6 Jenis Makanan Terbaik yang Pas Disantap untuk Sarapan

6 Jenis Makanan Terbaik yang Pas Disantap untuk Sarapan
idntimes.com

Seruni.id – Menu sarapan apa yang kamu santap pagi ini? Biasanya orang Indonesia akan menyantap nasi atau roti sebagai menu sarapan. Dua makanan ini dipilih karena ampuh untuk membuat perut kenyang, paling tidak sampai jam makan siang tiba. Namun, sarapan tidak boleh asal kenyang saja, loh. Karena kita juga perlu memerhatikan kesehatannya. Kamu bisa mengganti menu sarapanmu dengan makanan berikut ini.

1. Telur

6 Jenis Makanan Terbaik yang Pas Disantap untuk Sarapan
google.com

Telur bukan hanya lezat, namun juga sehat. Penelitian menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan membuat perut akan terasa kenyang. Selain itu, mengonsumsi telur di waktu sarapan juga dapat mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya dan membantu menjaga kadar gula darah juga insulin sehingga menjadi lebih stabil.

Menurut sebuah penelitian, pria yangmengonsumsi telur di pagi hari saat sarapan akan merasa lebih kenyang dan selanjutnya mengonsumsi lebih sedikit kalori untuk seharian. Di dalam kuning telur, mengandung lutein dan zeaxathin, kedua antiokdisan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan gedenerasi makula.

2. Pisang

6 Jenis Makanan Terbaik yang Pas Disantap untuk Sarapan
tumbasin.id

Bagi kamu yang melakukan program diet, pisang wajib masuk dalam daftar menu sarapanmu setiap hari. Pisang mengandung resistantstarch, karbohidrat baik yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain pas dikonsumsi saat diet, buah pisang juga sangat ramah bagi para penderita hipertensi.

Sebab, pisang kaya akan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Dan yang terpenting, buah pisang mengandung folat dan vitamin B6. Dengan terpenuhinya folat dan vitamin B6, tubuh bisa memproduksi seretonin yang dapat membuat mood kamu menjadi lebih baik.

3. Oatmeal

6 Jenis Makanan Terbaik yang Pas Disantap untuk Sarapan
triadtowellness.com

Gantilah menu sarapanmu yang semula nasi menjadi oatmeal. Karena terbuat dari 100% gandum utuh yang kaya akan serat, vitamin B, protein nabai, mineral, asam lemak, omega-3, serta folat, membuat oatlmeal jauh lebih sehat. Dengan kandungan nutrisinya, mengonsumsi oatmeal dapat mengurangi kadar kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung.

4. Yogurt

6 Jenis Makanan Terbaik yang Pas Disantap untuk Sarapan
hellosehat.com

Yogurt mengandung protein yang telah terbukti mengurangi rasa lapar dan memiliki efek termal yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan lemak atau karbohidrat. Istilah efek termal mengacu pada peningkatan laju metabolisme yang terjadi setelah makan.

Yogurt serta produk susu lainnya juga dapat membantu mengontrol berat badan, karena mereka meningkatkan kadar hormon yang meningkatkan rasa kenyang, termasuk PYY dan GLP-1. Selain itu, yogurt dipenuhi dengan lemak yang mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang dapat meningkatkan hilangnya lemak dan mengurangi risiko kanker payudara.

5. Chia Seeds

6 Jenis Makanan Terbaik yang Pas Disantap untuk Sarapan
hellosehat.com

Meski memiliki ukuran yang sangat kecil, namun manfaatnya sangat luar biasa. Chia seeds mengandung protein dan serat yang dapat membuat kamu kayang lebih lama. Manfaat lainnya yang tak kalah penting yaitu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Biasanya, chia seeds dijadikan sebagai taburan oatmeal atau smooties buah.

6. Buah Berry

6 Jenis Makanan Terbaik yang Pas Disantap untuk Sarapan
parenting.orami.id

Jenis buah berry yang terkenal dan populer adalah blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry. Buah-buahan tersebut lebih rendah gula daripada kebanyakan buah-buahan berry yang lain, namun memiliki serat yang tinggi. Buah berry juga diketahui mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin, yang dapat melindungi jantungmu dan dapat membantu pertumbuhan tubuh yang lebih baik.

Telah terbukti, bahwa buah berry dapat mengurangi tanda-tanda peradangan, mencegah kolesteroal darah dari pengoksidasi dan menjaga sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Cara terbaik mengonsumsi buah berry sebagai menu sarapanmu adalah memakannya dengan yogurt atau keju.

Baca Juga: Benarkah Sarapan Bikin Ngantuk?

Sarapan memang harus kenyang, tapi agar lebih sehat kamu juga harus memastikan menu yang disantap ada gunannya untuk tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.