Ini 6 Akibat Jika Malas Membersihkan Alat Makeup!

jogja.tribunnews.com

Seruni.id – Bagi wanita, alat-alat makeup mungkin sudah menjadi hal yang tak terpisahkan dari rutinitas harian. Perlengkapan kosmetik tersebut dipakai hampir setiap hari dan tentunya sangat menunjang penampilan. Maka, sudah seharusnya kamu rajin membersihkan alat makeup seperti kuas, sikat, dan spons. Kalau kamu malas bersih-bersih, kamu harus siap menanggung berbagai risiko berikut ini.

Wajah Mudah Ditumbuhi Jerawat

Image result for wajah ditumbuhi jerawat
aryanto.id

Jika kamu malas membersihkan alat makeup, wajahmu akan cepat ditumbuhi jerawat loh, Ladies. Brush, sikat atau spons yang belum dicuci tentunya kotor dan mengandung banyak bakteri, bukan? Ketika kamu mengaplikasikan foundation atau bedak dengan brush yang kotor, saat itu juga kotoran dan bakteri akan berpindah ke kulitmu.

Selain itu, sisa-sisa makeup yang menempel di brush juga bisa menyumbat pori-pori di wajahmu, loh. Dengan begitu, kulitmu akan mudah ditumbuhi jerawat ataupun komedo. Meskipun hal ini sepele, jangan pernah mengabaikan untuk mencuci alat-alat makeup secara rutin, ya!

Infeksi Bakteri

Related image
lintasjari.com

Berbagai jenis kotoran seperti sel kulit mati, minyak, debu, dan partikel halus bisa terjebak di perlengkapan kosmetik kamu. Menurut dr. Debby Palmer, seorang spesialis kulit dari Amerika Serikat, kotoran-kotoran tersebut mengandung bermacam-macam bakteri. Mulai dari staphylococcus, streptococcus, e coli, jamur (fungus), hingga virus.

Jika bakteri-bakteri tersebut menempel dan berkembang biak pada kulit wajah kamu, kamu pun berisiko mengalami infeksi bakteri. Infeksi bakteri yang disebabkan oleh penggunaan alat makeup yang kotor tak bisa disepelekan. Pada beberapa kasus, infeksi bakteri yang cukup parah bisa menyebabkan kelumpuhan, radang paru, dan masalah pernapasan.

Kulit Wajah Mengalami Penuaan Dini

Related image
corporate.kimiafarmaapotek.co.id

Salah satu alasan penting kenapa kamu diharuskan mencuci brush atau spons secara rutin adalah untuk menghindari bahaya-bahaya yang bisa menyebabkan kulit rusak. Memulas wajahmu dengan brush yang kotor bisa mempermudah kulit wajahmu pada serangan radikal bebas sehingga bisa merusak elastisitas kulit.

Dengan begitu, kulitmu akan bersiko mengalami kerutan dan garis-garis halus sebagai akibat dari datangnya penuaan dini. Tak hanya itu, kulit wajahmu juga akan terlihat lebih kering dan kusam juga. Tentu kamu tak ingin hal ini smapai terjadi padamu, kan?

Iritasi

Image result for infeksi bakteri pada wajah
kumparan.com

Jika kamu punya tipe kulit wajah yang sensitif, alat makeup yang terlalu kotor bisa mengakibatkan iritasi. Iritasi pada wajah biasanya ditandai dengan kulit kemerahan, gatal, dan kering. Biasanya masalah iritasi kulit wajah ini disebabkan oleh tumbuhnya ragi (yeast) pada alat-alat makeup yang tidak pernah dibersihkan.

Bila tidak segera ditangani dengan tepat, kamu justru akan memakai makeup lebih tebal lagi untuk menutupi bekas-bekas iritasi. Akibatnya, kotoran, bakteri, dan ragi pun akan semakin menumpuk di wajah dan memperparah kondisi kulit. Maka, usahakan untuk rajin membersihkan alat makeup, sekurang-kurangnya seminggu sekali.

Hasil Riasan akan Terlihat Kurang Maksimal

Image result for Hasil Riasan akan Terlihat Kurang Maksimal
style.tribunnews.com

Menggunakan brush yang belum dicuci juga bisa menyebabkan warna makeup yang kamu aplikasikan ke wajah menjadi berubah. Akibatnya, dandanmu akan terlihat kurang maksimal. Hal ini dikarenakan masih ada sisa-sisa makeup yang menempel.

Misalnya saja kamu sedang ingin memulas kelopak mata dengan eyeshadow hitam, tapi warna yang menempel malah menjadi abu-abu. Sebaiknya selalu bersihkan makeup tools-mu secara rutin ya agar hasil riasanmu juga semakin sempurna.

Peralatan Makeup akan Rusak Jika Kamu Malas Mencucinya

Image result for brush makeup yang rusak
style.tribunnews.com

Selain bisa berdampak buruk bagi kulit, peralatan dandanmu bisa rusak lho, jika tak pernah dicuci. Bulu-bulu brush maupun spons lama-lama akan menjadi kasar dan kering karena jarang dan tersentuh air. Kalau ingin makeup tools favoritmu ini awet, jangan pernah malas untuk mencucinya, ya!

Baca Juga: 4 Bahaya Makeup Kedaluwarsa ini Tidak Boleh Kamu Abaikan

Kamu pasti tidak menginginkan beberapa akibat buruk yang sudah dijelaskan di atas terjadi padamu? Sebaiknya, bersihkan semua peralatan dandanmu setidaknya satu kali dalam seminggu, ya. Kalau lebih sering tentu akan semakin baik.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.