5 Makanan yang Dapat Memicu Rasa Marah, Apa Saja?

  • Bagikan
5 Makanan yang Dapat Memicu Rasa Marah, Apa Saja?
kompas.com

Seruni.id – Beberapa jenis makanan ada bisa meningkatkan mood seseorang. Seperti cokelat, pisang, kacang-kacangan dan jenis lainnya. Namun, tahukah kamu? Ternyata ada pula makanan yang dapat memicu rasa marah, loh. Jika kamu pernah merasa bad mood bahkan marah setelah mengonsumsi sesuatu, jangan heran, hal itu mungkin dipengaruhi apa yang kamu makan.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh seorang psikiater, Dr. Drew Ramsey MD, mengungkapkan bahwa benar adalanya ketertarikan antara makanan dengan suasana hati seseorang. Hal ini umumnya terjadi karena kandungan yang memang bisa menimbulkan sikap agresif bahkan kekerasan pada makanan tersebut.

Nah, agar emosimu tetap stabil, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa jenis makanan yang dapat memicu rasa marah dan perlu kamu hindari, apalagi saat emosi sedang tinggi.

 

1. Olahan Tinggi Gula

5 Makanan yang Dapat Memicu Rasa Marah, Apa Saja?
mhomecare.com

Sering kali kita mendengar, bahwa makanan manis bisa memperbaiki mood. Namun, akan berbeda cerita ketika olahan tersebut terlalu tinggi kandungan gula. Sebab, olahan yang begitu manis, hanya akan membuat kadar gula darah menjadi tidak terkontrol. Lonjakan tersebut akhirnya membuat pikiran dan hati menjadi tidak karuan, karena kinerja otak yang dipengaruhi glukosa.

 

2. Makanan Berlemak

5 Makanan yang Dapat Memicu Rasa Marah, Apa Saja?
halodoc.com

Emosi yang kacau kerap kali dihubungkan dengan kurangnya omega 3. Biasanya, gangguan ini dipengaruhi oleh kandungan asam lemak trans yang telah dikonsumsi dan banyak ditemui pada olahan berlemak, khususnya daging. Akan tetapi, marah tidak serta merta terjadi begitu saja, ya. Hal ini lebih disebabkan oleh tidak terkontrolnya makanan berlemak yang lama kelamaan menurunkan serotonin pada otak, sehingga memicu mood yang buruk, emosi, hingga stres.

 

3. Tomat

5 Makanan yang Dapat Memicu Rasa Marah, Apa Saja?
happyfresh.com

Tomat menjadi salah satu jenis makanan yang dapat memicu rasa marah. Meskipun tomat memang memiliki sederet manfaat. Lantas, mengapa demikian? Rupanya tomat dianggap sebagai makanan ‘panas’ yang bisa membuat suhu tubuh meningkat. Selain itu, tomat juga mengandung asam tinggi yang dapat menimbulkan sensasi marah.

 

4. Gorengan

5 Makanan yang Dapat Memicu Rasa Marah, Apa Saja?
food.detik.com

Gorengan merupakan salah satu makanan yang banyak digemari orang. Sebab, sangat cocok disantap di segala cuaca, mau hujan atau panas, gorengan tetap menjadi primadona. Meski demikian, gorengan tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu fakta baru menunjukkan bahwa makanan berminyak dapat menganggu fungsi otak dalam mengatur emosi. Bisa dikatakan, gorengan menjadi makanan yang dapat memicu rasa marah.

 

5. Makanan Pedas

5 Makanan yang Dapat Memicu Rasa Marah, Apa Saja?
keluyuran.net

Sensasi nikmat ketika mengonsumsi makanan pedas, sering diikuti oleh rasa gerah pada tubuh. Sudah bekeringat, belum lagi pedasnya makanan, berpotensi membuat kamu begitu emosi, bahkan marah-marah setelahnya. Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata, hal ini diakibatkan dari tingginya capsaicin pada makanan pedas, sehingga menimbulkan sensasi tidak nyaman dan memicu rasa marah. Dibuktikan dalam studi pada Journal of Experimental Social Pscychology, beberapa orang merasa agresif secara emosi setelah mengonsumsi makanan pedas.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Memperbaiki Mood Agar Lebih Tenang dan Bahagia

Ternyata, itulah beberapa jenis makanan yang dapat memicu rasa marah. Maka dari itu, kurangilah makanan tersebut dan beralih ke makanan yang lebih sehat.

Selain itu, penting juga untuk minum air putih dengan cukup. Pasalnya, kurang minum air putih, juga dapat membuat kesehatan fisik dan mental terganggu. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan