kaya flavonoid, khususnya quercetin. Flavonoid merupakan bahan kimia alami yang mencegah penumpukan lemak dalam pembuluh darah dan menambah pigmentasi (warna) ke tanaman. Quercetin merupakan antioksidan kuat yang diyakini dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan melindungi tubuh terhadap segala jenis kanker. Ini juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Bawang Putih

Image result for Bawang Putih
liputan6.com

Bawang putih baik untuk mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol. Itu juga mengandung banyak antioksidan dan memiliki sifat anti-pembekuan. Memasak bawang putih tidak akan mempengaruhi sifat antioksidan, tetapi akan mengurangi efek anti-pembekuan dan anti-inflamasinya.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Sebagai Pengobatan Kanker

Paprika Merah

Image result for Paprika Merah
BatamFresh.com

Paprika merah adalah pilihan yang baik untuk mereka yang peduli tentang kesehatan untuk menguatkan ginjal, karena paprika merah rendah kalium. Selain itu, paprika ini juga mengandung banyak vitamin A, C, B6, asam folat, dan serat. Mereka juga mengandung antioksidan likopen, yang melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker. Kamu bisa memanggangnya atau menambahkan paprika merah pada omelet.

Asparagus

Related image
dish.allrecipes.com

Asparagus mengandung asparagin yang memiliki efek pembersih pada ginjal. Ini juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal dan memfasilitasi fungsi ginjal serta membantu meningkatkan aksi seluler di ginjal. Asparagus juga merupakan sumber dari serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Bayam

Related image
banjarmasin.tribunnews.com

Bayam adalah sumber vitamin A yang sangat baik dan diperlukan untuk produksi jaringan epitel yang sehat, yang melapisi tabung filtrasi kecil di dalam ginjal dan saluran kemih. Fungsi dari jaringan ini adalah untuk sekresi, penyerapan selektif, perlindungan, transportasi transporular, dan penginderaan. Bayam juga mengandung beta-karoten yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi mata.

Kacang Polong dan Kacang Hijau

Related image
Buatlagidotcom

Kedua sayuran hijau ini rendah potasium dan merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat diperlukan untuk menjaga kadar gula darah kamu agar tetap stabil. Yang terpenting adalah untuk mengelola atau mencegah penambahan berat badan berlebih serta diabetes, yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal. Memasukkan makanan sehat ini dalam diet kamu akan memastikan ginjal kamu tetap sehat.

Demikian 8 makanan sehat yang bisa menjaga dan menguatkan ginjal kamu agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id