Mandi Pagi Sebelum Shubuh Ternyata Banyak Manfaatnya

contrast shower

Seruni.id – Mandi di pagi hari sudah menjadi hal yang biasa tentunya bagi kita. Namun kalau mandi sebelum waktu shubuh apakah sudah menjadi hal yang biasa juga kita lakukan? Pasti kebanyakan dari kita memilih untuk mandi lebih siang supaya tidak kedinginan kan? Padahal ternyata banyak sekali manfaat yang kita peroleh jika kita membiasakan untuk mandi pagi sebelum waktu shubuh. Apa saja ya manfaatnya? Berikut 5 manfaatnya nih,

1. Membuat awet muda

Mandi sebelum subuh yang dilakukan secara rutin tidak hanya menyegarkan tubuh tapi juga akan membuat kulit lebih halus cerah dan sehat. Bahkan, mandi sebelum subuh juga dipercaya dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini karena air dingin yang kita gunakan untuk mandi sebelum subuh menawarkan sifat segar dan sejuk yang dapat membantu meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit. Selain itu, mandi pagi sebelum subuh juga dapat membuat kuku lebih sehat dan tidak mudah retak.

2. Membantu mencegah hipertensi

Hipertensi adalah penyakit tekan darah tinggi. Bagi Anda yang khawatir akan resiko terkena penyakit hiperensi barangkali Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mandi pagi sebelum subuh untuk mengurangi resiko terkena penyakit tersebut. Menurut seorang ahli hypnotherapy dari American Board of Hypnotherapy, Frederic Premji, mandi air dingin terutama di pagi hari dapat membantu mengurangi resiko hipertensi. Selain itu, mandi air dingin dipagi hari juga dapat mengurangi resiko varises dan pengerasn pembuluh darah. Hal ini akan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga organ-organ dalam tubuh mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

3. Membantu meningkatkan sel darah putih

Mandi di pagi hari sebelum subuh juga dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh sehingga imunitas tubuh dapat meningkat. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di Inggris yang membuktikan bahwa mandi sebelum subuh memiliki manfaat yang luar biasa terutama dapat meningkatkan sel darah putih. Selain dapat membantu untuk membekukan darah, sel darah putih diperlukan oleh tubuh untuk melawan berbagai macam benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus.

4. Membantu menurunkan berat badan

Dalam tubuh manusia, terdapat dua macam lemak yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih merupakan tumpukan kandungan kalori dari makanan yang berlebih sedangkan lemak coklat merupakan lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh ketika keadaan dingin. Mandi pagi sebelum subuh dengan air dingin dipercaya dapat membantu membakar lemak karena dinginnya air yang digunakan untuk mandi akan mendorong lemak coklat untuk memproduksi energy pembakaran yang dapat menghangatkan tubuh. Dengan kata lain, mandi pagi sebelum subuh dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

5. Membuat tubuh lebih bugar

Dibandingkan dengan mandi pada biasanya, mandi pagi sebelum subuh dipercaya dapat membuat tubuh lebih bugar. Hal ini dikarenakan air dingin yang kita gunakan untuk mandi sebelum subuh dapat membangkitkan saraf-saraf dalam tubuh kita. Selain itu, makin pagi air yang kita gunakan untuk mandi, terutama sebelum subuh, memiliki kandungan O3 yang lebih besar serta partikel alfa yang sangat besar. Kandungan O3 dan partikel alfa ini memiliki energy yang kuat dan khasiat yang berguna untuk tubuh, terutama menjadikan tubuh lebih segar dan bugar.

Nah, tunggu apalagi, yuk coba dipraktikan segera!

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.